Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jelaskan Secara Singkat Apa yang Dilakukan dan Dipelajari oleh Calon Guru Penggerak Pada pendampingan Individu Calon Guru Penggerak?

Jelaskan Secara Singkat Apa yang Dilakukan dan Dipelajari oleh Calon Guru Penggerak Pada pendampingan Individu Calon Guru Penggerak
Jelaskan Secara Singkat Apa yang Dilakukan dan Dipelajari oleh Calon Guru Penggerak Pada pendampingan Individu Calon Guru Penggerak


SwaraWarta.co.id - Pada Pendampingan Individu Calon Guru Penggerak (CGP), CGP akan mendapatkan bimbingan dan pendampingan secara individual dari Pengajar Praktik (PP) untuk membantu mereka menerapkan hasil pembelajaran yang telah mereka dapatkan dari pelatihan daring dan lokakarya.

Tujuan utama pendampingan individu adalah untuk:

  • Membantu CGP dalam menerapkan pedagogi dan asesmen yang berpusat pada murid.
  • Mengembangkan kepemimpinan pembelajaran CGP di sekolah dan komunitasnya.
  • Memfasilitasi kolaborasi antar CGP dan stakeholder lainnya dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Kegiatan yang dilakukan dalam pendampingan individu meliputi:

  • Diskusi tentang pengalaman belajar CGP di kelas.
  • Refleksi atas praktik pembelajaran CGP.
  • Pemberian umpan balik dan saran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Pengembangan rencana aksi untuk memajukan sekolah dan komunitas belajar.

Selama pendampingan individu, CGP akan mempelajari berbagai hal, seperti:

  • Bagaimana merancang pembelajaran yang berpusat pada murid.
  • Bagaimana menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang efektif.
  • Bagaimana melakukan asesmen yang berkualitas untuk mengukur kemajuan belajar murid.
  • Bagaimana memimpin pembelajaran di sekolah dan komunitasnya.
  • Bagaimana berkolaborasi dengan stakeholder lainnya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Pendampingan individu merupakan bagian penting dari Program Pendidikan Guru Penggerak.

Melalui pendampingan ini, CGP diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan mereka sebagai guru dan pemimpin pembelajaran, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Mengapa Mata Kuliah ISBD Menjadi Penting dalam Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi?

Dampak dari Pendampingan Individu

Pendampingan individu tidak hanya bermanfaat bagi CGP, tetapi juga berdampak positif pada sekolah dan komunitas belajar.

Melalui diskusi dan refleksi bersama Pengajar Praktik, CGP dapat mengidentifikasi kebutuhan belajar spesifik murid di sekolahnya.

Dengan menerapkan ilmu dan strategi yang didapat selama pendampingan, CGP dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya.

Selain itu, kolaborasi yang terjalin antara CGP dan stakeholder lain selama pendampingan individu dapat menumbuhkan semangat inovasi dan perbaikan berkelanjutan di sekolah.

Tantangan dalam Pendampingan Individu

Meskipun bermanfaat, pendampingan individu juga menghadapi beberapa tantangan. Menyediakan waktu yang cukup untuk sesi pendampingan di tengah kesibukan mengajar menjadi salah satu tantangan yang kerap dihadapi.

Selain itu, kesiapan dan keterbukaan CGP untuk menerima umpan balik dan keluar dari zona nyaman juga menjadi faktor penting agar pendampingan individu berjalan efektif.

Dukungan dari kepala sekolah dan stakeholder lainnya di sekolah juga dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi CGP untuk belajar dan berkembang.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter