Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

4 Keutamaan Malam Nifsu Syaban yang Sangat Istimewa, Apa Saja?

 

4 Keutamaan Malam Nifsu Syaban yang Sangat Istimewa, Apa Saja?
Keutamaan malam Nifsu Syaban (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Malam Nisfu Syaban adalah malam yang sangat istimewa dan dianggap selalu penuh berkah menurut keyakinan umat Muslim. 

Malam ini terjadi setiap tahun pada hari ke-15 bulan Syaban tahun Hijriyah. Banyak umat muslim yang mempergunakan malam ini untuk beribadah dan berdoa kepada Allah SWT.

Keutamaan Malam Nifsu Syaban 

Terdapat beberapa keutamaan yang terkait dengan malam Nisfu Syaban dan merupakan hal penting bagi umat Muslim. 

1. Dikabulkannya Doa

Salah satu di antaranya adalah dikabulkannya setiap doa yang dipanjatkan pada malam ini. 

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Al Bahili, Rasulullah bersabda, 

عن أبي أمامة الباهلي قال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: خمس ليال لا ترد فيهن الدعوة، أول ليلة من رجب، وليلة النصف من شعبان، وليلة الجمعة، وليلة الفطر، وليلة النحر.

Nabi bersabda: "Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya: malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan Malam Idul Adha"

2. Peralihan Kiblat

Selain itu, pada malam Nisfu Syaban terjadi peralihan kiblat yang sangat dinantikan oleh umat Muslim. 

Pada malam ini, arah kiblat diubah dari Masjid Al-Aqsha ke Masjidil Haram. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Baqarah ayat 144, yang berbunyi, 

قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ

Artinya: Sungguh Kami melihat wajahmu kerap menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkanmu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram.

3. Pembagian Rezeki

Selain itu, pada malam Nisfu Syaban juga diyakini terdapat keutamaan pembagian rezeki. 

Seringkali, banyak umat muslim yang mengambil waktu untuk berdoa agar rezeki mereka diberikan oleh Allah SWT. 

4. Terdapat 300 Pintu Rahmat

Selain itu, pada malam Nisfu Syaban juga terdapat 300 pintu rahmat dan ampunan yang dibuka oleh Allah SWT, sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang menyebutkan Jibril datang kepad Nabi Muhammad SAW dan berkata, 

"Jibril telah datang kepadaku pada malam Nisfu Syaban lalu berkata, 'Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat, oleh karena itu, bangunlah dan dirikanlah shalat, serta angkatlah kepalamu dan kedua tanganmu ke langit (Berdo'a).' Kemudian Nabi bertanya, 'Apakah arti malam ini?' Jibril pun menjawab, 'Malam ini telah dibuka 300 pintu rahmat dan pintu ampunan, Allah SWT orang akan mengampuni dosa sekalian yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu. Kecuali ahli sihir, tukang ramal, orang yang suka bermusuhan, orang yang suka mengadu domba, pemabuk, orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, dan orang yang memutuskan silaturahmi. Mereka tidak akan diampuni oleh Allah SWT'."

Dalam catatan sejarah, dalam masyarakat Islam, diyakini bahwa pada malam Nisfu Syaban juga terdapat sisi magis dan mistis. 

Banyak orang Islam yang memaknai malam tersebut sebagai malam yang keramat dan memiliki makna yang sangat penting. 

Namun, seharusnya, umat muslim dalam menjalankan lagiannya seharusnya tetap mengedepankan nilai-nilai yang benar dan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Kesimpulannya, malam Nisfu Syaban memiliki banyak keutamaan yang sangat penting bagi umat Muslim. 

Oleh karena itu, banyak umat muslim yang memanfaatkan malam ini untuk membaca Al-Qur'an, beribadah, berdoa, serta memperbanyak amalan baik agar dosa diampuni oleh Allah SWT.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter