Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

2 Kapal Selam Nuklir Rusia Diresmikan: Putin Merasa Aman

Putin Resmikan Kapal Selam Nuklir Baru
Putin Resmikan 2 Kapal Selam Nuklir Baru Rusia-SwaraWarta.co.id (Sumber: VOA Indonesia)



SwaraWarta.co.id - Dari Moskow, dikabarkan bahwa Rusia sudah memiliki kapal selam nuklir terbaru untuk kepentingan militernya.

Tidak tanggung-tanggung, dua kapal selam nuklir baru yang dibuat jumlahnya adalah dua armada langsung.

Atas keberhasilaj tersebut, Presiden Rusia, Vladimir Putin, secara resmi langsung meluncurkan dua kapal selam nuklir  terbaru tersebut yang merupakan buatan dalam negeri.

Dalam acara peresmian di wilayah Utara Jauh Rusia, Putin menegaskan komitmennya untuk memperkuat kekuatan militer angkatan laut negaranya.

Seremoni di Severodvinsk di Laut Putih mencakup pengibaran bendera untuk kapal selam 'Krasnoyarsk' dan 'Kaisar Alexander III' yang mengalami proses perakitan selama enam tahun terakhir.

Putin menyatakan kepada perwira Angkatan Laut, "Dengan kapal dan senjata seperti ini, Rusia akan merasa aman," saat ia mengunjungi salah satu kapal selam di perairan Arktik yang membeku selama musim dingin.

Kedua kapal selam tersebut akan bergabung dengan armada Pasifik dalam Angkatan Laut Rusia.

Putin menyatakan bahwa kapal selam tersebut akan "menguatkan kesiapan tempur Angkatan Laut Rusia, memperkuat kehadiran Angkatan Laut kita di Arktik, di Timur Tengah, di Laut Hitam, dan di Laut Baltik, serta di Laut Kaspia".

Selain kedua kapal selam baru ini, Rusia juga tengah merakit delapan kapal selam nuklir lainnya.

Minggu lalu, Putin secara resmi mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri kembali sebagai Presiden Rusia dalam pemilu tahun 2024, hampir dua tahun setelah Moskow memulai invasi terhadap Ukraina.

Sementara perang di Ukraina memasuki tahun kedua, Rusia telah mengubah fokus perekonomiannya untuk lebih menitikberatkan pada produksi militer.

Pada bulan Oktober yang lalu, anggota parlemen Rusia memberikan dukungan pada peningkatan belanja militer negara yang mencetak rekor, hampir mencapai sepertiga dari total pengeluaran yang diantisipasi untuk tahun 2024 mendatang.

Putin, dalam seremoni peresmian kapal selam terbaru, bersumpah untuk terus "mengupayakan peningkatan kekuatan militer Angkatan Laut Rusia".

Dengan memiliki dua armada kapal selam ini, pihak Rusia mengklaim bahwa negaranya akan merasa aman dari serangan-serangan musuh.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter