Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Kiat Rumah Tangga Harmonis ala Rasulullah

Kiat rumah Tangga Harmonis
Rumah Tangga Harmonis ala Rasulullah-SwaraWarta.co.id (Sumber: Islampos)


SwaraWarta.co.id - Pentingnya membina rumah tangga harmonis ala Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak dapat dipandang sebelah mata.

Beliau telah memberikan teladan yang sangat berharga bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah harmoni antara suami dan istri, dengan suami berperan sebagai pahlawan di rumah yang berusaha membahagiakan istrinya.

Sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, "Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah."

Pernyataan ini menegaskan pentingnya peran istri dalam menjaga harmoni rumah tangga.

Oleh karena itu, para suami diajak untuk memberikan kebahagiaan kepada istri mereka, mengingat istri memiliki peran penting dalam membawa ketenangan dan kesejukan di dalam rumah.

Berikut adalah beberapa kiat praktis yang dapat diambil dari ajaran Rasulullah untuk membina rumah tangga harmonis:

1. Jagalah Penampilanmu:

Salah satu faktor penunjang harmoni rumah tangga adalah menjaga penampilan.

Baik suami maupun istri sebaiknya selalu berusaha untuk tampil rapi dan bersih.

Rasulullah sendiri adalah contoh tauladan dalam kebersihan lahir dan batin.

Beliau menyenangi wangi-wangian dan mengajurkan umatnya untuk menggunakan siwak, menciptakan suasana yang segar dan bersih di dalam rumah tangga.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sekiranya tidak menyusahkan kaum mukminin, niscaya akan aku suruh mereka untuk bersiwak pada setiap (akan) shalat." (HR Muslim)

2. Berkomunikasi dengan Baik:

Komunikasi yang baik merupakan pondasi penting dalam rumah tangga harmonis. Suami dan istri sebaiknya saling mendengar, memahami, dan menghargai satu sama lain.

Rasulullah dikenal sebagai sosok yang sangat bijaksana dalam berkomunikasi, memberikan teladan bagi umatnya untuk saling mendukung dan menghormati.

Kiat Rumah Tangga Harmonis
Rumah Tangga Harmonis-SwaraWarta.co.id (Sumber: Freepik)



3. Perhatikan Kesejahteraan Emosional:

Rasulullah menunjukkan kepekaan terhadap kesejahteraan emosional anggota keluarga.

Beliau memberikan perhatian kepada istri dan anak-anaknya, menciptakan lingkungan yang penuh kasih sayang dan perhatian di dalam rumah tangga.

4. Bersikap Lemah-lembut:

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah teladan kesantunan dan kelembutan.

Suami dan istri diajarkan untuk bersikap lemah-lembut satu sama lain, menciptakan suasana yang penuh kasih dalam keluarga.

Menerapkan kiat-kiat ini sejalan dengan ajaran Rasulullah dapat membantu membina rumah tangga yang harmonis dan penuh berkah.

Dengan menjaga penampilan, berkomunikasi dengan baik, memperhatikan kesejahteraan emosional, dan bersikap lemah-lembut, pasangan muslim dapat menjalani kehidupan berumah tangga sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter