Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Bandara Dhoho Kediri Segera Dibuka, Ini Kata Khofifah

Bandara Dhoho Kediri Segera Dibuka, Ini Kata Khofifah
Potret Bandara Dhoho Kediri (Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - Warga Jawa Timur akan segera mendapatkan kabar gembira karena Bandara Dhoho Kediri akan segera dioperasikan. 

Xitilink, sebuah maskapai penerbangan di Indonesia, akan membuka rute Jakarta-Kediri. Selain itu, lebih banyak maskapai lain juga akan membuka rute penerbangan seperti Kediri-Bali, Kediri-Palembang, Kediri-Banjarmasin, Kediri-Balikpapan, dan Kediri-Makassar. 

Kehadiran Bandara Dhoho Kediri akan mempermudah akses transportasi bagi masyarakat Jawa Timur, terutama yang akan mudik ke daerah Mataraman, Blitar, Trenggalek, Tulungagung, dan Ponorogo. Dalam waktu dekat, tiket penerbangan dapat dibeli secara online.

Mantan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan bahwa penerbangan rute Jakarta-Kediri akan semakin mempermudah akses transportasi ke dan dari Jawa Timur. 

"Dengan disediakannya rute penerbangan Jakarta-Kediri melalui Bandara Dhoho Kediri ini, maka masyarakat Jatim yang akan mudik ke Blitar, Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo maupun daerah kabupaten Kota di wilayah Mataraman dan Selingkar Wilis akan semakin dekat dan semakin nyaman," tegas Khofifah, Minggu (31/3). 

Bandara Dhoho Kediri juga akan memangkas waktu tempuh perjalanan mudik secara signifikan. 

Selain itu, dioperasionalkannya Bandara Dhoho Kediri akan membawa multiplier effect untuk masyarakat Jawa Timur khususnya di kawasan Selingkar Wilis dan Mataraman.

Kediri dan sekitarnya memiliki banyak industri, seperti kopi, kakao, dan buah-buahan seperti alpukat. 

Dengan adanya Bandara Dhoho Kediri, sektor industri tersebut akan lebih maju. Bandara ini juga dapat memangkas ketimpangan wilayah utara dan selatan Jawa Timur.

"Kita tahu bahwa di kawasan Kediri dan sekitarnya itu juga banyak industri, maka kami yakin bahwa bandara ini akan sangat mengungkit kemajuan ekonomi wilayah Kediri dan sekitarnya," tambah Khofifah

PT Angkasa Pura 2 bekerja sama dengan Surya Dhoho Investama dalam menangani operasional Bandara Dhoho Kediri. 

Bandara ini akan melayani penerbangan internasional karena memiliki fasilitas yang memadai, seperti runway dengan panjang landasan pacu 3.300 meter x 45 meter. 

Bandara ini juga memiliki apron VIP, taxiway, lahan parkir, dan terminal penumpang yang dapat menampung hingga 1,5 juta penumpang per tahun. Di masa depan, Bandara Dhoho Kediri juga akan melayani penerbangan jamaah umroh dan haji. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter