Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

2 Jurnalis Senior Tewas Akibat Serangan Udara di Gaza

2 Jurnalis Senior Tewas Akibat Serangan Udara di Gaza
2 Jurnalis Senior Tewas Akibat Serangan Udara di Gaza.


SwaraWarta.co.id - Dua jurnalis, Mustafa Thuria dari Agence France-Presse (AFP) dan Hamza Wael Dahdouh dari Al Jazeera, tewas dalam serangan militer Israel pada hari Minggu (7/1/2024) di Gaza.

Menurut kementerian kesehatan Hamas di Gaza, kedua jurnalis tersebut tewas saat mengendarai.

Militer Israel belum memberikan komentar tentang serangan tersebut.

Kepala biro Al Jazeera di Gaza, ayah Hamza, baru-baru ini terluka dalam serangan. Pada hari-hari awal konflik, dia kehilangan pasangannya dan dua anaknya.

Serangan udara Israel pada hari Minggu juga menyerang kota Khan Younis di Gaza selatan, membunuh dan melukai beberapa orang.

Juru bicara militer Israel menyatakan pada hari Sabtu bahwa pasukan Israel telah menyelesaikan pembongkaran "kerangka militer" Hamas di Gaza utara, membunuh sekitar 8.000 militan dan menyita jutaan dokumen dan puluhan ribu senjata.

Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan secara online, Laksamana Muda Daniel Hagari menyatakan bahwa fokus saat ini Israel adalah untuk menghancurkan Hamas di Jalur Gaza tengah dan selatan. Dia mengakui bahwa pekerjaan itu akan membutuhkan waktu.

Hasi mengatakan bahwa upaya militer Israel untuk menghancurkan Hamas dari Gaza tengah dan selatan tidak akan sama dengan yang dilakukan di Gaza utara.

Dia juga menyatakan bahwa "kamp pengungsi di jalur Gaza tengah penuh sesak dan penuh dengan teroris", seraya menyatakan bahwa banyak tenaga diperlukan untuk menghancurkan jaringan terowongan bawah tanah yang kompleks yang dimiliki Hamas di Gaza.

Dalam pernyataannya pada hari Sabtu (6/1/2024) Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa perang melawan Hamas "tidak boleh dihentikan" sampai Israel mencapai tiga tujuan utama, yaitu "menghilangkan Hamas, memulangkan sandera kami, dan memastikan bahwa Gaza tidak lagi menjadi ancaman bagi Israel."

 

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter