Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

BPBD Natuna Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan di Bunguran Selatan

Kebakaran Hutan di Natuna
Kebakaran Hutan di Natuna-SwaraWarta.co.id (Sumber: Detik)


SwaraWarta.co.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Bunguran Selatan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD, Zulheppy, menyatakan bahwa kebakaran terjadi pada Selasa sore (20/2) dan telah menghanguskan tujuh hektare lahan dan hutan di wilayah tersebut.

Zulheppy menjelaskan bahwa pihaknya mendapat informasi sekitar jam lima sore kemarin dan memperkirakan api bisa dipadamkan sekitar pukul 20.00 WIB.

Tidak ada yang menyebutkan sebab pastinya terjadi kebakaran hutan ini. Banyak kemungkinan dari mulai pembakaran lahan baru untuk ditanami, atau cuaca panas yang menyebabkan gesekan panas pemicu percikan api secara alami.

Kebakaran hutan di beberapa daerah pada saat waktu sebelumnya, terutama musim kemarau yang kering kerap terjadi.

Namun, untuk saat ini yang di beberapa daerah sudah memasuki musim penghujan membuat kejadian alam tersebut mulai berkurang.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa, dan lahan yang terkena dampak kebakaran jauh dari pemukiman penduduk.

Saat kebakaran terjadi, kabut asap sempat menghalangi jarak pandang, dan lokasi kebakaran dekat dengan jalan raya.

Namun, kondisi tersebut segera ditangani oleh tim pemadam, meskipun pengendara sempat terhalang oleh asap.

Penanganan kebakaran melibatkan berbagai unsur, termasuk BPBD, Personel Dinas Pemadam Kebakaran Natuna, Babinsal, Bhabinkamtibmas, dan Personel Kodim 0813 Natuna.

Zulheppy mengimbau masyarakat yang membuka lahan perkebunan untuk selalu menjaga api guna meminimalisir risiko kebakaran hutan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Kadisdamkar) Kabupaten Natuna, Syawal, juga menurunkan tim untuk membantu menangani kejadian tersebut.

Menurut informasi, pihaknya juga menurunkan tim guna membantu mempercepat pemadaman api.

Dengan kerjasama tim, akhirnya api berhasil dipadamkan, dan harapannya adalah agar kejadian serupa tidak terulang kembali.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter