Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Sepi Investor Asing? Jokowi Berikan Tanggapan!

Ibu Kota Negara (IKN) Sepi Investor Asing? Jokowi Berikan Tanggapan
Ibu Kota Negara (IKN) Sepi Investor Asing? Jokowi Berikan Tanggapan!


SwaraWarta.co.id - Pengamat ekonomi memberikan peringatan serius terkait proyek besar dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang disebut-sebut dapat menguras ratusan triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tanpa dukungan investasi asing yang memadai.

Namun, Presiden Joko Widodo dengan penuh keyakinan mengklaim bahwa investor asing telah bergabung dengan mitra lokal untuk mendanai proyek-proyek megah IKN.

Saat meninjau progres pembangunan Hotel Nusantara di IKN, Jokowi menjelaskan bahwa investasi asing telah terjadi dalam kolaborasi erat dengan para investor lokal.

"Saya yakin bahwa investor dalam negeri juga telah menjalin kemitraan dengan investor asing. Ini adalah langkah bersama untuk memajukan proyek-proyek kami di IKN," ungkap Jokowi dengan penuh keyakinan.

Meskipun begitu, Yusuf Wibisono dari Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) tetap skeptis, mengingatkan bahwa IKN masih harus membuktikan daya tariknya bagi investor.

Dalam pandangannya, jika proyek ini gagal menarik investor, beban finansial sebesar Rp466 triliun akan menjadi beban APBN, mengancam proyek tersebut menjadi mangkrak.

Tidak hanya itu, Yusuf juga meramalkan kesulitan persuasif untuk memindahkan masyarakat ke kota baru ini jika IKN berhasil dibangun, menempatkannya dalam ancaman menjadi "kota hantu."

Dengan total anggaran pembangunan mencapai Rp75,5 triliun selama periode 2022-2024, pertanyaan kritis pun muncul: Apa yang membuat IKN kurang menarik bagi investor asing?

Jokowi, meski optimis, tidak memberikan rincian mendalam tentang investor asing yang terlibat atau proyek-proyek spesifik yang sedang dilaksanakan.

Dia menekankan pentingnya memantau kemajuan proyek setiap bulan, khususnya dalam hal infrastruktur yang telah memulai tahap pembangunan.

Seiring dengan groundbreaking tahap tiga yang baru-baru ini dilakukan pada 20-21 Desember 2023, satu pertanyaan besar masih mengemuka: Bisakah IKN Nusantara memikat hati investor asing dan menghindari nasib sebagai proyek mega yang terabaikan? Hanya waktu yang akan menjawab, sementara kita terus menyaksikan perjalanan IKN menuju kemegahan atau ketidakpastian.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter