Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Khofifah Indar Parawansa Beri Dukungan Prabowo-Gibran, Benarkah Sinyal Kemenangan di Jawa Timur

 

Khofifah Indar Parawansa Beri Dukungan Prabowo-Gibran, Benarkah Sinyal Kemenangan di Jawa Timur
Potret Khofifah Indar Parawansa (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Khofifah Indar Parawansa, menyatakan dukungan kepada pasangan calon presiden nomor urut 02, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, dalam Pilpres 2024. 

Dukungan ini bisa berdampak besar terhadap peta suara di Jawa Timur, terutama suara dari kalangan Nahdliyin.

Seorang ahli politik dari Universitas Brawijaya, Wawan Sobari, mengatakan bahwa kehadiran Khofifah dalam tim pemenangan Prabowo-Gibran secara resmi dan potensial sebagai jurkamnas bisa mengubah peta suara di Jawa Timur, khususnya dari kalangan Nahdliyin.

"Tentunya dengan Bu Khofifah declare mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 akan mengubah peta suara di Jawa Timur. Khususnya suara NU," ujar pengamat politik dari Universitas Brawijaya Wawan Sobari Rabu (10/1/2024).

Posisi Khofifah sebagai Ketua Muslimat, organisasi yang memiliki basis kuat di kalangan Muslim di Indonesia, sangat strategis. 

"Posisi Bu Khofifah sebagai Ketua Muslimat cukup strategis. Jika tanda petik Bu Khofifah bisa menggerakkan Muslimat untuk mendukung Prabowo-Gibran" tutur dosen FISIP UB ini.

Jika organisasi ini mendukung Prabowo-Gibran, maka akan signifikan bagi arus dukungan yang cenderung mendukung paslon lain, seperti Ganjar-Mahfud.

"Kalau Pak Mahfud tidak selalu identik dengan orang NU, tapi bagaimanapun Pak Mahfud secara kultural cukup dekat dengan NU dibandingkan dengan organisasi massa lain," imbuhnya.

Keberadaan Khofifah di tim pemenangan juga dapat membuat suara dari kalangan Nahdliyin terpecah di antara ketiga paslon. 

Namun, jika Muslimat turut mendukung Prabowo-Gibran, maka akan ada perubahan peta suara yang signifikan.

Wawan memperkirakan bahwa Muslimat akan menggalang suara di wilayah-wilayah basis tradisional PDI Perjuangan, seperti Blitar, Tulungagung, dan Trenggalek. 

Namun demikian, target organisasi ini sebenarnya adalah basis-basis tradisional PDIP atau kaum nasionalis di Indonesia.

Dalam pengumuman resminya, Khofifah menegaskan kesiapannya bergabung dalam tim pemenangan Prabowo-Gibran dan bahkan siap menjadi jurkamnas untuk memenangi Pilpres 2024.

"Insyaallah saya sudah siap, sesuai janji saya Januari awal sepulang saya umrah. Saya menyampaikan posisi dukungan saya dan saya mendukung paslon 02," kata Khofifah di VVIP Juanda Surabaya di Sidoarjo, Rabu (10/1/2024).



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter