Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

BMKG Himbau Masyarakat agar Waspada Terhadap Cuaca Ekstem

BMKG Himbau Masyarakat agar Waspada Terhadap Cuaca Ekstem
Ilustrasi cuaca ekstrem (Dok. Istimewa)


 SwaraWarta.co.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan warga agar lebih waspada terhadap potensi banjir yang mungkin terjadi di wilayah Sumatera Utara akibat hujan lebat dalam beberapa hari ke depan. 

Menurut Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Endah Paramita pada hari Senin, warga diingatkan tentang potensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi terjadi di lereng barat, lereng timur dan pegunungan Sumatera Utara, yang bisa berakibat pada bencana banjir dan longsor. 

"Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di lereng barat, lereng timur dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," ungkapnya.

Menurutnya, selama dua hari ke depan, pagi hari di wilayah Medan, Langkat, Binjai Deli Serdang dan sekitarnya memiliki potensi hujan dengan intensitas ringan. 

Sedangkan siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di beberapa wilayah Sumatera Utara.

Selian itu, di malam hari ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah Sumatera Utara.

Kemudian dini hari, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Padang Sidempuan, Padang Lawas dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata sekitar 16 – 31,0 Derajat Celcius, kelembapan udara berkisar 60 – 95 persen, dan angin bertiup dari timur laut-tenggara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam. 

Oleh karena itu, warga diimbau untuk selalu waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca terbaru dari BMKG.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter