Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Seekor Ular Sanca di Ciamis Berhasil Diamankan Damkar Usai Mangsa Ayam Milik Warga

 

Seekor Ular Sanca di Ciamis Berhasil Diamankan Damkar Usai Mangsa Ayam Milik Warga
Damkar Evakuasi Ular yang Mangsa Ayam Warga (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Seekor ular besar yang sepanjang tiga meter membuat warga di Ciamis merasa khawatir. 

Ular itu masih sangat agresif, meskipun sudah dikurung di dalam kandang kayu khusus. Sebelumnya, ular itu telah memangsa ayam peliharaan warga.

Warga berkumpul dan menangkap ular itu. Kemudian, ular tersebut dimasukan ke dalam karung. 

Beberapa warga tertarik dengan jenis ular sanca kembang ini, termasuk Didi Suparman. Ia memasukkan ular itu ke dalam kotak kayu spesial, tetapi karena ular tersebut sangat agresif, ia menyerah dan meminta bantuan Damkar Ciamis untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada Rabu (27/4/2024) dini hari, petugas dari Damkar Ciamis datang untuk mengevakuasi ular tersebut. 

"Ular sanca ini kami peroleh dari masyarakat tadi dini hari," ujar Seprinda Suherman, Petugas Damkar Ciamis

Seprinda menjelaskan, pada saat dievakuasi dari boks kayu, ular tersebut tetap agresif. Tapi dengan menggunakan alat khusus, ular sanca yang besar itu berhasil dimasukkan ke dalam karung, dan akhirnya ditangani oleh Damkar Ciamis.

"Jadi awalnya ular ditangkap dari kandang ayam dan berencana dipelihara. Ini kan dari alam bukan peliharaan. Tapi warga yang akan memeliharanya bingung dan takut akhirnya lapor ke Damkar Ciamis," ungkapnya

Ular sanca sepanjang tiga meter ini rencananya akan diserahkan ke BKSDA oleh Damkar Ciamis agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan memelihara ular karena bisa membahayakan. Sebaiknya menghubungi petugas untuk mengevakuasinya," pungkasnya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter