Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Ragam Trik dan Tips agar Bayi Mau Minum Asi Banyak, Nomor 7 Sering diabaikan

 

Ibu menyusui bayi
Ibu menyusui bayi
( Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id
- Tips agar bayi mau minum asi banyak umumnya diterpakan oleh sejumlah ibu muda. 

Pasalnya kekurangan asi menjadikan bb si kecil mengalami penurunan hingga menimbulkan sifat rewel. 

Ragam Tips Agar Bayi Mau Minum Asi Banyak

Berikut ini sejumlah tips agar bayi mau minum asi banyak:

1. Pastikan Posisi Menyusui yang Benar 

Pastikan bayi dalam posisi yang nyaman saat menyusui dan perhatikan agar mulut bayi membuka lebar dan menutupi seluruh areola sehingga bayi bisa memompa ASI secara efektif.

Baca Juga: 

Ragam Cara agar Anak Cepat Jalan dan Bicara, Buruan Biar Si Kecil Lincah

2. Berikan ASI dengan Sering 

ASI yang disedot secara teratur dapat mempromosikan produksi ASI yang lebih tinggi dan dapat menjaga bayi tetap terhidrasi dengan baik. Idealnya, bayi menyusu setidaknya 8-12 kali sehari.

3. Pertahankan Konsistensi Penyusuan 

Cobalah untuk menjaga jadwal penyusuan yang sama setiap harinya untuk membantu mempromosikan produksi ASI yang lebih tinggi. Ini juga membantu bayi untuk mengetahui kapan waktunya untuk makan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan, dijamin Berhasil

4. Perhatikan Tanda-tanda Kelaparan 

Sebelum bayi menangis karena kelaparan, perhatikan tanda-tanda kemungkinan keinginan untuk menyusu, seperti mengeluarkan lidah, mencari-cari puting melalui gerakan kepala, mengepalkan tangan, dan menggerak-gerakan mulut.

Baca Juga: Ciri-ciri Balita yang Mau Punya Adek, Bunda Wajib Paham!

5. Jangan Gunakan Botol atau Dot 

Memberikan susu atau air melalui botol dan dot bisa membuat bayi lebih sulit untuk disusui secara langsung dari payudara. Hal ini juga bisa mempengaruhi produksi ASI yang lebih rendah.

6. Perbanyak Kolostrum

Kolostrum adalah ASI kental yang dihasilkan selama beberapa hari pertama setelah melahirkan. Kolostrum kaya akan nutrisi penting dan membantu bayi untuk lebih mudah terhidrasi, sehingga memberikan kolostrum secara teratur penting untuk memastikan bayi tetap terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Anak GTM, Nomor 2 Cukup Ampuh

7. Minum Air yang Cukup

Pastikan Bunda minum cukup air setiap hari untuk membantu memproduksi ASI yang cukup. Kekurangan cairan bisa mengakibatkan kurangnya produksi ASI.

Saat bayi tetap enggan untuk minum ASI yang cukup, periksa dengan dokter dan konsultan laktasi untuk mencari tahu apakah ada masalah medis atau teknis yang bisa membuat bayi lebih sulit untuk menyusu.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter