Cara Mengatasi Loss Kompresi pada Motor
SwaraWarta.co.id – Kompresi mesin yang turun atau loss kompresi adalah masalah umum yang dialami pemilik motor. Gejalanya meliputi mesin sulit menyala, tenaga berkurang, atau suara tidak normal dari mesin. Jika dibiarkan, hal ini bisa merusak komponen lain.
Namun, Anda tak perlu langsung panik dan membawa motor ke bengkel. Berikut cara mengatasi loss kompresi pada motor secara mandiri.
Busi yang rusak atau longgar bisa menyebabkan kebocoran kompresi. Lepaskan busi menggunakan kunci busi, lalu periksa apakah terdapat keretakan atau kerak berlebih. Bersihkan elektroda busi dengan sikat halus atau ganti dengan yang baru jika sudah aus. Pastikan busi terpasang rapat untuk mencegah udara bocor.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Klep yang tidak menutup sempurna atau aus bisa menjadi penyebab utama kompresi turun. Buka tutup mesin bagian atas, lalu periksa celah klep menggunakan feeler gauge. Sesuaikan celah sesuai spesifikasi motor (biasanya 0,08–0,15 mm). Jika klep terlalu aus, pertimbangkan untuk menggantinya.
Filter udara yang kotor menghambat aliran udara ke mesin, memengaruhi rasio kompresi. Lepaskan filter udara, bersihkan dengan udara bertekanan atau cuci menggunakan air sabun (jika tipe basah). Jika sudah rusak, ganti dengan yang baru untuk memastikan sirkulasi udara optimal.
Ring piston yang aus atau patah bisa menyebabkan kompresi bocor ke ruang karter. Untuk memeriksanya, gunakan compression tester. Jika hasil pengukuran di bawah 100 PSI, ada indikasi kerusakan ring atau silinder. Anda bisa menambahkan oli khusus restorasi kompresi untuk sementara, namun jika kerusakan parah, perlu dilakukan overhaul.
Karet gasket (sealing) head silinder yang rusak atau longgar bisa memicu kebocoran. Periksa baut kepala silinder menggunakan kunci torsi dan kencangkan sesuai spesifikasi (biasanya 20–30 Nm). Jika terdapat retak atau gasket bocor, ganti dengan yang baru.
Beberapa produk additive mengandung bahan kimia yang membantu mengisi celah mikro pada ring piston atau silinder. Tuangkan additive ke dalam oli mesin sesuai petunjuk kemasan. Cara ini efektif untuk kasus kebocoran ringan.
Jika semua langkah di atas sudah dilakukan tetapi kompresi tetap rendah, kemungkinan ada kerusakan serius seperti silinder baret atau piston rusak. Pada kondisi ini, membawa motor ke bengkel terpercaya menjadi solusi terakhir.
Dengan melakukan pemeriksaan rutin dan perawatan mandiri, Anda bisa menghemat biaya servis dan memperpanjang usia pakai mesin motor. Selalu pastikan mesin dalam keadaan dingin sebelum melakukan perbaikan untuk menghindari risiko cedera!
Era internet dan teknologi digital telah membawa perubahan revolusioner pada lanskap media Indonesia. Salah satu…
Berikut penjelasan lengkap mengenai tata letak pabrikasi (back office) menurut Krajewski et al. (2007), yang…
Tata letak fasilitas merupakan aspek krusial dalam keberhasilan sebuah organisasi perusahaan. Pengaturan fisik elemen produksi,…
Penelitian merupakan pilar penting bagi keberhasilan organisasi, termasuk organisasi media massa. Artikel ini akan membahas…
Metode penentuan lokasi merupakan aspek krusial dalam berbagai bidang manajemen, khususnya dalam peramalan, perencanaan strategis,…
Tata letak (layout) dalam manajemen operasional merupakan aspek krusial yang mempengaruhi efisiensi, produktivitas, dan kelancaran…