Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Gibran Gunakan Gestur Mencari : Saya Nggak Nemu Jawaban Prof Mahfud

 

Cuplikan video debat cawapres kedua
Cuplikan gambar debat cawapres kedua yang memperlihatkan gestur Gibran mencari jawaban Mahfud MD
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Dalam sebuah debat antara calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md, terjadi insiden ketika Gibran mencari-cari jawaban dari Mahfud setelah dia menanyakan tentang cara mengatasi greenflation atau inflasi hijau.

Gibran merasa kebingungan dan tampak melakukan gestur mencari sesuatu setelah mendengar jawaban Mahfud. 

"Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari-nyari di mana ini jawabannya, nggak nggak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau?" kata Gibran.

Kemudian, Gibran menjelaskan tentang inflasi hijau dan memberikan contoh tentang gerakan rompi kuning yang terjadi di Prancis. 

"Prof Mahfud yang namanya greenflation atau inflasi hijau itu, ya kita kasih contoh yang simpel aja, demo rompi kuning di Prancis, bahaya sekali, sudah memakan korban, ini harus kita antisipasi jangan sampai terjadi di Indonesia," tutur dia.

Selain itu, Gibran juga menekankan bahwa transisi ke energi hijau harus dilakukan dengan hati-hati dan Indonesia perlu belajar dari negara-negara maju. 

"Kita belajar dari negara maju, negara maju aja masih ada tantangan-tantangannya, intinya transisi menuju energi hijau itu harus super hati-hati, jangan sampai malah membebankan R and D yang mahal, proses transisi yang mahal ini kepada rakyat kecil, itu maksud saya inflasi hijau, Prof Mahfud," kata dia.

Namun, Mahfud menganggap penjelasan Gibran kurang jelas sehingga dia menolak memberikan tanggapan atas pertanyaan tersebut. 

"Saya juga ingin mencari tuh, jawabannya ngawur juga. Ngarang-ngarang nggak karuan, mengkaitkan dengan sesuatu yang tidak ada," kata Mahfud.

Mahfud menganggap pertanyaan tentang greenflation tidak penting dan tidak memerlukan jawaban.

Kalau akademis itu, gampangnya kalau yang bertanya seperti itu tuh recehan. Oleh sebab itu, itu tidak layak dijawab menurut saya, dan oleh sebab itu saya kembalikan ke moderator," kata Mahfud.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter