Fungsi kata kunci dalam SEO salah satunya yaitu menaikkan traffic website (Dok. Istimewa) |
Swarawarta.co.id – Mungkin kamu pernah mendengar istilah keyword atau kata kunci. Kita bisa memasukkan kata kunci ke search engine seperti Google untuk mencari informasi yang kita butuhkan hanya dalam hitungan detik.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Kata kunci sendiri sangat penting dipelajari, terutama jika kamu ingin terjun ke dunia digital marketing dan memahami search engine optimization atau SEO.
Jadi, apa itu kata kunci dan bagaimana cara mengimplementasikan kata kunci untuk meningkatkan strategi SEO? Berikut penjelasan lengkapnya.
Kata Kunci dalam SEO Kata kunci atau keyword adalah ide atau topik yang menentukan isi dari konten kamu.
alam implementasi SEO, keyword adalah kata atau frasa yang dicari oleh orang di mesin pencari.
Sebagai pemilik situs web atau pembuat konten, tentunya kamu ingin mengoptimalkan kata kunci pada kontenmu agar relevan dengan pencarian orang
Selain itu, dengan mengoptimalkan kontenmu dengan kata kunci yang tepat, kamu juga bisa meningkatkan ranking situsmu di Google.
Semakin tinggi ranking kamu, semakin besar peluang orang untuk mengunjungi situsmu.
Kata kunci tidak hanya berfungsi sebagai rangkaian kata untuk memudahkan pembaca menemukan kontenmu, namun juga memiliki beberapa fungsi penting seperti:
Jika traffic situsmu menurun, mungkin hal itu disebabkan karena kamu tidak menambahkan kata kunci pada konten atau tulisan di situsmu.
Tanpa kata kunci, kontenmu akan sulit ditemukan oleh mesin pencari.
Agar menghasilkan traffic secara alami di situsmu, tambahkan kata kunci yang tepat dengan persaingan yang rendah.
Dengan menambahkan kata kunci pada kontenmu, akan memudahkan orang menemukan kontenmu di mesin pencari meski mereka tidak spesifik dalam menuliskan informasi yang akan dicari.
Dengan menambahkan kata kunci pada kontenmu, mesin pencari dapat mengoptimasi menampilkan kontenmu kepada orang-orang yang membutuhkan.
Tanpa kata kunci, kontenmu bisa sulit ditemukan oleh mesin pencari.
Selain memahami pengertian kata kunci dan fungsinya, kamu juga perlu mempelajari jenis-jenis kata kunci menurut panjangnya. Berikut penjelasan lengkapnya:
Short-tail keyword adalah kata kunci yang sangat pendek dan hanya berisi satu atau dua kata.
Meski mudah digunakan dalam konten, short-tail keyword sangat kompetitif dan sulit untuk meningkatkan ranking kontenmu.
Contoh dari short-tail keyword antara lain branding, personal branding, digital marketing, dan lain-lain.
Mid-tail keyword terdiri dari tiga kata atau lebih dan lebih spesifik. Kontenmu bisa memiliki search volume yang tinggi dengan conversion rate yang cukup baik menggunakan mid-tail keyword.
Contoh dari mid-tail keyword antara lain digital marketing tools, digital marketing course, dan lain-lain.
Long-tail keyword adalah kata kunci dengan rangkaian kata yang sangat panjang dan spesifik.
Kompetisinya tidak begitu sengit dan cenderung lebih mudah untuk membuat konten memiliki ranking yang tinggi di SERP.
Contoh dari long-tail keyword antara lain pentingnya personal branding untuk UMKM, situs online learning SEO untuk pemula, dan lain-lain.
Itulah beberapa penjelasan singkat tentang kata kunci dalam SEO. Karena perannya yang penting, Kamu bisa mempelajarinya sebelum menerapkan dalam konten website.
SwaraWarta.co.id – Punya rambut panjang, sehat, dan berkilau adalah impian banyak orang. Tapi, buat sebagian besar dari…
SwaraWarta.co.id – 1 ton berapa kilo? Seringkali kita mendengar satuan berat "ton" dan "kilogram" dalam…
SwaraWarta.co.id – Mengapa Pancasila disebut sebagai ideologi? Pancasila, lima sila dasar yang menjadi pedoman hidup…
SwaraWarta.co.id - Kamu pasti kesal ketika tiba-tiba aplikasi TikTok tidak dapat dibuka padahal baru saja…
SwaraWarta.co.id - Berapa lama jangka waktu pemblokiran rekening oleh PPATK? Belakangan ini, isu pemblokiran rekening…
SwaraWarta.co.id – Ada beberapa ciri-ciri rekening diblokir oleh PPATK. Seperti yang diketahui PPATK (Pusat Pelaporan…