Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

4 Tempat Wisata di Sidoarjo yang Populer dan Lagi Hits di Tahun 2024

Tempat Wisata di Sidoarjo
Kawasan Lumpur Lapindo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Suara Surabaya)


SwaraWarta.co.id - Sidoarjo merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur, lokasinya sendiri berdekatan dengan Ibukota Provinsi yakni Surabaya, dan Tempat Wisata di Sidoarjo ini sangat beragam.

Tempat Wisata di Sidoarjo bisa dijadikan destinasi tujuan bagi Anda yang hendak membangun kebersamaan dengan semua anggota keluarga, kerabat, rekan kerja, ataupun sahabat lawas.

Tempat Wisata di Sidoarjo dijamin tidak akan mengecewakan karena lokasi-lokasinya sangat ciamik, indah, juga luar biasa keren.

Jika Anda yang mulai bosan dengan wisata di Bandung atau Puncak Bogor yang dingin, sekali-kali cobalah meluncur ke kawasan wisata di Sidoarjo yang cenderung memiliki cuaca yang panas.

Kalau Anda merasa yakin kalau Tempat Wisata di Sidoarjo adalah destinasi tujuan yang tepat, sekaranglah saatnya berkemas seraya mencoba tempat wisata tersebut siapa tahu cocok dan liburan Lebaran nanti Anda ketanggihan untuk singgah.

Sidoarjo pernah terkenal karena Lumpur Lapindo-nya, dan setelahnya, lokasi yang menenggelamkan banyak perkampungan ini akhirnya dijadikan tempat wisata.

Tidak salah dan itu setidaknya bisa menjadi semacam tempat untuk mengenang bahwa di lokasi ini dulunya adalah sebuah perkampungan.

Wisata Lumpur Lapindo mulai nge-hits dan menjadi tempat wisata populer beberapa tahun kebelakang ini.

Banyak orang merekomendasikannya untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Sidoarjo meliputi banyak tema wisata, mulai dari pesona alam dan pegunungan, objek wisata permainan, pantai dan laut, hingga wahana taman air buatan atau waterpark.

Dari sebegitu banyaknya Tempat Wisata di Sidoarjo ini, beberapanya adalah menjadi destinasi wisata populer juga andalan yang mampu menambah devisa daerah dari jalur pariwisata.

Tempat Wisata di Sidoarjo yang Populer dan Nge-hits

Lokasi tempat Lumpur Lapindo berada untuk saat ini menjadi salah satu objek wisata yang banyak orang tuju meskipun tempat ini adalah tempat yang dilanda malapetaka hingga rumah dan kampung tidak bisa diselamatkan dari lumpur tersebut.

Selain Lokasi Lumpur Lapindo, mari kita berkenalan dengan Tempat Wisata di Sidoarjo lainnya.

1. KTG Jungle Water Park

Tempat Wisata di Sidoarjo yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah KTG Jungle Water Park.

Tempat ini merupakan sebuah taman air yang sepertinya cocok dikunjungi dengan membawa keluarga dan anak-anak.

Sesuai dengan namanya, tempat lokasi ini adalah taman air yang menyajikan banyak wahana airnya untuk dikunjungi.

Di lokasi water park ini ada ember raksasa yang siap menumpahkan airnya kepada para pengunjung, dan tentu saja dalam rangka berbasah-basahan ria.

Kemudian di Jungle Water Park ini kita bisa menikmati kolam air yang ada kolam ombaknya. Para pengunjung akan merasakan seolah-olah sedang ada di tepi pantai yang ada gulungan ombaknya.

Lantas ada pula perosotan air yang berdiri di atas ketinggian beberapa meter dari kolamnya sendiri.

Untuk harga tiket masuk ke Jungle Water Park masih umum, artinya masih bisa terjangkau oleh semua kalangan.

Para pengunjung yang datang hanya diminta membayar tiket masuk dengan mominal harga Rp. 15.000 per orang.

Jungle Water Park berdiri di kawasan Desa Ketegan, Tangualin, Sidoarjo.

Objek wisata ini gampang diakses karena letaknya berdekatan dengan pusat kota Sidoarjo. Karena hal inilah Jungle Water Park banyak dikunjungi orang, terutama pada saat akhir pekan atau pada saat libur nasional.


2. Suncity Waterpark Sidoarjo

Tempat Wisata di Sidoarjo
Suncity Waterpark - SwaraWarta.co.id (Sumber: Traveloka)



Masih berkonsep tempat wisata air, Suncity Waterpark Sidoarjo menawarkan banyak fasilitas wahana airnya kepada para pengunjung yang datang.

Mereka sangat antusias mengunjungi waterpark ini karena fasilitas yang dibangun oleh pihak pengelola jauh lebih lengkap bila dibandingkan taman air lainnya.

Lokasinya di pusat kota Sidoarjo. Waterpark ini memiliki konsep unik dan bikin penasaran para pengunjung.

Konsepnya adalah penggabungan dua konsep yang sama-sama meliki keunggulan, yakni: one stop shopping dan juga entertainment.

Konsep ini merujuk kepada waterpark-nya sendiri yang sangat berdekatan dengan area Suncity mall, juga Sun Hotel yang terkenal ini.

Waterpark ini tentunya dibangun oleh developer yang sama sengan Suncity Mall, maupum Sun Hotel.

Suncity Waterpark menjadi salah satu kolam renang paling populer karena hampir setiap hari bahkan saat hari libur, terus menerus dibanjiri oleh para pengunjung.

Untuk tema kolam taman airnya sendiri secara umum adalah dengan mengadopsi tampilan seperti dalam film yang menbahas dinosaurus, yakni Jurassic Park atau taman purbakala.

Ada beberapa pilihan ukuran kedalaman kolam renangnya, dari mulai kolam untuk anak hingga kolam untuk orang dewasa dengan kedalaman sesuai.

Di Suncity Waterpark juga didiakan seluncuran air atau perosotan.

3. Candi Pari

Tempat Wisata di Sidoarjo
Candi Puri - SwaraWarta.co.id (Sumber: Wikipedia)



Tempat Wisata di Sidoarjo yang merupakan wisata sejarah adalah Candi Pari.

Sandi Pari adalah destinasi wisata yang dibuka untuk umum dengan harga tiket masuk meriah.

Candi Pari merupakan sebuah bangunan bersejarah yang pernah dibuat pada masa Kerajaan Majapahit.

Candi ini menampilkan sisi religi dari agama Hindu sebagai agama yang pada jaman dahulu banyak dianut di wilayah ini.

Tempat Candi Pari berdiri lokasonya tidak jauh dengan tempat wisata semburan lumpur Lapindo.

Candi ini merupakan salah satu candi yang berada di Jawa Timur, hal ini diperkuat dengan keberadaan arca-arcanya di dalambangunan candi yang terlihat jelas lengaruh agama Hindu-nya.

Sejumlah arca yang mendiami Candi Pari di antaranya adalah arca dari tokoh-tokoh kerajaan seperti Arca Ganesha, Siwa Mahadewa, serta Argastya dan lain-lainnya.

Candi ini masih dipergunakan oleh para penganut Hindu di sekitar tempat berdirinya candi sebagai tempat untuk beribadah.

Kalau lagi kebetulan, para pengunjung bisa menyaksikan prosesi upacara adat dilakukan di Candi Pari ini.

4. Wisata Lumpur Lapindo

Tempat Wisata di Sidoarjo ini sedikit di ulas sebelumnya di atas.

Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh orang sekadar penasaran dengan lumpur yang telah menenggelamkan banyak kampung di daerah ini.

Kejadian lumpur Lapindo ini sendiri kali pertama bermula pada tahun 2006 atau hampir 18 tahun yang lalu kejadiannya.

Sudah sangat lama tetapi seolah masih baru kemarin kejadiannya. Dampak lumpur Lapindo ini memang dahsyat, hampir dari separuh wilayah Sidoarja tenggelam dari permukaan tanah, dan kini bersemayam di balik tebalnya lumpur panas Lapindo.

Lumpur ini bermula berasal dari proyek pengeboran tanah.

Setelah tahun-tahun berlalu dan para korban sudah mengikhlaskan kehilangan harta bendanya, kini kawasan tersebut menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi.

Di kawasan Lumpur Lapindo ini terdapat beberapa spot yang bisa digunakan tempat foto, yang tentunya dengan mengambil latar belakang lumpur yang berwarna pekat.

Di tempat ini terdapat patung dengan kondisi orang yang hendak tenggelam. Tentunya patung ini menjadi semacam memorabilia tempat pengingat bahwa di tempat itu, di masa lalu pernah terjadi malapetaka mahadahsyat.

Bencana Lumpur Lapindo sendiri telah tercatat sebagai bencana nasional yang dahsyat karena dampaknya.

Tempat Wisata di Sidoarjo masih banyak lagi yang bisa dijadikan tempat wisata rekomendasi seperti di Alun-alun dan Monumen Kota Sidoarjo, Delta Pishing, Pulau Sarinah, dan lainnya.


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.