Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mentruasi saat Ramadhan? Bagaimana Hukumnya?

 

Menstruasi saat ramadhan membuat seorang muslimah tidak diperkenankan berpuasa
Menstruasi saat ramadhan membuat seorang muslimah tidak diperkenankan berpuasa
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Menstruasi saat Ramadhan tentu membuat seseorang tidak boleh ikut berpuasa. 

Tidak hanya itu saja, menstruasi saat Ramadhan juga membuat Kamu tidak bisa mengikuti sholat.

Lantas bagaimana cara beribadah dengan kondisi menstruasi saat Ramadhan? Tentu hal ini sering menjadi bahan perbincangan Masyarakat.

Puasa Ramadhan menjadi ibadah yang harus dilakukan umat muslim di seluruh dunia. Selama sebulan penuh, umat muslim dianjurkan untuk menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. 

Namun, bagaimana jika seorang wanita mengalami menstruasi saat menjalankan puasa Ramadhan? Bagaimana cara menjalankannya dengan benar?

Menstruasi saat Ramadhan bisa menjadi penghalang bagi seorang wanita dalam menjalankan ibadah puasa. 

Namun, wanita yang sedang menstruasi tetap bisa mengambil bagian dalam berbagai jenis ibadah selama bulan Ramadhan, kecuali berpuasa tentunya.

Hal yang Harus diperhatikan Selama Haid

Dalam hal ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh wanita yang berpuasa dan sedang menstruasi berikutnya diantaranya:

1. Memahami Tidak Boleh Puasa

Pertama, wanita yang sedang menstruasi harus memahami bahwa ia tidak diperkenankan untuk berpuasa selama masa menstruasi. 

Dalam kondisi ini, ada kewajiban untuk menggantinya setelah Ramadan, sehingga jangan khawatir bahwa Anda akan kehilangan pahala puasa di hari-hari di mana Anda tidak mampu mengikutinya.

2. Memperhatikan Pola Makan

Kedua, wanita yang sedang menstruasi harus memperhatikan makanannya. Saat sedang mengalami menstruasi, wanita lebih rentan kehilangan cairan tubuh, sehingga sangat penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan mengonsumsi makanan yang bergizi. 

Anda juga perlu memastikan bahwa Anda makan dengan kadar yang cukup untuk menjaga tenaga dan kesehatan tubuh Anda.

3. Memastikan Sudah Suci Sebelum Berkuasa Kembali 

Ketiga, jika Anda memutuskan untuk berpuasa setelah masa menstruasi Anda berakhir, pastikan bahwa Anda memulainya dengan perlahan dan tidak memaksakan diri. 

Mulailah dengan berpuasa setengah hari atau beberapa jam pada awalnya, dan secara bertahap tingkatkan jangka waktu puasa Anda. 

Menstruasi saat Ramadhan mungkin bisa menjadi kendala bagi seorang wanita, namun, ia tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan benar dengan mengikuti panduan-panduan di atas. 

Penting bagi setiap wanita untuk menghormati batasan tubuhnya dan melaksanakan segala sesuatu dengan proporsional. 

Ramadhan adalah waktu untuk mendekatkan diri pada Allah dan meningkatkan ketaqwaan, namun juga jangan lupakan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter