Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Upayakan Wisata Seru dengan Mengunjungi Danau Koalin

 

Upayakan Wisata Seru dengan Mengunjungi Danau Koalin
Danau Koalin yang memiliki panorama alam memukau (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Danau Koalin adalah salah satu danau yang terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. 

Danau Koalin memiliki luas sekitar 800 hektar dan memiliki kedalaman hingga 18 meter.

Danau Koalin terbentuk akibat adanya aktivitas tambang batu bara. Danau ini terbentuk dari bekas galian tambang yang kemudian terisi air hujan dan air sungai.

Meskipun terbentuk dari aktivitas tambang, Danau Koalin memiliki pemandangan yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Danau Koalin adalah memancing, berenang, dan menikmati keindahan alam sekitar.

Selain itu, Danau Koalin juga memiliki kekayaan flora dan fauna yang cukup beragam. Beberapa jenis ikan yang ada di Danau Koalin antara lain ikan mujair, ikan nila, patin.

Namun, perlu diingat bahwa Danau Koalin adalah bekas tambang batu bara sehingga airnya tidak cocok untuk dikonsumsi maupun digunakan untuk kegiatan lainnya. 

Oleh karena itu, pengunjung perlu menjaga kebersihan dan lingkungan sekitar agar tetap terjaga keindahannya.

Sayangnya, tidak terdapat fasilitas penginapan di sekitar Danau Koalin untuk saat ini.

 Pengunjung yang ingin menginap, disarankan untuk mencari hotel atau penginapan di kota terdekat seperti di Kota Tanjung Redeb atau Kabupaten Berau.

Namun, bagi para pengunjung yang ingin melakukan perjalanan satu hari atau piknik, Danau Koalin memiliki area piknik yang cukup luas dan cocok untuk berkumpul.

Anda juga dapat membawa tenda dan melakukan camping di sekitar Danau Koalin, namun perlu memperhatikan aturan dan peraturan.

Terdapat sejumlah peraturan berlaku agar tetap menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan sekitar.

Meskipun tidak terdapat fasilitas penginapan di sekitar Danau Koalin, pengunjung masih dapat menikmati keindahan dan keunikan danau.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter