Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Candi Bangkal : Keunikan dan Sejarahnya

 

Candi Bangkal
Candi Bangkal
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Candi Bangkal merupakan sejarah yang menarik untuk dijelajahi dan dipelajari.

Candi Bangkal ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Dusun Bangkal, Desa Candiharjo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. 

Candi Bangkal menonjolkan keunikan di mana setiap sisinya berhias kepala kala yang melambangkan penangkal kekuatan jahat.

Keunikan Candi Bangkal

Bangunan Candi Bangkal menjulang tinggi dan terlihat seperti menara. Bagian dari atap candi yang mirip dengan atap Candi Bajang Ratu telah roboh dan hanya sebagian kecil yang masih bisa disaksikan. 

Selain itu, terdapat susunan batu bata sebagai candi perwara dan pembatas yang mengelilingi bangunan candi. 

Namun, sayangnya tidak diketahui kapan candi ini dibangun karena ketiadaan sumber sejarah yang membahas bangunan ini.

Fungsi Candi Bangkal

Meskipun sulit untuk dipastikan kapan pembangunannya dilakukan, para ahli memperkirakan bahwa Candi Bangkal dibangun pada masa Kerajaan Majapahit untuk keperluan upacara keagamaan. 

Hal ini disebabkan karena candi ini dibangun menghadap barat. Terlebih lagi, bagian dalam candi ini kosong tanpa arca, demikian pula pada kelima relung yang mengelilingi fasad candi. 

Oleh karena itu, para ahli kesulitan untuk menentukan corak agama yang melandasi pendirian Candi Bangkal.

Candi Bangkal memiliki pahatan yang menarik dan unik. Posisi kala pada Candi Bangkal sangat jarang ditemukan pada percandian di Jawa. 

Relief kala biasanya ditempatkan di atas pintu, jendela, atau relung pada candi. Di Candi Bangkal, kala diletakkan pada setiap sisi bangunan. 

Selain itu, pada bagian kaki Candi Bangkal, terdapat hiasan tapak dara berjajar yang dihubungkan dengan garis horizontal seperti pengikatannya. 

Di bagian badan candi, terdapat relief kelopak bunga yang diukir meliuk-liuk. Di bagian dalamnya, terdapat batu sungkup berhias tokoh penunggang kuda yang dikelilingi sinar matahari.

Kendati sejarah dan keunikan Candi Bangkal masih menjadi misteri, bangunan ini tetap dijaga dan perlu dirawat agar seni dan budaya yang terkandung dalam bangunan ini tetap dilestarikan. 

Candi Bangkal dapat menjadi objek wisata sejarah yang menarik bagi masyarakat, khususnya bagi pecinta sejarah. 

Melihat keelokan candi yang bukan hanya arsitektural tetapi juga keunikan pahatannya pasti akan membawa kita terlempar ke masa-masa yang bersejarah dan penuh warna di masa lalu. 

Oleh karena itu, mari kita jaga dan sungguh-sungguh memerhatikan candi-candi peninggalan sejarah yang ada di Indonesia, termasuk Candi Bangkal.

Cara Menuju Candi Bangkal

Untuk menuju ke Candi Bangkal, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum seperti bus atau angkutan kota.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti rute Surabaya - Mojokerto - Jombang, kemudian setelah melewati perbatasan Ngoro-Jombang, belok kanan menuju Dusun Bangkal. 

Kemudian, ikuti jalan setapak menuju Candi Bangkal yang sudah tersedia.

Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus atau angkutan kota dari Terminal Bungura



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter