Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Rumus Kimia Amonia Serta Pemanfaatannya untuk Industri

Rumus Kimia Amonia
Pupuk Urea - SwaraWarta.co.id (Sumber: Liputan6)


SwaraWarta.co.id - Senyawa Amonia biasanya identik dengan bau yang menyengat sama halnya dengan bau air seni, Rumus Kimia Amonia sendiri adalah NH3.

Rumus Kimia Amonia terdiri dari senyawa pembrmentuk lainnya yang secara sistematis terbentuk dari unsur Amonia dan Azana.

Rumus Kimia Amonia adalah NH3, sementara untuk sebutan amonia sendiri ada beberapa istilah penyebutan, yakni: hidrogen nitrida, atau bisa juga disebut sebagai spiritus hartshorn.

Dalam penyebutan lainnya untuk Rumus Kimia Amonia selain NH3 adalah nitrosil atau juga bisa disebut sebagai vaporol.

Amonia memiliki masa molar sebesar 17.0306 g/mol, dengan tampilan fisik berupa gas yang tidak memiliki warna sama sekali, tetapi memiliki aroma yang khas dan biasanya berbau sangat tajam.

Untuk nomor CAS atomnya adalah 7664-41-7.

Rumus Kimia Amonia biasanya memiliki masa jenis dan dan fase sebesar 0.6942 g/L dan merupakan fase pelepasan gas.

Untuk nilai kelarutan Amonia di dalam air sebesar 89.9 gram per 100 mililiter pada nol derajat Celcius.

Sementara untuk titik leburnya, Amonia memiliki nilai sebesar -77.73 derajat Celcius atau sekitar 195.42 derajat Kelvin.

Amonia memiliki temperatur autosulutan sebesar 651 derajat Celcius, dengan titik didih yang dimiliki oleh senyawa ini sebesar -33.34 derajat Celcius atau kira-kira sebesar 239.81 derajat Kelvin.

Untuk level asam dan basanya senyawa Amonia adalah 9.25 untuk level keasamannya, sementara untuk level basanya ada pada nilai 4.75.

Amonia memiliki bentuk molekul menyerupai bentuk prisma segitiga atau lebih condong bentuk piramida segitiga, dengan momen dipol sebesar 1.42 D, dan sudut ikatannya sebesar 107.5 derajat.

Amonia termasuk salah satu zat yang memiliki senyawa yang berbahaya bagi senyawa lainnya. Amonia memiliki sifat kaustik dan juga korosif.

Atau bisa mendegradasi senyawa lain yang akan membuat terjadinya proses korosi.

Amonia memiliki keterhubungan dengan zat lain dalam sebuah ikatan, ion-ion lain yang bersinggunan tersebut beberapa di antaranya adalah Amonium, Amonium Hidroksida, Amonium klorida.

Sementara senyawa lain yang kerap ikut terhubung adalah kloroamina, Asam Hidrazoat, Hidrazin, serta Hidroksilamina.

Mengenal Amonia

Rumus Kimia Amonia
Pupuk - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Seperti telah dijelaskan di atas, Rumus Kimia Amonia adalah NH3, biasanya senyawa amonia ditemukan berupa zat gas yang memiliki bau yang sangat menyengat.

Meskipun dalam kebermanfaatannya Amonia memiliki andil penting bagi nutrisi kebidupan di bumi, Kan tetapi sifatnya kaustik bisa menyebabkan gangguan pada level kesehatan manusia.

Mengalami kontak dengan amonia di lingkungan tertutup memiliki ambang batas selama 15 menit saja, artinya lebih dari waktu tersebut sebaiknya orang-orang cepat menghindar.

Bila kita memutuskan bertahan di ambang waktu maksimal tersebut dan tidak melakukan apa-apa kecuali berdiam diri, maka risiko kerusakan paru-paru bisa jadi akan menyebabkan kematian pada orang tersebut.

Di Amerika Serikat, Amonia digolongkan sebagai gas yang tidak mudah terbakar oleh api, akan tetapi sifatnya tetap berbahaya apalagi bila dibiarkan dalam udara tertutup tanpa ventilasi udara.

Senyawa ini akan sangat berbahaya bila terhirup oleh saluran napas pada manusia.

Aturan lain menyebutkan bila ada pengiriman gas amonia dalam sebuah ekspedisi, ditetapkan bahwa jumlahnya tidak boleh lebih dari 3.500 galon atau setaraf dengan 13,248 liter, dan tentunya harus mengantongi izin pengiriman.

Kalau tidak diizinkan tentunya bisa ditindak dan dikenai aturan hukum, untuk menjaga terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pengiriman Amonia tersebut.

Pada beberapa industri, keberadaan senyawa Amonia sangat dibutuhkan, tetapi dalam hal ini, Amonia yang dimaksud bukan Amonia murni tetapi Amonia Anhidrat yang bisa dimanfaatkan secara komersial, dan itu tidak melanggar aturan.

Amonia anhidrat tidak memiliki kandungan air sama sekali.

Menurut ketentuan, cairan amonia harus disimpan dalam ruangan dengan tekanan tinggi juga dengan tingkat temperatur yang sangat rendah agar aman.

Larutan senyawa amonia untuk kepentingan tertentu misalnya diperjualbelikan, umumnya memiliki tingkat konsentrasi yang sangat tinggi.

Konsentrasi amonia jenis ini pada kebanyakan berada pada konsentrasi 26 derajat Baume.

Atau sekitar 30 % dari berat amonia yang berada pada suhu 15.5 derajat Celcius, sementara amonia yang ada di rumah, konsentrasinya hanyamencapai 5 % hingga 10 % dari total berat amonia-nya sendiri.

Amonia secara spesifik pada kebanyakan memiliki sifat basa dengan nilai kebasaannya sebesar 4.75, tetapi terkadang berubah asam dengan tingkat konsentrat rendah dengan nilai keasaman hanya 9.25.

Sebagai catatan, senyawa amonia yang tersebar di alam merupakan senyawa amonia yang berasal dari hasil dekomposisi bahan-bahan yang bersifat organik.

Meski berbahaya bila digunakan tidak sesuai aturan, senyawa amonia memiliki fungsi lain yang lebih menguntungkan yakni bisa dijadikan bahan dasar pembuatan obat-obatan yang tentu dalam kadar rendah.

Juga bisa dipergunakan untuk keperluan pembuatan untuk campuran pupuk urea, termasuk juga sebagai senyawa bahan dasar pembuatan pupuk Za,

Selain itu, amonia juga digunakan untuk membantu pembuatan bahan amonium klorida untuk industri batu baterai, kemudian bisa digunakan pula sebagai sebahai asam nitrat, juga zat pendingin.

Untuk kegunaan yang jauh lebih besar, amonia digunakan untuk bahan bakar pembuatan roket karena memiliki undur Hidrazin sebagai bahan baku pemicu ledakan pada roket.

Bukan hanya itu, amonia juga digunakan pada industri pembuatan alat-alat peledak, atau petasan, juga kembang api.

Sebagian kertas dan plastik dihasilkan dalam proses kimiawi amonia.

Selainnya adalah senyawa amonia bisa pula dimanfaatkan untuk bahan dasar deteejen yang bisa digunakan untuk meluruhkan zat-zat yang menempel pada alat-alat perkakas rumah tangga yang dipakai secara harian.

Cara pemakaiannya sendiri hanya dilarutkan di dalam air, kemudian perkakas rumah tangga yang hendak dibersihkan tinggal direndam saja.

Ciri-Ciri Amonia


Rumus Kimia Amonia
Pupuk -SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada beberapa ciri khas yang dimiliki oleh senyawa amonia, yang membedakannya dari senyawa-senyawa atau zat-zat lainnya.

Ciri-ciri tersebut umumnya meliputi:

1. Amonia memiliki aroma bau yang sangat menyengat, mirip aroma air seni manusia, dan biasanya berupa gas yang tidak memiliki warna, jadi keberadaanya hanya bisa dikenali lewat baunya saja.

2. Merupakan senyawa yang sangat gampang melarut di dalam air, dalam keadaan normal, 1180 liter amonia bisa dilarutkan oleh air dengan volume hanya 1 liter saja.

3. Meskipun berupa gas, Amonia memiliki sifat yang gampang sekali mencair. Titik beku amonia ada di angka -78, derajat Celcius, dan akan menjadi cair pada titik didih sebesar -33 derajat Celcius.

Untuk penyimpanan amonia dalam sebuah tabung, harus memiliki tekanan atm sebesar 15 sampai 20 atm, dengan temperatur yang pas sebesar 30 atau 40 derajat Celcius.

4. Pada dasarnya amonia adalah senyawa yang bersifat korosif yang akan mendegradasi zat lain seperti logam tembaga maupun logam timah.

5. Selain digunakan untuk industri batu baterai, maupun alat peledak, amonia juga biasa dipakai dalam industri alat-alat kecantikan semisal cat rambut atau bahan obat untuk pelurus rambut.

Rumus Kimia Amonia, yakni NH3 di luar sifatnya yang memiliki faktor perusak, pada kenyataannya masih bisa bermanfaat bagi beberapa industri.***






Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.