Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jarak Lamaran Ke Pernikahan dalam Islam, Berikut Penjelasannya!

 

Jarak Lamaran Ke Pernikahan dalam Islam, Berikut Penjelasannya!
Ilustrasi lamaran (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Pertunangan atau lamaran adalah bagian dari persiapan pernikahan. Pada saat ini, keluarga kedua belah pihak akan saling mengenal satu sama lain. 

Mereka juga akan memberikan cincin tunangan atau cincin lamaran. Setiap pasangan memiliki cara yang berbeda dalam menentukan jarak waktu yang ideal untuk menikah. 

Beberapa pasangan memilih untuk menunda waktu pertunangan agar memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan segala sesuatunya. 

Namun, beberapa pasangan memilih untuk tidak menunda-nunda dan segera menikah dalam waktu dekat. 

Waktu yang ideal untuk menikah bervariasi, namun kebanyakan pasangan membutuhkan waktu 12-15 bulan untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Jika kamu memilih pertunangan jarak panjang, kamu dan pasanganmu memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan pernikahan dengan matang. 

Kamu bisa mengambil waktu untuk menyelesaikan hal-hal yang perlu diselesaikan sebelum menikah, seperti mencari pekerjaan yang tepat atau mendapatkan pendidikan yang diperlukan. 

Dengan memiliki banyak waktu, kamu juga bisa menyiapkan rencana pernikahan secara detail dan memilih vendor yang tepat. 

Kamu bisa mengikuti pendidikan pra nikah bersama pasanganmu untuk mempersiapkan diri menghadapi kehidupan berumah tangga.

Namun, cara ini memiliki resiko yang cukup besar. Pertunangan yang berlangsung lama dapat meningkatkan drama dalam hubungan dan meningkatkan kemungkinan terjadinya gagal nikah.

Jika kamu memilih pertunangan jarak pendek, kamu dan pasanganmu akan memiliki lebih sedikit waktu untuk mempersiapkan pernikahan. 

Namun, dengan waktu yang lebih sedikit, kamu akan lebih fokus dalam merencanakan pernikahan. 

Kamu akan memiliki lebih sedikit waktu untuk khawatir akan hal-hal kecil yang bisa menimbulkan drama dalam hubungan. 

Fokus kamu dan pasanganmu akan lebih tertuju pada persiapan pesta pernikahan. Namun, jika kamu tidak mengatur waktu dengan baik, kamu akan memiliki terlalu singkat waktu untuk mempersiapkan semuanya.

Jarak Lamaran Ke Pernikahan Menurut Islam 

Jarak Lamaran Ke Pernikahan dalam Islam, Berikut Penjelasannya!
Ilustrasi lamaran (Dok. Istimewa)


Ada juga pandangan dari Islam mengenai jarak waktu khitbah dengan pernikahan. Islam tidak mempunyai aturan khusus mengenai jarak waktu ini. 

Namun, Islam menganjurkan untuk menyegerakan suatu kebaikan apabila sudah di niatkan, termasuk menikah. 

Terdapat hadist yang menjelaskan bahwa pasangan yang akan menikah hendaklah menyegerakannya. Hal ini bertujuan agar tidak ada fitnah diantara keduanya.

"Bersegeralah beramal sebelum datang berbagai fitnah laksana potongan-potongan malam yang gelap (saat itu) di pagi harinya seseorang beriman tetapi di sore harinya ia menjadi kafir. Di sore hari seseorang beriman tapi di pagi harinya ia kafir. Ia menjual agamannya dengan harta dunia (HR.Muslim dan Abu Hurairah)". 

Jai sebaiknya para calon pengantin mempercepat waktu akad nikah, untuk menghindari kemungkaran dan godaan-godaan yang menghampiri.

Setelah mengetahui hadist tersebut, sebaiknya Anda mengadakan pernikahan tak jauh dari acara lamaran. Sebab orang yang sudah menikah telah melakukan perintah Allah SWT. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter