Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jajanan SD Jadul yang Masih Eksis Sampai Sekarang, Kamu Suka yang Mana?

Jajanan SD Jadul yang Masih Eksis Sampai Sekarang, Kamu Suka yang Mana?
Jajanan SD Jadul yang Masih Eksis Sampai Sekarang, Kamu Suka yang Mana?

SwaraWarta.co.id -  Salah satu hal yang membuat kita merindukan masa-masa SD adalah jajanan khas yang ada di sekolah. 

Tidak diragukan lagi, jajanan SD sangat enak, lezat, dan terjangkau bahkan untuk kantong anak SD saat itu.

Bagi generasi 90-an, jajanan SD Jadul adalah kenangan tak terlupakan yang mampu menghadirkan orang-orang yang paling dicintai di sekolah ini. 

Dalam artikel ini, kami akan membagikan kumpulan jajanan anak SD yang akan membuatmu teringat masa kecilmu.

Es Serut

Tak hanya es potong, es serut juga menjadi jajanan penghilang dahaga. Es serut biasanya dinikmati setelah olahraga. Es serut ini memiliki warna cerah dan ditabur dengan sirup manis di atasnya. 

Banyak dari penjual es serut yang memanfaatkan mesin es serut untuk memproses es menjadi berbagai macam bentuk dan ukuran. Es serut saat ini cukup sulit untuk ditemui di dekat-daerah sekolah dasar.

Telur Dadar Mini

Telur dadar mini menjadi jajanan yang sangat menarik bagi anak SD karena selain enak dan murah, pembeli bisa membuatnya sendiri. Biasanya, pembeli akan diberi adonan telur dadar dan digoreng oleh penjual. 

Harga teleur dadar mini yang dulu hanya lima ratus rupiah percetakan, kini sudah naik menjadi seribu rupiah per cetakan telur dadar mini. 

Di beberapa wilayah, pemandangan pedagang telur dadar mini masih bisa ditemui di depan gerbang sekolah dasar.

Telur Gulung

Siapa yang tak kenal telur gulung? Jajanan yang satu ini selalu ada di setiap halaman depan sekolah. Di hari-hari istirahat, hampir selalu ada penjual telur gulung yang menjajakan jajanan ini. 

Harganya pun sangat terjangkau, bahkan untuk anak SD. Telur gulung dibuat dari adonan telur yang dicampur dengan air dan digulung dengan batang lidi. 

Telur gulung yang dijual oleh penjual sekitar SD memiliki sensasi yang berbeda dan membuat jajanan ini tetap menjadi favorit hingga saat ini. 

Pada tahun 2000-an, harga telur gulung jentera hanya lima ratus rupiah per batangnya. Namun, saat ini, harga yang harus dikeluarkan sudah mencapai seribu hingga dua ribu rupiah per batang telur gulung.

Es Potong

Es potong adalah jajanan legendaris bagi anak 90-an. Saat pulang sekolah, jajanan ini selalu menjadi pilihan untuk menghilangkan dahaga. 

Ukuran es potong tergantung pada seberapa banyak uang yang kamu miliki. Semakin banyak, semakin panjang juga potongan es yang kamu dapatkan. 

Es potong sendiri terbuat dari campuran susu, sirup, dan es batu. Bahkan hingga kini, es potong masih banyak ditemui di penjual keliling dan tetap menjadi menu favorit, terutama di musim kemarau.

Mie Lidi

Mie Lidi termasuk jajanan yang bikin ketagihan. Bahannya terbuat dari tepung sagu dan tepung terigu yang dikombinasikan untuk menghasilkan mie seperti lidi. 

Setelah proses pembuatan selesai, mie lidi akan ditaburi dengan bubur cabai dan garam secukupnya, menimbulkan rasa asin dan gurih yang bikin ingin terus mengunyahnya. 

Saat ini, mie lidi sudah memiliki rasa yang beraneka ragam, sehingga terasa lebih segar dan lezat.

Cokelat Payung

Cokelat payung adalah salah satu jajanan legendaris dari masa kecil kita. Jajanan ini biasanya dijual di berbagai warung, mulai dari kantin sekolah hingga warung tetangga. 

Bagi anak SD di masa kecilnya, cokelat payung dengan harga seratus rupiah saja sudah sangat murah. Namun, sekarang jajanan ini sangat susah ditemukan. 

Cokelat payung hampir menjadi spesies langka di tengah banyaknya macam jajanan yang lebih modern.

Demikianlah informasi tentang kumpulan jajanan anak SD yang bisa membangkitkan kembali memories masa kecil. Semoga artikel ini membantu mengobati rasa rindumu pada masa kecilmu.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter