Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pohon Jati yang Bernilai Tinggi Banyak Ditemukan di Wilayah? Simak Informannya!

 

Pohon Jati yang Bernilai Tinggi Banyak Ditemukan di Wilayah? Simak Informannya!
Kayu jati yang memiliki banyak manfaat (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Indonesia terkenal sebagai penghasil kayu jati terbaik di dunia karena kayu jati Indonesia memiliki serat dan tekstur yang unik serta tahan lama dan awet. 

Kayu jati digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk membuat mebel atau furniture, kerajinan tangan, dan konstruksi.

4 Daerah Penghasil Kayu Jati Terbesar di Indonesia 

Kayu jati asal Indonesia diekspor ke banyak negara di seluruh dunia, seperti ke Amerika Serikat, Jepang, Inggris, dan negara-negara di Eropa. 

Nah, bagi kalian yang ingin mengenal lebih lanjut tentang daerah penghasil kayu jati di Indonesia, berikut kami sajikan informasi lebih lengkapnya.

1. Jawa Tengah

Jawa Tengah telah lama dikenal sebagai penghasil kayu jati terbaik di Indonesia. Kayu jati dari Jawa Tengah selalu menjadi komoditas ekspor yang paling diminati oleh pasar internasional.

Kabupaten Blora di Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kayu jati terbesar dan memiliki kualitas kayu jati terbaik di Indonesia. 

Kayu jati asal Blora diakui keunggulannya oleh banyak ahli dan menjadi andalan pasar internasional.

2. Jawa Timur

Jawa Timur juga menghasilkan kayu jati dalam jumlah yang cukup besar dan berkualitas tinggi. 

Terdapat beberapa tempat di Jawa Timur yang menjadi daerah penghasil kayu jati, namun Bojonegoro adalah salah satu daerah yang paling terkenal sebagai penghasil kayu jati terbaik di Jawa Timur.

Kayu jati Bojonegoro dikenal dengan seratnya yang halus dan warnanya yang seragam sehingga banyak dipilih sebagai bahan pembuatan mebel atau furniture berkualitas tinggi.

3.Sulawesi Tenggara

Selain di pulau Jawa, Sulawesi Tenggara juga dikenal sebagai penghasil kayu jati terbaik di Indonesia. 

Pohon jati di daerah ini berasal dari bibit yang sama dengan wilayah Jawa, sehingga kualitas kayu jati di Sulawesi Tenggara tidak perlu diragukan lagi.

Kebanyakan pohon jati di Sulawesi Tenggara masih berada di wilayah Kabupaten Buton Selatan. 

Kayu jati Sulawesi Tenggara memiliki serat dan warna yang seragam serta tahan lama sehingga banyak diminati masyarakat.

4.Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan merupakan daerah penghasil kayu jati yang masih baru karena baru ditanami sejak tahun 1970-an. 

Namun demikian, Sulawesi Selatan menghasilkan kayu jati dengan kualitas terbaik meski tidak sebanyak daerah penghasil kayu jati lainnya.

Beberapa wilayah di Sulawesi Selatan yang ditanami pohon kayu jati adalah Bone, Enrekang, Billa, Sidrap, dan Soppeng. 

Proses reboisasi pada wilayah kosong bertujuan untuk menanam kembali pohon atau tumbuhan pada lahan yang kosong sebagai upaya menyeimbangkan ekosistem kehidupan.

Dengan banyaknya daerah penghasil kayu jati terbaik di Indonesia, maka tidak heran jika kayu jati menjadi salah satu komoditas unggulan di Indonesia yang sering diekspor ke berbagai negara di dunia.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter