Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Contoh Tumbuhan Umbi Lapis yang Ada di Sekitar Kita, dan Beberapanya Bisa Dikonsumsi

Contoh Tumbuhan Umbi Lapis
Bunga Tulip - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Contoh Tumbuhan Umbi Lapis termasuk kedalam golongan Umbi-umbian yang merupakan bagian dari tumbuhan yang telah lama dimanfaatkan manusia sebagai sumber makanan.

Umbi dalam hal ini memiliki peran penting dalam penyediaan karbohidrat, serat, vitamin, serta mineral dalam program diet manusia serta menjadikannya sumber energi bagi hewan.

Salah satu jenis umbi yang pastinya sangat menarik untuk dibahas adalah Umbi Lapis, sebuah famili tumbuhan yang memiliki struktur unik dan berbeda dari jenis tanaman umbi lainnya.

Ada Contoh Tumbuhan Umbi Lapis yang populer salah satunya adalah bawang bombai, merupakan tanaman yang melakukan proses perberkembangbiakkannya dengan menggunakan umbi lapis.

Secara pengertian keilmuan, umbi lapis adalah sejenis daun yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, yang strukturnya tersusun secara berlapis-lapis, dan umumnya tumbuh di dalam tanah.

Secara rinci, umbi jenis ini juga diselubungi oleh sisik-sisik yang menyerupai kertas, fungsinya tentu saja untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap faktor lingkungan serta adanya serangan yang tidak diinginkan dari organisme patogen.

Pada proses perkembangbiakan umbi lapis dimulai dari penanaman umbi induk ke dalam tanah.

Dalam perkembangan setelahnya, umbi tersebut akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan, untuk kemudian membentuk umbi lapis baru yang memiliki struktur serupa dengan umbi indukan.

Dalam hal ini, selama proses ini, umbi lapis akan menyerap sejumlah nutrisi yang diperlukan dari dalam tanah untuk mendukung pertumbuhan juga akumulasi cadangan makanan di dalamnya.

Setelah mencapai kematangan tertentu yang dirasa cukup oleh tumbuhannya sendiri, umbi lapis ini sudah dapat dipanen untuk dikonsumsi manusia atau untuk reproduksi lebih lanjut lagi.

BACA JUGA: Daur Hidup Tumbuhan Paku dari Spora Hingga Tumbuhan Baru

Contoh Tumbuhan Umbi Lapis yang Ada di Sekitar Kita


Ada beberapa Contoh Tanaman Umbi Lapis yang tumbuh di sekitar kita, yang tentunya keberadaanya bisa dimanfaatkan, seperti:

1. Bawang Bombai


Contoh Tumbuhan Umbi Lapis
Bawang Bombai - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Bawang bombai atau dalam bahasa latin Allium cepa adalah salah satu Contoh Tumbuhan Umbi Lapis paling umum ditemukan selain jenis bawang-bawangan lainnya.

Tanaman bawang bombai sudah sangat  lama dijadikan komoditas pertanian untuk diambil hasilnya sebagai tanaman bumbu yang dimasukan ke dalam menu masakan di hampir semua negara di dunia.

Umbi lapis bawang bombai memiliki ciri khas dengan tampilan luar berwarna putih hingga ungu, dengan lapisan-sisik yang menutupi bagian luarnya.

Bawang bombai memiliki rasa pedas dan aromanya yang khas menjadikan bawang bombai biasa dijadikan sebagai bahan utama dalam banyak resep masakan, baik untuk konsumsi makanan mentah maupun untuk banyak makanan yang dimasak.

Pemanfaatan umbi lapis bawang bombai tidak hanya terbatas pada konsumsi manusia semata, lebih dari itu juga memiliki nilai ekonomis yang sangat  tinggi dalam membantu perekenomian petani.

Bawang bombai menjadi salah satu komoditas penting dalam industri kuliner di duniq dan bisa diolah menjadi berbagai produk turunan, mulai dari bumbu, saus, atau bahan dasar makanan olahan lainnya.

Bukan hanya itu, bawang bombai juga memiliki nilai kesehatan yang penting karena kandungan nutrisi di dalamnya yang tinggi, termasuk ada serat, vitamin C, serta senyawa antioksidan, dan yang lainnya.

2. Bawang Merah


Contoh Tumbuhan Umbi Lapis
Bawang Merah - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tidak berbeda dengan bawang bombai, bawang merah juga termasuk dalam kelompok tanaman umbi lapis Allium cepa L.

Bawang merah berkembang biak secara vegetatif serta memiliki ciri khas mirip bombai yakni lapisan-lapisan di dalamnya.

Di kawasan Asia sendiri, bawang merah sangat terkenal digunakan sebagai bumbu penyedap yang penting dalam berbagai jenis masakan juga acar, serta digunakan dalam pemanfaatan obat tradisional yang populer.

BACA JUGA: 4 Contoh Tumbuhan Geragih yang Bisa Dikonsumsi Oleh Manusia

Sebagai salah satu Cintoh Tumbuhan Umbi Lapis, bawang merah memiliki struktur yang unik dengan lapisan-lapisan yang dapat terlihat ketika tanaman ini dibelah.

Tanaman ini berkembang biak melalui proses pembentukan umbi baru dari umbi yang sudah ada, sehingga memungkinkan melakukan reproduksi tanpa harus membutuhkan biji.

Dalam hal ini penggunaan bawang merah dalam mayoritas masakan di Asia tentunya sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari dunia kuliner di wilayah ini.

Rasa bawang merah yang memiliki ciri khas serta aromanya yang menyengat tentu saja bisa memberikan cita rasa yang kaya pada masakan, baik yang dimasak dengan cara direbus, digoreng, maupun ditumis.

Bukan hanya itu, bawang merah juga sering digunakan sebagai media untuk obat dalam prosesi pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit ringan hingga sedang.

3. Bawang Putih


Contoh Tumbuhan Umbi Lapis
Bawang Putih - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Contoh Tumbuhan Umbi Lapis selanjutnya adalah bawang putih yang merupakan tanaman umbi lapis yang merupakan tumbuhan dari genus Allium.

Bawang putih populer digunakan dalam masakan manusia sudah sangat lama, selama lebih dari 7.000 tahun, bawang putih juga memiliki sejarah panjang sebagai media obat tradisional, terutama di kawasan Mesir Kuno.

Sebagai bagian dari keluarga tanaman Allium, bawang putih memiliki keunikan tersendiri dibanding dua jenis bawang lainnya, yakni umbinya tumbuh di bawah tanah dengan terdiri dari lapisan-lapisan yang terpisah.

Untuk proses perkembangbiakannya sendiri umumnya melalui biji, meskipun juga dapat berkembang biak secara vegetatif melalui pembentukan tunas baru dari umbi yang sudah ada, yang merupakan umbi indukan.

Bukan hanya bawang merah dan dan bawang bombai, penggunaan bawang putih dalam masakan juga telah menyebar ke berbagai budaya di seluruh dunia, untuk memberikan rasa dan aroma yang khas pada hidangan.

Bukan hanya itu, dalam bidang kesehatan, bawang putih dikenal memiliki berbagai manfaat obat, seperti sifat antimikroba dan antiinflamasi, serta dapat membantu dalam menjaga kesehatan pada jantung serta sistem imun tubuh.

BACA JUGA: Hutan Mangrove Jakarta, 5 Daya Tarik yang Membuat Wisatawan Datang Lagi dan Lagi

4. Bunga Bakung


Jika Contoh Tumbuhan Umbi Lapis yang berupa bawang-bawangan di atas bisa dikonsumsi, tidak dengan bunga bakung, jenis umbi lapis lainnya yang berasal dari genus Lilium.

Bunga bakung memiliki sekitar 110 varietas yang berbeda saat ini. Dari sekian banyaknya jenis bunga bakung yang tumbuh di alam, beberapanya menghasilkan umbi lapis yang terkubur di bawah tanah, sementara jenis bunga bakung lain ada yang menghasilkan rhizoma ataupun bentuk lain yakni berupa rimpang.

5. Bunga Tulip


Masih mirip-mirip dengan bunga bakung, Tulip merupakan tanaman yang bisa berkembang biak baik secara seksual melalui penyerbukan maupun aseksual yang dilakukannya melalui tunas.

Pada musim semi, umumnya bunga tulip akan menghasilkan umbi lapis yang berswmbunyi di bawah tanah.

Tanaman tulip tumbuh dengan ketinggian yang sangat bervariasi, mulai dari yang 10 cm hingga mencapai ketinggian 70 cm.

Daun bunga tulip mengilat, cenderung berlilin atau menyempit ke atas, sementara bunganya sendiro memiliki ukuran besar yang terdiri dari enam helai mahkota.

BACA JUGA: Selalu Menjadi Incaran Anak Muda, Inilah Kelebihan Mengambil Jurusan IPA saat SMA

Secara keseluruhan, tanaman umbi lapis merupakan bagian menarik dan bermanfaat dari tanaman seperti bawang bombai.

Jenis tanaman ini, khususnya bawang-bawangan tidak hanya menyediakan sumber makanan yang penting bagi manusia dan hewan, tetapi juga memiliki nilai ekonomis tinggi dan memiliki peran dalam menjaga keseimbangan ekosistem pertanian secara keseluruhan.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.