Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Arus Mudik dari Jawa Menuju Sumatra Kian Padat, Ini Kata ASDP

Arus Mudik dari Jawa Menuju Sumatra Kian Padat, Ini Kata ASDP
Arus mudik di Jawa ke Sumatra (Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - Meskipun Hari Raya Lebaran sudah tiba masih banyak pemudik dari Jawa yang menggunakan Pelabuhan Merak, Banten untuk menyeberang ke Sumatra. 

Menurut Direktur Utama PT Indonesia Ferry Properti Ferry Snyders di Merak, ia mengatakan bahwa hingga saat ini pemudik masih ramai memadati Pelabuhan Merak, baik penumpang pejalan kaki maupun penumpang dalam kendaraan

Berdasarkan data Posko Merak, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-7 hingga H tercatat sebesar 835.718 orang atau naik 5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 796.123 orang. 

Sementara itu, total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 196.287 unit atau naik 11 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 176.621 unit.

Untuk memperingati momen penting ini, ASDP melakukan berbagai persiapan dan peningkatan fasilitas untuk menyambut para pengguna jasa. 

Baca Juga:

Diskon Tarif Tol Hingga 17% untuk Arus Balik Mudik, Ini Syaratnya!

Dalam upaya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik, Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengapresiasi pihak Ifpro yang berinisiatif membuka berbagai gimmick untuk meramaikan dan menghibur pengguna jasa.

"Dukungan dari berbagai pihak tentunya sangat membantu ASDP dalam menyukseskan perhelatan Angkutan Lebaran ini. Apresiasi kepada team Ifpro yang turut menyukseskan layanan Angkutan Lebaran kepada pengguna jasa yang datang dari berbagai daerah," ujarnya

Selama Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran, ASDP menyediakan berbagai tempat casual leasing seperti Jco, Starbucks, Coca Cola, Nabati, Burger Bangor, Kopi Tubruk Gadjah, BPJS Kesehatan, serta berbagai F&B eksisting di Terminal Sosoro-Merak.

Bahkan, ada juga event menghibur seperti Klakson Challenge dan Dim Challenge, yang dapat menghibur penumpang saat menunggu naik kapal.

Selain itu, ASDP telah menyiapkan langkah mitigasi. Tiket bagi kendaraan penumpang golongan II dan IVA tidak akan kedaluwarsa selama 24 jam sejak waktu check-in di pelabuhan. 

Hal ini menjadi solusi bagi pemudik yang terkena kemacetan dalam perjalanan ke pelabuhan

Menurut Shelvy, pemudik yang akan kembali disarankan untuk membeli tiket dari sekarang agar tidak kehabisan kuota.

"Pengguna jasa tidak perlu khawatir jika mengalami kemacetan saat menuju Pelabuhan, karena tiket ferry tidak akan hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket. Karena itu, kami minta agar pemudik yang akan kembali, segera beli tiket dari sekarang," tegas Shelvy

Pemudik juga disarankan untuk mempersiapkan perjalanan dengan matang dan membeli tiket secara online melalui Ferizy atau mitra resmi pelabuhan. 

ASDP turut memastikan bahwa pengguna jasa telah mengisi identitas penumpang dan kendaraan secara lengkap dan benar saat melakukan reservasi tiket online sehingga hak asuransi pengguna jasa dapat tercatat dengan baik.

Bagi pengguna jasa yang harus menunggu lebih lama sebelum naik kapal, perusahaan juga menyediakan Rest Area di sekitar area pelabuhan. 

Selain itu, informasi lengkap mengenai layanan tiket online dapat diperoleh melalui Buffer Zone yang disiapkan ASDP atau melalui petugas contact center di nomor 021-191 atau 0811-1021191.

Dengan adanya persiapan yang matang dari pihak ASDP serta dukungan dari berbagai pihak lainnya, diharapkan momen Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 dapat terlaksana dengan aman, nyaman, dan lancar bagi seluruh pemudik dan pengguna jasa.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter