Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

7 Cara agar Khatam Alquran di Bulan Ramadhan, Wajib Tau Biar Pahala Ngalir Mulu

 

Ilustrasi orang baca Al Quran
Ilustrasi orang baca Al Quran
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Cara agar Khatam Alquran di bulan ramadhan banyak diterapkan oleh umat muslim. 

Pasalnya cara agar Khatam Alquran di bulan ramadhan bisa menambah keimanan dalam diri seseorang. 

Tidak hanya itu saja, cara agar Khatam Alquran di bulan ramadhan bisa juga menambah pahala selama momentum tersebut. 

Ragam Cara agar Khatam Alquran di Bulan Ramadhan

Berikut ini sejumlah cara agar Khatam Alquran di bulan ramadhan:

1. One Day One Juz

Terapkan Sistem One Day One Juz Untuk mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadhan, kamu bisa memanfaatkan Mushaf Al-Quran yang dibagi per juz atau mushaf khataman.

Setiap juz terdiri atas sekitar 11 lembar atau 22 halaman, sehingga dengan membaca 1 juz setiap hari, kamu akan mampu menyelesaikan kemudian hari sebelum Ramadhan berakhir.

2 Membaca Al-Quran Setiap Sholat 

Jika merasa kesulitan dalam menamatkan satu juz Al-Quran dalam satu waktu, terdapat tips praktis yang bisa dicoba, yaitu membagi jumlah lembar dalam satu juz Al-Quran dengan lima waktu sholat

Misalnya, jika satu juz terdiri atas sepuluh lembar, maka setelah selesai sholat, kamu bisa membaca dua lembar untuk mempercepat penyelesaian bacaan Al-Quran.

3. Baca Al-Quran 22 Halaman per Hari 

Untuk menyelesaikan bacaan Al-Quran pada akhir bulan Ramadhan, kamu bisa membagi jumlah halaman Mushaf Al-Quran yang kamu punya dan membacanya 21-22 halaman/hari.

Kamu bisa membaca pada selongsong kendaraan ketika sedang dalam perjalanan atau ketika menunggu seseorang di tempat umum.

4. Buat Tabel Target 

Kamu bisa menggunakan tabel pembagian jumlah halaman yang harus dibaca untuk mencapai target yang diinginkan setiap hari.

Misalnya, untuk menyelesaikan satu juz dengan membaca dua lembar atau empat halaman setiap selesai sholat fardhu. Dengan demikian, kamu punya panduan yang fleksibel untuk mencapai target khatam Al-Quran pada akhir bulan Ramadhan.

5.Beli Al-Quran Kecil 

Kamu bisa mengunduh aplikasi Al-Quran digital yang dapat diakses di smartphone yang dimiliki. 

Khataman Al Quran lebih mudah menggunakan Qur'an digital
Khataman Al Quran lebih mudah menggunakan Qur'an digital
( Dok. Istimewa)


Jika merasa kurang nyaman dengan Al-Quran digital, kamu bisa mencari ukuran Al-Quran kecil dengan ukuran 9 x 6 cm yang mudah dibawa ke mana-mana.

6. Baca Al-Quran Antara Adzan dan Iqamah 

Jangan biarkan waktu kosong antara adzan dan iqamah berlalu begitu saja. 

Menggunakan waktu tersebut untuk membaca Al-Quran di bulan Ramadhan bisa membantumu menyelesaikan target khatam Al-Quran.

7. Menabung Juz bagi Muslimah

Strategi bagi muslimah adalah dengan menyiapkan juz Al-Quran sebelum menstruasi datang, yang nantinya bisa ditinggalkan saat mereka tidak bisa berpuasa. 

Dalam strategi ini, kamu perlu meluangkan waktu ekstra untuk membaca Al-Quran sebelum menstruasi agar tercapai target khatam Al-Quran.

Terapkan Sanksi Jangan biarkan janji untuk mencapai target khatam Al-Quran hilang begitu saja. 

Jika gagal memenuhi komitmen tersebut, berikan sanksi pada dirimu sendiri, seperti menunda makanan enak saat saat berbuka puasa sebagai bentuk tanggung jawab.

Demikianlah beberapa tips untuk mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan. Semoga membantu kamu mencapai target yang diinginkan dan menambah keberkahan di dalam hidupmu. Salam Ramadan!



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter