Penelitian tentang Indikator Kecerdasan Verbal-Linguistik Siswa dalam Mata Pelajaran Membaca
SwaraWarta.co.id – Kecerdasan verbal-linguistik merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, memahami, dan mengolah informasi. Dalam dunia pendidikan, kemampuan ini sangat penting, terutama dalam mata pelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tujuh indikator kecerdasan verbal-linguistik siswa pada mata pelajaran membaca dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.
Artikel ini akan membahas tujuan, metode penelitian, hasil temuan, serta kesimpulan dari studi tersebut. Selain itu, artikel ini juga akan mengevaluasi penggunaan bahasa dalam abstrak penelitian serta memberikan saran kesimpulan yang lebih komprehensif.
Soal Lengkap:
This study aimed to describe seven indicators of students’ verbal linguistic intelligence in reading subject. It used a qualitative research method.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
The subjects of this study were 30 students consisted of 9 male and 21 female students. They took the reading subject in the second semester of the first year. They were given a test of verbal-linguistic intelligence.
Seven students were selected to be interviewed because they have verbal-linguistic intelligence and good communication. To find out the validity of the data, the researchers used triangulation of the test results and the results of interviews and triangulation of the second researcher and research assistants.
Furthermore, the data were analyzed using the content analysis method which consisted of three steps, they were data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification.
The results of the study show that there were seven indicators of verbal-linguistic intelligence of students in reading subject, first, having excellent initial knowledge in mentioning words, second, enjoying wordplay with Scrabble, third, entertaining themselves and other students by playing tongue twisters, fourth, explaining the meaning of the words written and discussed, fifth, having difficulties in mathematics lesson, sixth, their conversation refers to something they have read and heard, and the last, having the ability to write poetry based on personal experience.
Keywords: Indicator, verbal-linguistic intelligence, reading subject, transition period.
Diskusikanlah, bagaimana penggunaan bahasa dalam abstrak berbahasa Inggris di atas? Jika abstrak di atas akan ditambahi sebuah simpulan, bagaimana simpulan yang tepat menurut saudara? Silakan berikan pendapat Anda dengan memberikan alasan yang logis dan teori pendukung dari buku atau hasil penelitian.
Jawaban:
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tujuh indikator kecerdasan verbal-linguistik siswa dalam mata pelajaran membaca. Dengan demikian, penelitian ini membantu guru dan pendidik memahami lebih dalam mengenai kemampuan verbal-linguistik siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Peneliti menganalisis data dengan pendekatan analisis konten, yang melibatkan tiga langkah utama:
Penelitian ini melibatkan 30 siswa yang terdiri atas 9 laki-laki dan 21 perempuan. Para siswa mengikuti tes kecerdasan verbal-linguistik, dan tujuh siswa dipilih untuk diwawancarai berdasarkan kemampuan verbal-linguistik serta keterampilan komunikasi mereka.
Peneliti menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan validitas data, yaitu:
Penelitian ini menemukan tujuh indikator kecerdasan verbal-linguistik siswa dalam mata pelajaran membaca:
Penggunaan bahasa dalam abstrak penelitian ini cukup baik karena:
Namun, abstrak ini dapat ditingkatkan dengan menambahkan simpulan eksplisit. Simpulan tersebut membantu pembaca memahami manfaat praktis dari penelitian.
Jika abstrak di atas akan dilengkapi dengan simpulan, maka simpulan yang tepat adalah:
“Penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan verbal-linguistik siswa sangat beragam dan dapat diidentifikasi melalui tujuh indikator utama. Temuan ini memberikan wawasan bagi pendidik untuk meningkatkan pembelajaran membaca dengan memperhatikan kemampuan verbal-linguistik siswa secara individual.”
Penelitian ini berhasil menggambarkan tujuh indikator kecerdasan verbal-linguistik siswa dalam mata pelajaran membaca. Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti memberikan analisis mendalam yang relevan untuk pengembangan strategi pembelajaran. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pentingnya memahami potensi verbal-linguistik siswa untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif.
SwaraWarta.co.id - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) memanggil sejumlah pemain senior…
SwaraWarta.co.id - Suasana haru dan penuh kebahagiaan mewarnai Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjar Baru,…
SwaraWarta.co.id - Federasi Sepak Bola Tiongkok (CFA) resmi memecat pelatih kepala tim nasional mereka, Branko…
SwaraWarta.co.id - Pemerintah Mesir memutuskan untuk menunda acara pembukaan resmi Museum Besar Mesir (Grand Egyptian…
SwaraWarta.co.id - Pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2025 untuk membantu para pekerja…
swarawarta.co.id - Karanganyar di Jawa Tengah menyimpan banyak pesona alam yang menakjubkan. Tempat wisata di…