Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Hal Apa yang Perlu Dilakukan Sebelum Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

Hal Apa yang Perlu Dilakukan Sebelum Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
Hal Apa yang Perlu Dilakukan Sebelum Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran.


SwaraWarta.co.id - Alur tujuan pembelajaran (ATP) bagaikan peta bagi petualangan belajar. Merancangnya dengan baik memastikan siswa mencapai tujuan akhir, bukan tersesat di belantara materi.

Namun, sebelum terjun ke penyusunan ATP, ada langkah persiapan penting yang perlu dijalani.

Mari simak empat langkah untuk membangun landasan kokoh sebelum memvisualisasikan alur pembelajaran siswa:

1. Mengenali dan Pahami Siswa Anda

Bayangkan peta dibuat tanpa mempertimbangkan kemampuan navigator. Begitu pula dengan ATP. Sebelum merancangnya, kenali dulu siswa Anda. Identifikasi latar belakang, gaya belajar, dan pengetahuan awal mereka terhadap materi.

Pertimbangkan juga kebutuhan dan minat mereka. Apakah mereka membutuhkan pendekatan visual? Apakah mereka cenderung belajar mandiri atau kolaboratif? Pemahaman ini membantu Anda merancang ATP yang mengakomodasi kebutuhan individual dan memicu semangat belajar.

2. Analisis Capaian Pembelajaran

Setiap petualangan memiliki tujuan akhir. Begitu pula dengan pembelajaran. Pelajari capaian pembelajaran (CP) yang ingin dicapai siswa.

CP biasanya tertuang dalam kurikulum dan memuat kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan dikuasai. Analisis CP secara mendalam untuk memahami esensi dan kedalaman kompetensi yang harus diraih. Ini menjadi panduan untuk menentukan tujuan pembelajaran tiap tahap dalam ATP.

3. Identifikasi Kompetensi Prasyarat

Perjalanan yang lancar mengharuskan jalan bebas rintangan. Begitu pula dengan ATP, pastikan siswa memiliki kompetensi prasyarat sebelum melangkah ke tujuan pembelajaran berikutnya.

Identifikasi kompetensi yang dikuasai dari fase sebelumnya atau pembelajaran lain yang berkaitan. Kenali kesenjangan kompetensi yang mungkin ada dan persiapkan strategi untuk mengatasinya. Ini bisa berupa kegiatan remedial, pengantar singkat, atau penyesuaian alur pembelajaran.

4. Menyesuaikan dengan Profil Pelajar Pancasila

Tidak lengkap perjalanan tanpa pengalaman mengesankan. Begitu pula dengan ATP, jangan lupa bumbui pembelajaran dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.

Analisa CP dan cari kaitannya dengan elemen Profil Pelajar Pancasila, seperti bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong, dan berkebinekaan global. Jalin nilai-nilai ini dalam aktivitas pembelajaran, tugas, dan penilaian. 

ATP yang kaya nilai bukan hanya menuntun siswa mencapai tujuan, tapi juga membentuk karakter dan jati diri mereka.

Dengan menjalani langkah-langkah persiapan ini, Anda telah membangun landasan kokoh untuk menyusun ATP yang efektif dan inovatif. Ingatlah, peta yang baik tidak hanya menunjukkan arah, tetapi juga memicu rasa ingin tahu dan semangat berpetualang. Jadi, buatlah ATP yang mengantarkan siswa ke tujuan pembelajaran sambil menghadirkan petualangan belajar yang bermakna!

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter