Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Makanan Tradisional Sulawesi Barat yang Lezat dan Wajib Dicoba

Bau Peapi salah satu kuliner khas Sulawesi Barat (Dok. Istimewa)
SwaraWarta.co.id - Makanan tradisional Sulawesi Barat menjadi salah satu kuliner Nusantara yang dikenal dengan keunikan dan keberagamannya.

Pada saat berkunjung di Sulawesi Barat, Anda bisa mencoba berbagai macam kuliner sesuai dengan keinginan mulai dari camilan hingga makanan berat.

5 Makanan Tradisional Sulawesi Barat yang Wajib Dicoba

Secara umum, setiap daerah pasti memiliki kuliner yang cukup khas. Hal ini juga terdapat di Sulawesi Barat, dimana makanan tradisionalnya cukup lezat.

Bagi Anda yang sedang berkunjung di Sulawesi Barat, disarankan untuk mencoba makanan tradisionalnya. Sebab makanan kulinernya cukup beragam, seperti:

1.Bau Peapi

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang cukup khas, sehingga disukai oleh banyak orang. Selain itu, bau peapi juga terbuat dari ikan segar sehingga baik untuk kesehatan.

Bumbunya yang cukup banyak membuat bau peapi cukup lezat. Terlebih jika makanan ini disajikan dengan nasi yang masih hangat.

2.Sambusa

Terbuat dari olahan ikan, membuat makanan ini gurih dan lezat. Secara umum sambutan dibuat dengan bentuk segitiga, sehingga bentuknya cukup menarik.

Sambusa sendiri termasuk camilan yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Bahkan banyak wisatawan yang selalu mencari sambusa untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

3. Kue Paso

Apabila Anda menyukai jajanan pasar, maka kue Paso dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Sebab kue ini seringkali dijual di pasar-pasar tradisional Sulawesi Barat.

Secara umum, kui ini bewarna coklat dan dibungkus menggunakan daun pisang. Menariknya lagi, kue paso sengaja dibuat menyerupai benda kerucut.

4. Apang

Makanan tradisional Sulawesi Barat yang satu ini memiliki rasa yang lezat. Sebab terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah.

Secara umum, Apang juga disajikan dengan parutan kelapa. Rasanya yang manis dan gurih, membuat Apang Sering dijadikan sebagai makanan penutup.

5. Toppa Ikan Tuna

Kuliner yang satu ini disukai oleh banyak orang, sebab rasanya yang gurih dan lezat. Selain itu, makanan ini juga baik untuk kesehatan sebab terbaik dari ikan tuna.

Secara umum, toppa ikan tuna dibuat dengan menggunakan banyak rempah-rempah. Rempah-rempah inilah yang menyebabkan kuah ikan bewarna kuning.

Beberapa makanan tradisional Sulawesi Barat tersebut wajib Anda coba saat berkunjung ke Sulawesi Barat. Sebab rasanya terkenal lezat dan gurih.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter