Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Halving Bitcoin dan 8 Peristiwa Kripto yang Paling Berpengaruh di 2024

Halving Bitcoin dan 8 Peristiwa Kripto yang Paling Berpengaruh di 2024
Halving Bitcoin dan 8 Peristiwa Kripto yang Paling Berpengaruh di 2024


SwaraWarta.co.id - Seorang analis kripto terkemuka, dikenal dengan nama akun Stock Money Lizards di platform X, telah merinci garis waktu dinamis untuk pergerakan Bitcoin sepanjang tahun 2024.

Dalam konteks ini, peristiwa-peristiwa kunci diharapkan membawa dampak signifikan pada jalur perkembangan Bitcoin.

1. Januari 2024: Dimulainya Era ETF Bitcoin

Tahun 2024 diawali dengan potensi persetujuan Exchange Trade Fund (ETF) Bitcoin spot pertama.

Bitwise memproyeksikan bahwa ETF Bitcoin spot dapat menarik 1% dari pasar ETF AS senilai 7,2 triliun dolar AS dalam lima tahun. 

Hal ini dapat menciptakan Aset yang Dikelola (AUM) sebesar 72 miliar dolar AS. Keputusan ini diharapkan menjadi pendorong utama perubahan bagi Bitcoin.

2. Maret 2024: Pemotongan Suku Bunga oleh The Fed

Bulan Maret 2024 diperkirakan akan memberikan petunjuk mengenai perubahan lanskap moneter, dengan pertimbangan Federal Reserve untuk menurunkan suku bunga. 

Proyeksi pasar menunjukkan tiga penurunan suku bunga tahun ini, dengan ekspektasi penurunan sebesar 5,1 pada tahun 2024. Pendekatan dovish ini berpotensi mempengaruhi pasar Bitcoin.

3. April 2024: Bitcoin Halving yang Dinanti-nanti

April 2024 akan menyaksikan peristiwa yang dinanti-nanti, yaitu Bitcoin Halving yang terjadi setiap empat tahun sekali. 

Hal ini signifikan karena mengurangi pasokan Bitcoin baru melalui pengurangan hadiah blok, yang tradisionalnya meningkatkan harga Bitcoin. Halving tetap menjadi momen krusial bagi mata uang kripto.

5. Juni 2024: Regulasi Aset Kripto di Uni Eropa

Uni Eropa dijadwalkan untuk meluncurkan Undang-Undang Pasar Aset Kripto (MiCA) pada bulan Juni. 

Ini diharapkan memberikan kejelasan regulasi untuk aset kripto kepada 450 juta orang. Perkembangan regulasi dianggap penting untuk membangun kepercayaan di kalangan investor institusional, yang dapat mendukung adopsi Bitcoin.

6. Agustus 2024: Eksperimen Kripto oleh Elon Musk

Agustus 2024 mungkin menyaksikan tindakan drastis dari Elon Musk dengan memperkenalkan pembayaran kripto di platform X (sebelumnya Twitter). 

Meskipun tanggal peluncuran dapat diperpanjang hingga tahun 2024, langkah ini dapat menjadi gebrakan dalam skala besar, membuka jalan bagi adopsi Bitcoin.

7. September 2024: Pemilu AS dan Pengaruh Trump

Pemilihan umum AS pada bulan September berpotensi memberikan kejutan, dengan kemungkinan kemenangan bagi Trump. 

Keterlibatan Trump dalam jaringan Solana dan peluncuran ETF di platform dapat berdampak positif pada pasar kripto. Terlebih lagi, pengumuman koleksi NFT baru oleh Donald Trump dapat memberikan sentimen positif.

8. Desember 2024: Peningkatan FASB untuk Bitcoin

Menjelang akhir tahun 2024, Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB) diharapkan memperkenalkan Akuntansi Nilai Wajar untuk Bitcoin. 

Langkah ini akan memberikan Bitcoin label baru, mengakui statusnya sebagai aset global secara resmi.

Saat memasuki tahun 2024, Bitcoin bersiap untuk perjalanan menarik dengan katalis yang diantisipasi ini membentuk jalur perkembangannya. 

Semua informasi dan peristiwa kripto ini menjadi penting untuk diperhatikan agar kamu tidak salah langkah dalam membuat keputusan beli atau jual.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter