Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Curug Dago, 8 Fakta Uniknya, Anda Pasti Terpukau

Curug Dago
Curug Dago - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Curug Dago, lokasinya terletak di kawasan Dago atas atau lebih tepatnya di Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Curug Dago merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang ditawarkan di tengah keberagaman tempat wisata lainnya di Kota Bandung.

Dikenal sebagai kota dengan banyak tempat wisata, mulai dari wisata edukasi hingga keindahan alam yang memukau, Bandung memang menjadi daya tarik bagi Wisatawan, tak terkecuali dengan Curug Dago-nya.

Lokasinya yang berada di area dataran tinggi, Kota Bandung menjadi rumah bagi banyak curug yang mempesona, termasuk di dalamnya adalah Curug Dago.

Meskipun sudah mulai dikenal banyak wisatawan, lokasi curug ini sendiri nampaknya masih sangat tersembunyi dan jarang diketahui banyak orang.

Karena hal inilsh yang membuat Curug Daho kurang mendapat perhatian seperti yang seharusnya.

Meski dekat dengan pusat Kota Bandung, kurangnya promosi dan perkenalan membuat Curug Dago kurang sering dikunjungi oleh pengunjung, padahal tempatnya sangat potensial.

Akan tetapi, jangan pernah berpikir kalau dengan kurangnya popularitas akan membuat pesonanya berkurang, tidak seperti itu.

Curug Dago memiliki banyak daya tarik tersendiri yang patut disimak dan dijelajahi.

Keindahan alam sekitar yang ada di titik lokasi serta suasana yang tenang menambah nilai tambah bagi pengunjung yang ingin melepaskan penat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Curug Dago menawarkan pengalaman wisata yang sangat unik dengan pesona alamnya yang tak memesona dari tempat wisata lainnya.

Air terjun yang gemerlap dan lingkungan sekitar yang hijau asri menjadi daya tarik utama yang dramatis.

Keasrian alam sekitar juga menawarkan potensi bagi para pengunjung untuk bersantai ria seraya menikmati keindahan alam yang disajikan tersebut.

Aktivitas ini memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk menjelajahi keindahan alam sekitar curug dengan cara yang lebih sehat, aktif, juga memberi kesan mendalam.

Ada terrdapat banyak spot untuk foto yang menarik, di mana para pengunjung bisa mengabadikan momen berharga mereka.

Untuk mendapatkan petualangan wisata yang memuaskan, sebaiknya pengunjung membawa bekal sendiri dari rumah masing-masing, termasuk air minum dan makanan ringan.

Ini disebabkan karena, meskipun terdapat fasilitas umum di sekitar area wisata, tetapi untuk menghemat anggaran pribadi akan membuat perjalanan Anda lebih tenang.

Dengan segala daya tarik yang dimiliki, Curug Dago menjadi destinasi baru yang layak untuk dikunjungi di Kota Bandung.

Meskipun masih relatif tersembunyi, keindahan alam serta pengalaman wisata yang unik membuat destinasi ini juga pantas mendapat perhatian lebih dari para wisatawan.

8 Hal Menarik Seputar Curug Dago


Curug Dago
Curug Dago - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Jadi, jika Anda mencari petualangan alam yang damai dan menyegarkan di tengah kebisingan dan ingar-bingar kota, Curug Dago adalah pilihan yang tepat.

Karena Curug Dago memiliki hal menarik yang Diketahui.

1. Harga Tiket Masuk Murah Meriah


Sebelum memulai perjalanan liburan, penting untuk mengetahui terlebih dahulu informasi seputar lokasi wisata yang akan dikunjungi, terutama mengenai harga tiket masuknya.

Curug Dago menawarkan harga tiket yang sangat terjangkau, murah meriah karena pengunjung hanya akan dimintai uang sebesar Rp15 ribu saja per orang.

Hal Ini tentunya menjadi pilihan yang ramah di kantong, terutama jika Anda datang bersama rombongan dan memiliki anggaran pas-pasan.

Bagi yang membawa kendaraan roda dua, seperti motor, akan dikenai tarif parkir sebesar Rp2 ribu saja, sedangkan untuk mobil dipatok dengan harga Rp5 ribu.

2. Jam Operasional yang Fleksible


Curug Dago jam operasionalnya bisa dibilang sangat fleksibel, di mana jam bukanya setiap hari, dari mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul  17.00 WIB sore.

Kelebihan ini memungkinkan tentunya membuat pengunjung bisa menyesuaikan waktu liburan mereka, bahkan jika hanya memiliki waktu luang di hari kerja.

Jadi, meskipun berada pada akhir pekan sibuk, Anda masih bisa menikmati keindahan Curug Dago tanpa merasa terbebani.

3. Daya Tarik Curug Dago


Curug Dago
Curug Dago - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Curug Dago memiliki daya tarik tak kalah dari curug lainnya dan juga tak terhindarkan yang dapat membujuk Anda untuk mengunjunginya.

Letaknya berada di kawasan dataran tinggi, suasana sejuk di sekitar curug ini menjadi magnet utama bagi para pengunjung.

Lokasinya sendiri dikelilingi oleh puncak-puncak tinggi dan akar sulur pepohonan yang subur, keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi dan asli luar biasa indahnya.

Suara air curug yang menenangkan bisa memberikan kesegaran dan ketenangan pada pikiran dan jiwa pengunjung.

Lokasinya yang jauh dari pemukiman warha semakin menambah kesan damai dan segar bagi para pengunjung yang datang.

4. Sejarah yang Menarik


Curug Dago memiliki sejarah yang unik, hal ini terkait dengan Kerajaan Thailand.

Menurut informasi, di lokasi ini ditemukan prasasti batu yang berasal dari abad ke-18, yang isinya menandakan adanya hubungan sejarah dengan Raja Chulalongkom II (Rama V) dari Thailand.

Sejarah ini mencatat kunjungannya ke Curug pada tahun 1929, dan jejak Kerajaan Thailand di tempat ini mulai dikenal secara luas sejak tahun 1989.

Pada tahun tersebut, seorang pengunjung menemukan dua batu bertulis di dekat tebing di sekitar curug, yang kemudian diabadikan melalui media cetak untuk mempublikasikan warisan sejarah yang terkandung di Curug Dago.

5. Fasilitas di Curug Dago


Di lokasi luar Curug Dago pengelola menyediakan lahan parkir yang lumayan luas untuk para pengunjung juga terdapat banyak kios makanan.

Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang membawa bekal makanan, karena di tempat ini terdapat penjual makanan yang memudahkan Anda untuk membeli makanan langsung di lokasi.

Anda juga dapat menikmati jajanan lokal seperti kacang rebus dan lainnya yang dijual oleh penduduk sekitar.

Fasilitas toilet yang bersih dan nyaman juga disediakan di tempat ini oleh pihak pengelola untuk kenyamanan para pengunjung.

6. Rute yang Bisa Ditempuh


Jika Anda telah membulatkan tekad untuk melakukan wisata ke Curug Dago setelah mengetahui banyak informasi tentang tempat ini, berikut adalah rute yang dapat Anda ikuti.

Anda dapat mngambil rute dari jalan Taman Budaya Ganesha atau melalui jalan seberang Terminal Dago.

Kedua akses ini menawarkan rute yang cukup mudah dan lancar untuk dilalui pengunjung.

Meskipun jalan menuju curug cenderung sempit, akan tetapi tidak perlu khawatir karena akses jalannya telah diperbaiki menjadi lebih baik dan aman untuk dilalui.

Untuk memastikan perjalanan yang lebih lancar, Anda dapat mengandalkan bantuan internet pada Google Maps.

Dengan demikian, Anda dapat sampai ke Curug Dago dengan nyaman dan tanpa kesulitan menemukan jalannya.

7. Tips Aman Berkunjung ke Curug Dago


Jika Anda siap berkunjung, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan selama perjalanan.

Pertama, pastikan membawa plastik untuk tempat sampah makanan yang mungkin Anda bawa, serta gunakan sepatu bersol karet untuk menghindari tergelincir di lokasi yang berlumut dan licin di sekitar curug.

Kedua, karena keadaan suhu sekitar yang cenderung dingin, disarankan untuk membawa jaket yang tebal agar tetap hangat dan nyaman selama berkunjung.

Ketiga, membawa peralatan dan perlengkapan yang sesuai, Anda dapat menikmati pengalaman berkunjung ke Curug Dago dengan lebih nyaman dan aman.

8. Lokasi Curug Dago Berdekatan dengan Dago Dream Park juga Tahura Juanda dan Dago Pakar


Sebagai informasi, dari Curug Dago para pengunjung bisa melanjutkan wisatanya ke destinasi lain yang berdekatan yakni Dago Dream Park, dan Goa Dago Pakar.

Itulah 8 menarik yang bisa didapatkan saat Anda memutuskan untuk berkunjung ke Curug Dago.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.