Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Siap-Siap! 4 Tempat Wisata di Kebumen Ini Rekomendasi Saat Lebaran

Tempat Wisata di Kebumen
Goa Jatijajar - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Secara administratif, Tempat Wisata di Kebumen masuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Secara geografis Tempat Wisata di Kebumen menyajikan beragam bentang alam yang sangat indah sekaligus asri yang tentunya menjadi modal untuk bisa menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Tempat Wisata di Kebumen yang masuk ke dalam jalur Pantai Selatan Jawa tentunya akan dilewati banyak orang terutama menjelang libur Lebaran tahun 2024 ini.

Kebumen bisa jadi akan diserbu banyak wisatawan yang hendak menghabiskan masa libur Lebaran sebelum kembali beraktivitas di kota-kota lain sebagai tempat mereka mencari penghidupan.

Tercatat ada banyak sekali Tempat Wisata di Kebumen yang luar biasa cantiknya serta bisa memberikan kepuasan bagi para pelancong yang datang berkunjung.


Tempat Wisata di Kebumen yang Rekomendasi untuk Libur Lebaran 2024


Dari banyaknya tempat wisata di Kebumen, beberapanya akan dirangkum dalam pembahasan seperti berikut ini.

Tempat Wisata di Kebumen yang akan kita bahas ini tentunya memiliki banyak keunggulan yang bisa menarik perhatian para pengunjung.

Lantas Tempat Wisata di Kebuman yang rekomendasi itu di mana saja? Mari kita simak satu per satu.


1. Pantai Menganti

Tempat Wisata di Kebumen
Pantai Menganti - SwaraWarta.co.id (Sumber: Kemenkeu)



Pantai ini bisa dikatakan sebagai salah satu pantai paling diminati oleh pengunjung di kawasan Kebumen. Secara administratif, Pantai Menganti berada di bawah pemerintahan Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah.

Letaknya yang bila ditarik garis lurus berada pada baris sejajar pesisir selatan Pulau Jawa.

Pantai Menganti memiliki pesona alam tersendiri yakni memiliki warna air yang sangat jernih dengan warna biru yang eksotik yang bisa menghadirkan kekaguman bagi siapa pun yang datang berkunjung.

Bukan hanya itu, di Pantai Menganti terdapat hamparan pasir yang luas dengan dipadukan panorama batuan karang di antara hamparan pasir pantainya.

Ini tentu saja menjadi daya trik tersendiri. Hamparan pasir, bentangan batu karang, tamparan ombak yang memecah karang menjadi sensasi tersendiri bagi para pengunjung yang datang berlibur.

Keindahan alam Pantai Menganti tidak cukup sampai di sana. Di balik itu ada keindahan lain yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, yakni sebuah bukit hijau yang berdiri gagah di sekitar pantai.

Perbukitan tersebut orang lokal menamainya sebagai Bukit Gazebo. Penamaan bukit tersebut tentunya ada sejarah dan tujuannya.

Hal ini merunut pada banyaknya gazebo yang sengaja dibangun di lahan bukit tersebut, terutama pada bagian lereng bukitnya.

Gazebo-gazebo tersebut sengaja dibuat untuk tempat istirahat atau sekadar leyeh-leyeh para pengunjung yang telah capek menikmati keindahan pantai.
5
Perpaduan yang unik antara pasir pantai, deburan ombak, laut yang biru, serta Bukit Gazebo yang hijau tentunya mencipta harmoni alam yang luar biasa cantik, ibarat lukisan lanskap seorang maestro lukis.

2. Pantai Pecaron

Tempat Wisata di Kebumen
Pantai Pecaron - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Kebumen berikutnya yang juga merupakan wisata alam yang berupa pantai dan laut adalah Pantai Pecaron.

Letak pantai ini berada pada lintasan sejajar dengan Pantai Menganti atau sekitar 6 kilometer dari pantai tersebut.

Tidak kalah cantiknya dengan Pantai Menganti, Pantai Pecaron juga menyajikan bentang alam yang juga luar biasa indahnya.

Sekadar perbandingan, bila Pantai Menganti cenderung banyak didatangi pengunjung, berkebalikannya dengan Pantai Pecaron.

Pantai Pecaron cenderung sepi karena kurang banyak dikunjungi orang. Akan tetapi bagi para pecinta ketenangan, pantai ini tentunya sangat cocok untuk me-refresh pikiran.

Tidak terlalu gaduh, dan suasana tampak lebih damai tanpa diganggu oleh keriuhan dan kebisingan orang-orang.

Di Pantai Pecaron tentunya sangat cocok bagi para introvert yang sedang ingin mencari hiburan. Dijamin di pantai ini para introvert, atau para penulis, atau para pencari inspirasi akan menemukan surganya yang tenang.

Sebagai info, pasir di Pantai Pecaron memiliki pasir yang berwarna hitam. Bukan hanya itu, deretan pohon kelapa sepanjang bibir pantai menambah suasana syahdu apalagi bila pengunjung sedang berburu sunrise maupun sunset.

Deretan pohon kelapa ini tentunya menjadi nilai plus tersendiri bagi Pantai Pecaron ini.

Bagi para pecinta camping, sepertinya Pantai Pecaron juga bisa dijadikan basecamp karena kontur garis pantainya yang landai.

Hal ini tentunya membuat para pecinta camping akan sangat bahagia seraya menikmati keindahan dan embusan angin laut.

Keindahan Pantai Pecaron lainnya adalah terdapatnya dua gugusan batu karang yang membentang di pantai ini, hingga menambah daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang hendak berlibur.


3. Goa Jatijajar

Tempat Wisata di Kebumen
Goa Jatijajar - SwaraWarta.co.id (Sumber: Traveloka)



Bergeser dari destinasi Tempat Wisata di Kebumen yang berupa pantai, kali ini ada Goa Jatijajar.

Tentunya, sesuai dengan namanya, Goa Jatijajar tentunya merupakan objek wisata yang berupa goa.

Goanya sendiri banyak diminati oleh para wisatawan karena goanya sangat eksotik, berbeda dari goa-goa lain pada kebanyakan.

Goa Jatijajar lokasinya berada di kawasan Desa Jatijajar, di Kecamatan Ayah, Kebumen.

Di pintu masuk menuju goa Jatijajar, pengunjung akan disambut oleh keberadaan patung dinosaurus yang letak berdirinya sudah mendekati bibir goa.

Ada yang unik dari patung dinosaurus yakni dari mulutnya bisa mengeluarkan air. Air ini yang ternyata setelah diusut merupakan air yang berasal dari dua sendang di dalam goa.

Kedua sendang yang dimaksud adalah sendang yang diberi nama Sendang Mawar dan Sendang Kantil yang merupakan sedang yang namanya diambil dari jenis nama bunga-bungaan.

Dalam perjalanan sejarahnya berdasarkan berbagai keterangan yang berhasil dihimpun, goa ini sudah lama ada bahkan semenjak ditemukannya pada tahun 1802.

Kalau itu goa ini ditemukan kali pertama oleh seorang tokoh yang bernama Jayamenawi, yang merupakan tokoh publik setempat kala itu.

Yang menarik dari Goa Jatijajar adalah pas kali pertama masuk ke dalamnya akan langsung disambut oleh stalagmit, stalagtit, juga tiang-tiang kapur yang sangat mengagumkan.

Untuk tiang kapurnya sendiri merupakan hasil dari pertemuan stalagmit dan stalaglit dalam kurun waktu yang lama sebelum menyatu.

Pertemuan itu berlangsung diperkirakan terjadi selama jutaan tahun di masa yang lalu.


4. Waduk Sempor

Tempat Wisata di Kebumen
Waduk Sempor - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Bergeser dari wisata alam yang berupa pantai dan goa, destinasi tempat wisata di Kebumen berikutnya adalah sebuah danau atau orang setempat menyebutnya sebagai waduk.

Ya. Destinasi selanjutnya yang direkomendasikan dari tempat wisata di Kebumen adalah Waduk Sempor.

Waduk Sempor menjadi salah satu objek wisata paling populer di Kebumen dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan dari lintas daerah dan mancanegara.

Waduk Sempor menjadi sangat populer karena lokasinya yang mudah diakses oleh kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Daya tarik yang ditawarkan oleh Waduk Sempor adalah keindahan waduknya itu sendiri yang berpadu harmonis dengan bukit di sekelilingnya.

Hal ini tentunya menjadi sangat dramatis  tatkala pantulan biru air waduk dari langit berpadu cantik dengan hijaunya perbukitan.

Adapun perbukitan di sekitar waduk merupakan bukit yang ditanami oleh pohon karet yang dikelola oleh pihak Perhutani.

Ada banyak fasilitas pendukung yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang datang, antara lain di daerah sekitar waduk berdiri bangunan untuk ruang seminar, kemudian ada tempat yang menyediakan wisata kuliner-nya.

Sebenarnya, tempat wisata di Kebumen itu masih banyak dan sangat direkomendasikan. Untuk sementara hanya empat itu saja yang dibahas. Semoga bermanfaat.


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.