Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

4 Cara Menonaktifkan Windows Defender pada Perangkat Komputer Anda Baik Sementara Maupun Permanen

Windows Defender
Cara Menonaktifkan Windows Defender - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Bagi yang belum paham Cara Menonaktifkan Windows Defender sebaiknya tahu dulu apa itu Windows Defender yang dimaksud.

Windows Defender dikenal sebagai Aplikasi Antivirus bawaan yang disematkan ke dalam sistem Windows 8 maupun 10 pada perangkat PC Anda.

Mengingat fungsinya lumayan penting dalam keberadaannya dalam sistem Windows, aplikasi ini masih banyak digunakan oleh para pengguna, meski pada banyak pengguna lain ingin menonaktifkannya untuk beberapa alasan.

Lantas bila pengguna merasa kalau aplikasi ini tidak lagi dibutuhkan, tentunya Cara Menonaktifkan Windows Defender sangat dibutuhkan agar tidak salah cara.

Kelemahan Windows yang sering membuat pengguna sedikit terganggu karena kinerjanya yang kerap menghapus banyak File yang sebenarnya bukan sebuah Malware ataupun virus yang berbahaya, dianggap sebagai virus yang merusak.

Banyak pengguna kerap mencari Cara Menonaktifkan Windows Defender dikarenakan juga sering memunculkan pop up yang kerap mengganggu pengguna ketika sedang mengoperasikan laptop ataupun PC Desktop-nya.

Oleh karena dua hal itulah para pengguna kerap mencari Cara Menonaktifkan Windows Defender miliknya dengan googling internet maupun ke konter komputer bagi yang tidak ingin ribet.

Cara Menonaktifkan Windows Defender


Windows Defender
Cara Menonaktifkan Windows Defender - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada banyak cara nonaktif yang bisa dilakukan, dan bisa dikatakan mudah untuk melakukannya.

Musah di sini sifatnya relatif, jadi bisa dilakukan oleh sendiri bila benar-benar ingin melakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan teman yang ahli komputer.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yang tentunya pengaplikasiannya bisa dicoba oleh diri sendiri. Bagaimana saja itu, mari kita cek.

BACA JUGA: Apa yang Terjadi Jika Komputer Tidak Ditemukan, Simak Penjelasannya Berikut ini!

1. Untuk Cara Menonaktifkan Windows Defender untuk yang menggunakan Windiws 10 secara permanen


Windows Defender
Cara Menonaktifkan Windows Defender - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan Windows Defender pada perangkat komputer Anda yang mengadopsi sistem operasi untuk Windows 10.

- Untuk yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan terlebih dahulu membuka menu menu Start, untuk selanjutnya, langkah berikutnya adalah dengan memilih opsi yang muncul, yakni Update & Security

- Kemudian setelahnya, buka opsi untuk pilihan Windows Security dan dilanjutkan dengan meng-klik opsi lanjutan yakni: Virus & Threat Protection.

- Setelahnya, pilih Manage & Setting untuk melanjutkan langkah selanjutnya, lantas pilih opsi berikutnya yaitu Virus & Threat Protection Setting.

- Langkah berikut dilanjutkan dengan mengalihkan tombol yang aktif, menjadi tidak aktif yang diberlakukan untuk menu Real Time Protection, Cloud Delivered Protection, dan juga menu bar untuk Automatic Sample Submission.


2. Cara Menonaktifkan Windows Defender pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 7


Cara Menonaktifkan Windows Defender berikutnya berlaku untuk perangkat yang menggunakan operasi sistem Windows 7.

Cara-caranya hampir sama seperti perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10 di atas, yakni:

- Langkah pertama adalah menekan menu Windows yang posisinya berada pada pojok kanan monitor perangkat, kemuduan ketikkan kata Windows Defender pada kolom prompt pencarian.

BACA JUGA: BSoD dan Cara Mengatasinya, Apa Saja? Cek

Setelah muncul pilih untuk opsi Windows Defendersnya.

- Pada menu Windiwows Defender yang sudah dipilih cara dan pilih menu tools untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

- Temukan menu Options, lalu klik untuk memilih.

- Setelahnya, biasanya pada bagian sebelah kiri menu akan terdapat menu Administrator.

- Setelah ada di menu Administrator, coba untuk menghilangkan tanda centang pada kotak Use this Program yang biasanya muncul.

- Untuk selanjutnya, pengguna akan melihat menu User Account Control yang akan muncul, yang Anda lakukan tinggal menekan kata Yes saja.

- Pada tahap ini, seharusnya Windows Defender pada sistem Windows 7 Anda sudah nonaktif, hal yang sama bisa Anda ulangi lakukan bila ingin mengaktifkannya kembali, tentu saja dengan opsi yang berlawanan dari sebelumnya.

3. Cara Menonaktifkan Windows Defender pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 8


Ada dua opsi yang bisa dilakukan untuk nonaktif Windows Defender pada Windows 8 Anda yakni untuk sementara maupun secara permanen.

Dan berikut cara yang bisa dilakukan tahap demi tahapnya:

Nonaktif Sementara

- Langkah pertama adalah dengan menekan tombol Windows + R agar jendela Run bisa terbuka.

- Kemudian langkah berikutnya dilanjutkan dengan memasukkan kata perintah: Service.msc dilanjutkan dengan menekan tombol Ok.

- Selanjutnya cari menu  Cari kemudian lakukan Double Click pada Windiws Defender yang sudah muncul di bar.

- Tahap berikut adalah mengubah Startup Type yang tadinya Enabled menjadi Disabled, kemudian tekan Apply dilanjutkan dengan Ok.

BACA JUGA: Tren Terbaru dalam Teknologi Prosesor untuk Komputer

Nonaktif Permanen

Cara Menonaktifkan Windows Defender berikutnya pada Windows 8 yang sifatnya permanen adalah dengan langkah:

- Untuk hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah mengarahkan mouse pada bagian atas monitor untuk mengklik menu Settings.

- Kemudian lakukan pengeklikan pada bar Control Panel yang sudah muncul.

- Selanjutnya cari menu Windows Defendernya, kemudian buka.

- Menu berikut yang harus dicari adalah Tab Settings.

- Setelah Tab Setting ditemukan, lakukan Uncheck atau langkah penghilangan tanda centang pada menu Turn on Real Time Protection, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Save Changes untuk menyimpat perubahan setting yang telah kita lakukan.


4. Cara Menonaktifkan Windows Defender pada perangkat dengan menggunakan Local Group Policy


Berbeda dengan Cara Menonaktifkan Windows Defender di atas, cara berikut ini adalah dengan melibatkan Local Group Policy.

Untuk tahap demi tahapnya seperti berikut:

- Untuk langkah pertama adalah dengan menekan Win + R untuk memunculkan kotak Run, kemudian ketik prompt perintah yakni gpedit.msc lalu tekan Ok.

BACA JUGA: Apa Itu ANBK? Simak Begini Penjelasannya!

- Berikutnya cari Locak Group Policy untuk kemudian cari folder Administrative Templates pada bagian computer configuration.

- Lantas pada bagian tersebut lanjutkan buka windows components kemudian lanjutkan ke Windows Defender.

- Cari file Turn Off Windows Defender yang biasanya terletak di bagian sebelah kanan. Lakukan double click pada tahap ini untuk kemudian proses selanjutnya adalah melakukan klik Enabled untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen dan tidak bisa diaktifkan kembali.

- Langkah terakhir klik Apply untuk kemudian komputer direstrat terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Itulah beberapa Cara Menonaktifkan Windows Defender di perangkat komputer Anda baik secara sementara maupun permanen.***







Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.