Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Gibran Menang di Solo TPS Tempatnya Melakukan Pencoblosan

 

Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda saat menggunakan hak pilihnya di salah satu TPS Solo
Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda saat menggunakan hak pilihnya di salah satu TPS Solo
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, berhasil memenangkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34 di Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah pada Rabu (14/2). 

TPS tersebut adalah tempat Gibran menyalurkan hak pilihnya. Dalam hasil perhitungan suara, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) hanya mendapat 6 suara, sementara Prabowo-Gibran memperoleh 110 suara, dan Ganjar Mahfud meraih 53 suara. 

Ada 2 suara yang dinyatakan tidak sah, sehingga jumlah pemilih yang terdaftar di TPS tersebut adalah 182 orang.

Sebelumnya, Gibran menjadi kontestan Pilpres terakhir yang menggunakan hak suaranya di TPS Manahan. 

Ia tiba di TPS bersama istrinya, Selvi Ananda, sekitar pukul 11.07 WIB, yang relatif lebih siang daripada calon presiden-cawapres lainnya.

Saat itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga telah menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing. 

Bahkan pasangan Prabowo-Gibran juga telah mencoblos di TPS 033 dekat rumah mereka sekitar pukul 08.57 WIB.

"Ya enggak apa apa kan, sama aja datang pagi, datang siang," kata Gibran usai mencoblos.

Gibran mengaku tidak ada maksud khusus di balik kedatangannya ke TPS siang hari dan bahwa ia tidak menyiapkan apapun sebelum pergi ke TPS. 

"Enggak ada persiapan khusus. Datang, coblos, pulang," katanya.

Setelah mencoblos, ia langsung pulang ke kediamannya di Kelurahan Sumber. Gibran, yang saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, menyatakan bahwa proses Pemilihan Umum di Solo berjalan dengan tertib dan lancar.

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024 di TPS 002 di Jalan Slamet RT 5 RW 1 Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungmungkur, Kota Semarang. 

Mantan jenderal bintang tiga ini tiba di TPS sekitar pukul 09.30 WIB saat kondisi hujan gerimis. 

Nana bergabung dengan warga lain dalam antrean tanpa perlakuan khusus. Bagi Nana, Pemilu 2024 adalah pemilu pertama sejak pensiun dari Polri pada 2023, sehingga ia merasa senang bisa memberikan kontribusi suaranya sebagai bentuk tanggung jawab sebagai warga negara yang baik.

"Sebagai warga negara yang baik, saya mempunyai hak untuk memilih dan tadi sudah kami laksanakan. Ini merupakan suatu bentuk partisipasi saya selaku warga, dan ini saya lakukan dengan senang hati. Karena ini baru pertama kali saya lakukan selaku pemilih pemula," tuturnya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter