Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Gibran Penuhi Panggilan Bawaslu Terkait Bagikan Susu di Car Free Day

Gibran Penuhi Panggilan Bawaslu Terkait Bagikan Susu di Car Free Day
Gibran Penuhi Panggilan Bawaslu Terkait Bagikan Susu di Car Free Day.


SwaraWarta.co.id - Gibran Rakabuming Raka yang merupakan sosok calon wakil presiden nomor urut dua, memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat pada Rabu (03/01/2024).

Pasalnya, Gibran diajak untuk memberikan klarifikasi terkait aksi kontroversialnya saat membagi-bagikan susu pada acara hari bebas kendaraan (car free day) di Jakarta pada awal Desember 2023.

Tindakan yang awalnya dianggap sebagai pemberian santunan ini, kini tengah disorot sebagai potensi pelanggaran aturan kepemiluan.

Keberadaan Gibran di Bawaslu sebenarnya sempat terkatung-katung, namun pada akhirnya, dia menjawab panggilan lembaga pengawas pemilu tersebut sekitar pukul 13.35 WIB pada siang hari itu, setelah adanya pemanggilan ulang dari Bawaslu.

Aksi Gibran membagikan susu ini telah menciptakan gelombang reaksi di tengah masyarakat.

Sebagian memandang tindakannya sebagai pelanggaran terhadap norma-norma pemilihan umum. Meskipun Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran berpendapat bahwa tindakan tersebut tidak melanggar aturan kepemiluan, opini publik tetap bertebaran.

Adapun, Ketua Bawaslu Jakarta Pusat, Christian Nelson Pangkey, menyatakan bahwa peristiwa tersebut "bukan pelanggaran pidana Pemilu."

Meski begitu, Christian menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melewatkan dugaan pelanggaran terhadap peraturan lainnya yang mungkin terkait.

Salah satunya adalah Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 yang secara tegas melarang hari bebas kendaraan bermotor digunakan sebagai wadah kampanye.

Dalam upaya klarifikasi, Gibran menegaskan bahwa ia tidak melakukan kampanye selama acara tersebut.

Putra sulung Presiden Joko Widodo ini mengklaim tidak membawa atribut atau ajakan kampanye kepada warga. Meski begitu, nasib Gibran terkait kunjungannya ke Bawaslu Jakarta Pusat masih menjadi tanda tanya.

Media juga melaporkan bahwa Gibran hadir di kantor Bawaslu Jakpus dengan didampingi sejumlah tokoh pimpinan TKN Prabowo-Gibran, termasuk Habiburokhman, Hinca Pandjaitan, dan Fritz Siregar, yang sudah lebih dulu tiba di lokasi. Apakah kunjungan ini akan membawa jawaban atau malah meninggalkan banyak pertanyaan, masih menjadi misteri yang perlu dipecahkan.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter