Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Tempat Wisata di Purworejo yang Lagi Hits dan Banyak Dikunjungi Wisatawan

Tempat Wisata di Purworejo
Pantai Dewa Ruci - SwaraWarta.co.id (Sumber: Native Indonesia)


SwaraWarta.co.id - Ada banyak Tempat Wisata di Purworejo yang menarik perhatian banyak pengunjung yang tentunya menyajikan daya tarik yang sangat luar biasa.

Meski terbilang hanya sebuah kota kecil yang berada di Jawa Tengah, tetapi Tempat Wisata di Purworejo tidak kalah menariknya dengan destinasi-destinasi lainnya di kota tetangganya.

Letak Purworejo sendiri berdekatan dengan Yogyakarta yang tentunya Tempat Wisata di Purworejo ini sedikit terpengaruh oleh kota tersebut.

Secara geografis, Purworejo berbatasan langsung dengan Wonosobo, dan Tempat Wisata di Purworejo ini sangat beragam tema dan jenisnya.

Tempat Wisata di Purworejo meliputi wisata alam pesisir pantai, keindahan air terjun, pegunungan, hingga destinasi wisata bertema keluarga.

Tempat Wisata di Purworejo yang Lagi Hits


Tempat Wisata di Purworejo
Alun Alun Purworejo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Jika Anda sedang berada atau sengaja singgah di Kota Purworejo, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk berwisata di beberapa destinasi wisata populer yang sedang hits.

Tercatat ada banyak sekali lokasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh tempat wisata tersebut.

Bukan karena pesona dan panorama alamnya yang menjanjikan dan sangat menakjubkan, kebanyakan Tempat Wisata di Purworejo ini kebanyakan menetapkan harga tiket masuknya yang murah meriah dan terjangkau oleh segala kalangan.

Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, karena bagaimanapun dengan harga tiket murah meriah, para pengunjung tentunya sangat antusias untuk datang berkunjung.

Tempat Wisata di Purworejo sangat beragam dan menyajikan banyak tema wisata yang bisa dipilih dan disesusaikan dengan keinginan para pengunjung.

Dan berikut merupakan Tempat Wisata di Purworejo yang sedang hits dan populer karena kerap dibanjiri oleh para wisatawan, baik lokal, maupun luar daerah.

1. Alun-Alun Purworejo


Tempat Wisata di Purworejo
Alun Alun Purworejo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Purworejo adalah Alun Alun Purworejo yang tentunya menjadi landmark daerah ini yang digemari banyak pengunjung.

Berada di Kawasan Plaosan, destinasi wisata alun-alun ini banyak diminati karena selain tidak dipungut biaya masuk, juga sangat ramah anak, dan tentunya ada beberapa wahana di dalamnya yang dikhuduskan untuk anak.

Luas alun alun yang menjadi ciri khas Kota Purworejo ini mencapai 6 hektar dengan banyak wahana yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Selain juga menyajikan pemandangan dengan suasana khas Kota Purworejo, di alun-alun ini juga para pengunjung bisa berburu kuliner khas Purworejo.


2. Pantai Dewa Ruci, Jatimalang


Tempat Wisata di Purworejo
Pantai Dewa Ruci - SwaraWarta.co.id (Sumber: WisataHits)



Tempat Wisata di Purworejo yang kedua adalah Pantai Dewa Ruci, di mana di destinasi wisata pesisir ini para pengunjung bisa menikmati panorama keindahan alamnya.

Terletak 17 kilometer dari pusat Kota Purworejo, pantai ini sangat layak dikunjungi karena kemolekan bentang alamnya.

Bila di pantai-pantai lain terkenal karena keindahan pasir pantainya yang berwarna putih, tidak berlaku bagi Pantai Dewa Ruci, karena pasir pantai yang ditampilkannya justru berwarna hitam.

Hal ini tentunya menjadikan pantai ini terlihat unik sekaligus eksotik.

Sebagai ciri khas dari keberadaan pantai ini adalah besar Dewa Ruci-nya yang berdiri gagah menyambut kedatangan para pengunjung.

Dan keberadaan patung besar ini sekaligus menjadi spot pavorit untuk dijadikan latar belakang foto-foto para pengunjung.

3. Pantai Jetis


Tempat Wisata di Purworejo
Pantai Jetis - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat wisata berikutnya yang juga masih bertema bentang alam pesisir, adalah Pantai Jetis.

Untuk masuk ke area pantai ini, para pengunjug tidak dikenakan tarif harga masuk alias gratis, akan tetapi tidak berlaku untuk saat Idul Fitri yang biasanya harus bayar ketika masuk area pantai.

Pengunjung hanya harus membayar ke pengelola penitipan kendaraan yang diparkir, selebihnya tidak dipungut biaya untuk masuk pantainya sendiri.

Di pantai ini terdapat wahana kolam buatan yang bisa digunakan, juga berbagai spot menarik yang bisa dijadikan latar belakang untuk berfoto ria.

4. Objek Wisata Taman Sidandang


Tempat Wisata di Purworejo berikutnya adalah Taman Sidandang yang merupakan objek wisata yang memiliki kolam alami dengan suhu airnya yang sejuk.

Di kolam ini para pengunjung bisa berendam sepuasnya seraya menikmati keindahan alam yang ada di sekitar kolam.

Taman Sidandang berada di Kawasan Bukit Menoreh yang kalau ingin sampai di titik tujuan, para pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Meskipun capek tapi tenang, pemandangan alam yang dihadirkan setidaknya bisa jadi obat untuk menghilangkan rasa capek.

Ada banyak spot yang bisa dinikmati di kawasan ini selain kolam rendamnya ada pula tamannya sendiri dengan berbagai jenis tanaman, warung kuliner, serta tambahan lain yang tak kalah cantik adalah ada air terjunnya.

5. Curug Gunung Putri


Untuk sampai ke lokasi curug ini tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga karena lokasinya mudah dijangkau.

Karena aksesnya tersebut wisata Curug Gunung Putri sangat cocok dikunjungi oleh Anda beserta dengan seluruh anggota keluarga.

Curug Guning Putri ketinggian mencapai 70 meter dengan panorama alam sekitarnya sangat hijau, sejuk, juga mempesona.

6. Curug Kaliurip


Destinasi berikutnya masih wisata air terjun, yakni Curug Kaliurip, yang merupakan air terjun dengan ketinggian 30 meter yang jatuh ke atas aliran sebuah sungai.

Sungainya sendiri memiliki kedalaman 8 meter dengan arusnya yang cukup deras. Karena hal inilah para pengunjung sangat dilarang untuk bermain air atau berenang di dalamnya, kecuali hanya menikmatinya di pinggir curug.

7. Objek Wisata Bukit Sikepel


Objek wisata yang satu ini merupakan objek wisata yang berupa wisata alam yang dikhususkan untuk keluarga di mana di dalamnya terdapat konsep edukasi, tempat yang nyaman, serta memiliki sentuhan modern.

Di lokasi ini para pengunjung bisa menikmati banyak spot foto cantik termasuk kelebatan hutan pinus yang ada di area wisata ini.

Di area wisata ini terdapat banyak lahan yang bisa digunakan untuk aktivitas berkemah.

8. Hutan Pinus Kalilo


Tentu saja, objek wisata yang satu ini mengekpos keindahan hutan pinus yang bisa dijadikan objek foto maupun video.

Luas lahannya mencapai 72 hektar yang dulunya merupakan perkebunan pinus yang diambil getahnya untuk kepentingan industri.

Di area ini tidak dibangun bangunan tembok atau beton karena mengusung tema perlindungan alamiah flora dan fauna yang ada di dalamnya.

9. Goa Saplawan


Tempat Wisata di Purworejo berikutnya adalah Goa Saplawan, yang menyajikan keindahan bebatuan di dalamnya termasuk stalagmit dan stalagtit-nya.

Di lokasi ini terdapat mata air alaminya, juga terdapat Arca Emas yang ada di area taman bagian luar goa.

10. Puncak Khayangan Sigendol


Tempat Wisata di Purworejo yang terakhir adalah Puncak Khayangan Sigendol yang merupakan tempat yang biasa dikunjungi para wisatawan untuk menyaksikan keindahan alam sekitarnya dari atas ketinggian puncak bukit.


Selain 10 Tempat Wisata di Purworejo di atas, masih banyak lokasi lainnya yang belum terekspose dan layak untuk dikunjungi siapa pun tanpa terkecuali.***







Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.