Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Malam Penuh Ampunan, Ini Dia Doa yang Bisa Dibaca saat Malam Lailatul Qadar

Malam Penuh Ampunan, Ini Dia Doa yang Bisa Dibaca saat Malam Lailatul Qadar
Doa malam Lailatul Qadar (Dok. Istimewa)


 SwaraWarta.co.id - Malam Lailatul Qadar merupakan salah satu malam yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia. 

Dalam bahasa Arab, Lailatul Qadar berarti "Malam Kesemestaan" atau "Malam Kemuliaan". 

Malam yang dibutuhkan oleh umat muslim ini disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai malam yang sangat istimewa dan sangat penting.

Dikatakan bahwa pada malam Lailatul Qadar, bacaan Al-Qur'an dikaruniai keberkahan dan pahalanya lebih baik daripada membaca Al-Qur'an selama seribu bulan. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS. Al Qadar ayat 1-5

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ ١ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ ٢ لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ ٣ تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ ٤ سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ ٥

Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur'an pada malam lailatul qadar, tahukah engkau apakah malam lailatul qadar itu ? Malam lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar." (QS Al Qadr: 1-5)

Oleh sebab itu, pada malam itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak bacaan Al-Qur'an serta zikir dan doa-doa. 

Selain itu, pada malam itu juga dikatakan bahwa malaikat-malaikat turun ke bumi untuk mengawasi kegiatan umat manusia.

Namun, satu hal yang menjadi permasalahan adalah bahwa tanggal pasti malam Lailatul Qadar tidak diketahui dengan pasti. 

Namun, dijelaskan dalam hadis bahwa malam Lailatul Qadar terdapat pada tujuh malam terakhir di bulan Ramadan

Oleh karena itu, umat muslim diwajibkan untuk berusaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya pada malam-malam tersebut.

Doa Malam Lailatul Qadar 

Salah satu bacaan yang dianjurkan pada malam Lailatul Qadar adalah doa yang diambil dari hadis yang diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah RA, yakni:

وَعَنْ عائشة رضي الله عنها: قالت: «قلت: يا رسولَ الله إِنْ وَافَقْتُ ليلةَ القَدْرِ ، ما أَدْعُو به؟ قال: قُولي: اللهم إنك عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُ الْعَفْوَ فاعْفُ عَنِّي» أخرجه الترمذي

Artinya: "Dari sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, ia pernah bertanya, 'Wahai Rasulullah, jika aku kedapatan menjumpai lailatul qadar, bagaimana doa yang harus kubaca?' Rasulullah saw menjawab, 'Bacalah, 'Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annī,''" (HR At-Tirmidzi).

 Umat muslim dianjurkan memperbanyak doa ini dan menjalankan amalan-amalan yang baik serta menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan penuh makna.

Malam Lailatul Qadar juga merupakan malam yang sangat dihormati oleh umat muslim. 

Oleh karena itu, diharapkan umat muslim menghormati malam tersebut dengan cara membacakan bacaan Al-Qur'an, berzikir dan berdoa, dan mengerjakan amalan-amalan baik di tempat-tempat yang suci dan terhormat.

Dalam rangka memanfaatkan momen penting ini, sangat disarankan bagi umat muslim untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki malam Lailatul Qadar dengan cara meningkatkan ibadah dan melakukan amalan kebajikan.

Semoga pengakuan akan malam Lailatul Qadar ini dapat membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi umat muslim di seluruh dunia.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter