Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Menu Sahur yang Cocok Ibu Hamil, Benarkah Aman Bagi Janin?

 

5 Menu Sahur yang Cocok Ibu Hamil, Benarkah Aman Bagi Janin?
Menu sahur untuk ibu hamil (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Ibu hamil yang ingin berpuasa selama bulan Ramadan perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak mengganggu kesehatan mereka dan janin yang dikandung. 

Rekomendasi Menu Sahur untuk Ibu Hamil

Kondisi kesehatan ibu hamil perlu memadai agar tidak menimbulkan masalah seperti hipoglikemia atau dehidrasi.

Selain itu, pemilihan menu sahur yang tepat juga perlu diperhatikan agar ibu hamil tetap mendapatkan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh selama puasa. 

Namun, makanan yang dikonsumsi tidak boleh asal-asalan karena dapat berpengaruh pada pemenuhan nutrisi vital selama kehamilan.

1. Telur Orak-arik dan Roti Gandum

Sebagai panduan, ada beberapa rekomendasi menu sahur sehat untuk ibu hamil yang bisa dicoba, seperti telur orak-arik dan roti gandum.

Menu ini mengandung protein dan lemak dengan kualitas tinggi, serta memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin dalam kandungan. 

Roti gandum juga kaya akan serat yang mencegah sembelit selama kehamilan. Oleh karena itu, menu ini sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

2. Nasi Goreng Beras Merah

Selain itu, nasi goreng beras merah yang kaya akan serat dan kaya akan kalori juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan energi selama puasa. 

Meksipun nasi merah termasuk dalam menu berat, namun tidak menyebabkan berat badan bertambah. Oleh karena itu, nasi goreng merah cocok untuk ibu hamil. 

3. Tumis Brokoli

Tumis brokoli merupakan pilihan sayuran yang tepat untuk ibu hamil karena kaya akan kalsium dan asam folat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan otak janin. 

Tumis brokoli juga mudah diolah dan praktis untuk sahur. Selain itu, tumis brokoli juga kaya akan vitamin.

4. Daging Sapi Rendah Lemak

Daging sapi rendah lemak juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena membantu memenuhi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan janin dan mencegah persalinan prematur. 

Ibu hamil bisa mengolah daging tersebut menjadi berbagai jenis makanan untuk sahur.

5. Pisang dan Alpukat

Untuk menu buah-buahan, pisang dan alpukat bisa menjadi pilihan yang tepat karena tinggi akan serat dan asam folat.

Kandungan tersebut dapat membantu mencegah kelaparan saat puasa dan meredakan kaki kram yang kerap terjadi selama kehamilan.

Namun, tak hanya memilih menu sahur yang tepat, ibu hamil juga perlu memperhatikan saat berbuka puasa agar tidak mengonsumsi makanan yang berlebihan atau tidak sehat. 

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Dengan memperhatikan pemilihan makanan saat sahur dan berbuka puasa, ibu hamil tetap dapat menjalankan ibadah puasa namun tanpa membahayakan janin.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter