Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jokowi Resmikan Bandar Udara di Ibu Kota Nusantara

Jokowi Resmikan Bandar Udara di Ibu Kota Nusantara

Jokowi Resmikan Bandar Udara di Ibu Kota Nusantara.



SwaraWarta.co.id - Presiden Jokowi memulai kunjungannya ke Ibu Kota Nusantara dengan meresmikan pembangunan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pagi hari.

Jokowi berharap Bandara IKN, yang dianggarkan sebesar Rp4,3 triliun, dapat digunakan pada pertengahan tahun 2024 dan beroperasi penuh pada akhir tahun 2024.

Jokowi menyatakan dalam sambutannya, "Ditargetkan akan beroperasi penuh di Desember 2024, tetapi sudah bisa digunakan nanti di bulan Juni 2024."

Menurutnya, mengingat kegiatan dan mobilitas yang semakin padat di IKN, kehadiran Bandara IKN ini sangat penting. Dia juga mengatakan bahwa kehadiran Bandara ini akan membuat konektivitas antar wilayah menjadi lebih mudah dan terbuka.

Dia menjelaskan, "Saya yakin Bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, persaingan, pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah, dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses."

Presiden menyatakan bahwa Bandara IKN adalah bandara khusus yang membantu kegiatan pemerintah dan konektivitas di Ibu Kota Nusantara. Dengan luas 347 hektare, bandara IKN ini memiliki landas pacu 3.000 x 45 meter yang dapat menampung pesawat berbadan lebar.

Selain itu, terminal seluas 7.350 meter persegi memberikan layanan yang nyaman bagi penumpang, kata dia.

Jokowi juga melihat pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan IKN dengan Balikpapan. Jalan tol ini diharapkan dapat mempersingkat waktu perjalanan dari Balikpapan ke IKN dari dua jam lima belas menit menjadi sekitar lima puluh menit.

Sekarang dibangun jalan tol langsung dari Balikpapan ke Nusantara, yang hanya memakan waktu kira-kira 50 menit dan berjarak 57 kilometer. Ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang ke Nusantara nantinya, kata dia.

Dia menyatakan bahwa kemajuan pembangunan jalan raya ini telah mencapai hampir 55%. Ia berharap jalan raya ini dapat digunakan pada pertengahan tahun depan. Dia mengatakan, "Diharapkan nanti di bulan Juni 2024 sudah dapat digunakan."

Jokowi melakukan peletakan batu pertama Mayapada Hospital Nusantara selain dua proyek infrastruktur tersebut.

Untuk mendukung pembangunan IKN dan menjadi ibu kota negara pertama di dunia yang mengadopsi konsep kota hutan, rumah sakit kedua yang akan dibangun di IKN akan menggunakan konsep hijau. Diharapkan rumah sakit ini beroperasi penuh pada semester kedua tahun depan.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter