Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pemerintah DKI Jakarta Kerahkan Ribuan Personal Satpol PP untuk Pengamanan Malam Tahun Baru

Ribuan Personal Satpol PP Disiapkan Pemerintah Jakarta untuk Amankan Malam Tahun Baru
DKI Siapkan Ribuan Personal Satpol PP untuk Amankan Malam Tahun Baru-SwaraWarta.co.id (Sumber: Pixabay)


SwaraWarta.co.id - Diberitakan bahwa pada malam Tahun Baru 2024 nanti, sebanyak 1.640 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah dikerahkan di DKI Jakarta untuk menjaga keamanan dan mengantisipasi gangguan terhadap ketenteraman dan ketertiban umum (trantibum).

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, menjelaskan bahwa 930 personel akan fokus mengamankan acara Malam Muda Mudi Jak Karnaval Sudirman-Thamrin.

Sementara itu, pengamanan acara hiburan tahun baru di tingkat kota atau kabupaten akan melibatkan sekitar 360 personel.

Arifin juga mengungkapkan bahwa sekitar 350 personel Satpol PP DKI Jakarta akan disiagakan untuk mengamankan ruang publik pada libur tahun baru tanggal 1 Januari 2024.

Beberapa lokasi utama perayaan tahun baru di DKI Jakarta mencakup Malam Muda Mudi Kawasan Sudirman-Thamrin, dengan 11 panggung acara dan Pawai Budaya Jakarnaval lintasan di kawasan Monas-Sudirman-Thamrin.

Selain itu, acara panggung hiburan perayaan tingkat kota administrasi juga menjadi fokus pengamanan, dengan lokasi yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu.

Kawasan-kawasan keramaian malam Tahun Baru 2024 dan libur tahun baru pada ruang publik mencakup beberapa titik strategis, seperti Jalan Benyamin Sueb Kemayoran, Lapangan Banteng, Pantai Indah Kapuk, Danau Sunter, Akses Pintu Masuk Taman Impian Jaya Ancol, Kelapa Gading, CNI Kembangan, Kota Tua Jakarta Barat, Taman Marga Satwa Ragunan, Barito Bulungan, Kemang, Setu Babakan, dan Kanal Banjir Timur.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk memeriahkan Tahun Baru 2024 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dan kawasan Monumen Nasional (Monas).

Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Andhika Permata, menegaskan bahwa Jakarnaval di kawasan Monas dan MH Thamrin, Malam Muda Mudi, serta perayaan tahun baru di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin akan menjadi momen yang diisi dengan berbagai kegiatan meriah.

Inisiatif Pemprov DKI Jakarta ini bertujuan untuk memberikan pengalaman perayaan Tahun Baru yang berkesan bagi masyarakat.

Dengan melibatkan berbagai lokasi dan menyelenggarakan acara hiburan yang menarik, diharapkan dapat menciptakan suasana yang penuh kegembiraan dan keselamatan bagi semua warga yang merayakan.

Menyikapi hal ini, Satpol PP DKI Jakarta melakukan penataan keamanan yang terencana untuk menghindari gangguan trantibum.

Adanya personel yang disebar di lokasi-lokasi strategis diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung serta peserta acara.

Dengan keterlibatan lebih dari seribu personel, diharapkan potensi gangguan terhadap keamanan dapat diminimalkan.

Pengamanan yang mencakup wilayah-wilayah kota administrasi menunjukkan upaya serius pemerintah dalam menjaga keamanan di seluruh penjuru DKI Jakarta.

Langkah-langkah seperti pengamanan kawasan Pantai Indah Kapuk, Kota Tua Jakarta Barat, dan Taman Impian Jaya Ancol menggarisbawahi komitmen untuk melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam merayakan Tahun Baru dengan aman dan tertib.

Jakarnaval yang disiapkan oleh Disparekraf DKI Jakarta menjadi salah satu daya tarik utama, dengan menampilkan Pawai Budaya Jakarnaval.

Dengan lintasan yang melibatkan kawasan Monas-Sudirman-Thamrin, acara ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman masyarakat Jakarta dalam merayakan Tahun Baru.

Keterlibatan lebih dari 900 personel Satpol PP dalam pengamanan acara ini menandakan tingginya keseriusan dalam menjaga ketertiban selama perayaan.

Selain itu, lokasi-lokasi seperti Lapangan Banteng, Danau Sunter, Kelapa Gading, dan Kemang yang menjadi pusat keramaian malam Tahun Baru 2024 juga mendapat perhatian khusus dalam pengamanan.

Dengan menetapkan personel di titik-titik strategis ini, Satpol PP berupaya memastikan bahwa semua kegiatan perayaan dapat berlangsung dengan lancar dan aman.

Pengamanan di beberapa kawasan keramaian ini tidak hanya mencakup aspek keamanan fisik, tetapi juga penanganan potensi gangguan ketertiban umum.

Dengan melibatkan personel Satpol PP, diharapkan tindakan preventif dapat diambil untuk menghindari terjadinya insiden yang dapat merugikan masyarakat dan peserta acara.

Seiring dengan pengamanan, Disparekraf DKI Jakarta juga menekankan pentingnya menghadirkan momen-momen berkesan dalam perayaan Tahun Baru.

Jakarnaval dan malam muda-mudi di kawasan Monas dan MH Thamrin menjadi bagian dari upaya tersebut.

Dengan melibatkan berbagai elemen kreatif dan budaya, diharapkan acara ini dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua yang hadir.

Keseluruhan upaya ini mencerminkan sinergi antara berbagai instansi pemerintah dalam menjaga keamanan dan memberikan pengalaman positif dalam perayaan Tahun Baru.

Melalui pengamanan yang terkoordinasi dan acara hiburan yang menarik, DKI Jakarta berusaha menciptakan tradisi perayaan yang aman, meriah, dan berkesan bagi seluruh masyarakatnya.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter