Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

6 Fakta Menarik tentang Ketoprak yang Wajib Diketahui

6 Fakta Menarik tentang Ketoprak yang Wajib Diketahui

6 Fakta Menarik tentang Ketoprak yang Wajib Diketahui.



SwaraWarta.co.id - Ketoprak, sebuah hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa lezat dan kaya akan rempah-rempah.

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang cukup sangat unik, karena memiliki berbagai macam jenis sayur-sayuran di dalamnya.

Oleh karena itu, masyarakat sangat menyukai makanan yang satu ini untuk disantap dikala sedang jam makan.

Berikut adalah enam fakta menarik tentang ketoprak yang mungkin belum banyak diketahui:

1) Asal Mula Nama Ketoprak

Nama "ketoprak" tidak hanya merujuk pada makanan, tetapi juga memiliki kaitan dengan seni pertunjukan tradisional Indonesia.

Kata "ketoprak" dalam bahasa Jawa juga merujuk kepada bentuk pertunjukan ludruk yang mencampurkan unsur drama, tarian, dan humor.

Makanan ini kemungkinan besar mendapatkan namanya karena memiliki rasa yang segar dan beragam, sebagaimana pertunjukan ketoprak yang penuh warna.

2) Bahan Utama Ketoprak

Ketoprak terbuat dari bahan-bahan utama yang sehat dan bergizi. Salah satu komponen utamanya adalah tahu, yang merupakan sumber protein nabati.

Selain itu, ketoprak juga menggunakan lontong (nasi ketan yang dibungkus daun pisang) dan bihun sebagai sumber karbohidrat. Kecambah tauge yang digunakan sebagai pelengkap memberikan sentuhan segar dan kaya akan nutrisi.

3) Saus Kacang, Kunci Kelezatan Ketoprak

Saus kacang menjadi kunci kelezatan ketoprak. Saus ini terbuat dari kacang tanah yang digiling halus, dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, petis, dan gula kelapa.

Saus kacang inilah yang memberikan cita rasa gurih dan manis pada hidangan ketoprak.

4) Varian Rempah-rempah yang Kaya

Salah satu daya tarik ketoprak adalah keberagaman rempah-rempah yang digunakan. Rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, dan kencur memberikan cita rasa khas pada hidangan ini.

Selain memberikan kelezatan, rempah-rempah juga memiliki manfaat kesehatan, seperti sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

5) Lokasi Penjualan yang Beragam

Ketoprak tidak hanya dapat ditemukan di warung-warung kaki lima atau pedagang kaki lima di pinggir jalan, tetapi juga sering dijual di restoran dan pusat kuliner. Ini menunjukkan bahwa ketoprak memiliki daya tarik yang luas di kalangan masyarakat, dari kelas pekerja hingga kalangan menengah atas.

6) Mudah Disesuaikan dengan Selera

Keunikan ketoprak juga terletak pada kemudahannya untuk disesuaikan dengan selera masing-masing. Beberapa orang mungkin lebih menyukai ketoprak dengan tambahan kerupuk, sedangkan yang lain lebih suka dengan tambahan sambal untuk rasa pedas.

Fleksibilitas dalam penyajian ini membuat ketoprak menjadi hidangan yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Dengan kelezatan dan keunikannya, ketoprak bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang patut dijaga dan dinikmati oleh generasi-generasi mendatang.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter