Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Keutamaan Surat Yasin; dari Mulai Jantungnya Quran hingga Memberi Kemudahan dalam Pemecahan Masalah

Surat Yasin
Surat Yasin - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Surat Yasin merupakan salah satu surat dalam Al Quran yang memiliki Keutamaan Surat Yasin yang dijelaskan dalam hadis-hadis shahih sebagai "kalbunya Al Quran".

Keutamaan Surat Yasin tentunya menunjukkan keistimewaan dalam keseluruhan surat di dalam  Al Quran.

Keutamaan Surat Yasin, bagi yang membacanya secara rutin, tentu saja memiliki manfaat yang sangat besar.

Terletak di dalam Al Quran pada Juz 22 dan 23, surat ini terdiri dari 83 ayat dan merupakan surat Makkiyah.

Menurut Tafsir Ibnu Katsir, isi Surat Yasin sendiri memberikan penegasan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah sebenar-benarnya utusan Allah yang diturunkan untuk membawa manusia kepada ajaran agama yang benar.

Selain itu, surat ini juga memuat perihal pembahasan ikhwal kematian, siksa, juga peringatan bagi manusia yang tidak beriman kepada Allah di alam kubur kelak, serta balasan yang akan diterima di akhirat nanti.

Dengan pesan-pesan penting yang terkandung di dalamnya tentang kehidupan dan keimanan, Surat Yasin menjadi sebuah bacaan yang akan memperkaya makna bagi umat Islam yang berusaha memahami ajaran agama mereka dengan jauh lebih dalam.

Arti dari Surat Yasin sendiri secara lebih spesikif tentunya hanya Allah yang mengetahuinya dengan pasti.

Akan tetapi sebagian ulama tafsir menafsirkannya sebagai nama Nabi Muhammad SAW.

Ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu 'Abbas, Yasin diartikan sebagai "ya insan" atau "wahai manusia", yang merujuk kepada Nabi Muhammad.

Pendapat serupa yang menguatkan, juga disampaikan oleh beberapa ulama seperti Abu Hurairah, 'Ikrimah, adh-Dhahak, Sufyan bin Uyainah, dan Sa'id bin Jubair.

Ada juga sebagian lainnya yang menginterpretasikan Yasin sebagai singkatan dari nama-nama Allah.

BACA JUGA: 8 Keutamaan Surat Al Fatihah, Salah Satunya Bisa Menjadi Surat untuk Rukyah

Keutamaan Surat Yasin


Surat Yasin
Surat Yasin - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada beberapa keutamaan yang bisa dipahami dan diambil hikmahnya saat membaca Surat Yasin, beberapa di antaranya adalah:


1. Amalan yang Pahalanya Setara 10x Lipat Baca Al Quran


Keutamaan Surat Yasin pertama, menurut hadis, membaca Surat Yasin memberikan keutamaan yang besar, di mana pahalanya setara dengan membaca Alquran sepuluh kali lipat.

Hal ini tentunya menunjukkan betapa pentingnya Surat Yasin dalam Islam dan dorongan untuk membacanya secara rutin.

Keistimewaan ini menjadi motivasi penuh bagi umat Islam untuk menghafalkan serta membaca Surat Yasin sebagai bagian dari ibadah keseharian mereka.

Hadis ini menekankan nilai spiritual serta keberkahan yang terkandung di dalamnya saat membaca Surat Yasin.

Dalam hal ini semakin menunjukkan sebagai bentuk mengingatkan umat Islam akan kebesaran pahala yang dapat mereka peroleh melalui amalan sederhana seperti membaca surat tersebut.

Karena hal itulah, Surat Yasin tidak hanya dianggap sebagai bacaan yang memberikan hikmah dan petunjuk, lebih dari itu menjadi  sumber pahala yang besar bagi umat Islam yang selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah dan amal shalih.

2.  Jantungnya Quran


Surat Yasin
Surat Yasin - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Dalam hadis shahih telah disesbutkan bahwa Surat Yasin dianggap sebagai "jantungnya Al Quran".

Hal ini tentunya semakin menegaskan akan pentingnya surat tersebut dalam keseluruhan Al Quran, dan juga menunjukkan kedalaman maknanya beserta keutamaannya dalam kehidupan umat Islam.

Sebagai jantung Al Quran, Surat Yasin memiliki peran sentral dalam memperkuat jiwa spiritualitas serta pemahaman terhadap ajaran Islam bagi yang membacanya.

BACA JUGA: 5 Keutamaan Surat Ar Rahman yang Berguna Bagi Kehidupan Kita Sebagai Umat yang Taat

3. Diampuni Dosa Malam Harinya Ketika Esok Harinya


Keutamaan Surat Yasin berikutnya adalah bahwa bila membaca Surat Yasin pada malam hari maka akan mendapatkan pengampunan dosa pada keesokan harinya.

Sudah barang tentu, hal ini kian menegaskan betapa pentingnya bacaan Surat Yasin dalam meningkatkan keberkahan dan keberlimpahan rohani bagi umat Islam tanpa terkecuali.

Membaca Surat Yasin pada malam hari bukan sekadar sebagai amalan untuk memperdalam hubungan spiritual semata dengan Allah SWT, lebih dari itu juga sebagai upaya untuk mendapatkan pengampunan atas segala dosa-dosa yang telah dilakukan selama ini.

Keistimewaan ini dapat memberikan motivasi tambahan bagi seluruh umat Islam untuk meluangkan waktu pada malam hari guna membaca Surat Yasin, sebagai suatu bentuk pengabdian dan upaya untuk memperbaiki hubungan mereka dengan Sang Pencipta.

Dengan demikian, membaca Surat Yasin pada malam hari tidak hanya menjadi amalan yang sangat terpuji dan disarankan, tetapi juga merupakan sebuah sarana untuk mendapatkan pengampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

Hal ini tentunya akan menjadi harapan dan keinginan setiap orang yang beriman.

BACA JUGA: 5 Keutamaan Surat Al Ikhlas Bila Rutin Dibaca dan Diamalkan

4. Rahmat Bagi Orang yang Telah Wafat


Keutamaan Surat Yasin berikut, menurut ulama terletak pada pengaruhnya dalam mendatangkan rahmat bagi orang yang sudah meninggal.

Ketika Surat Yasin dibacakan untuk seseorang yang sedang menghadapi ajalnya atau untuk orang yang telah meninggal, tujuannya tentu saja untuk memohon agar rahmat dan berkah Allah diturunkan kepada mereka yang telah almarhum tersebut.

Amalan membaca Yasin ini merupakan salah satu bentuk doa terbaik dan upaya untuk memohon keberkahan serta pengampunan atas dosa bagi orang yang telah meninggal, serta memberikan rasa ketenangan bagi mereka yang sedang dalam kondisi sakaratul maut.

Surat Yasin juga dipercaya sebagai bacaan yang mampu membawa manfaat secara spiritual bagi orang yang akan meninggal dan juga bagi keluarga serta orang-orang yang bersedih karena kepergian orang meninggal tersebut.

Hal ini menunjukkan kedalaman makna serta keberkahan yang terkandung dalam amalan membaca Surat Yasin dalam kehidupan umat Islam, baik bagi yang masih hidup maupun bagi mereka yang telah meninggalkan dunia ini.

5. Bisa Memudahkan dengan Segera Segala Kesulitan


Sebagian ulama sudah menekankan bahwa salah satu keutamaan Surat Yasin adalah bahwa jika dibacakan dalam situasi yang sulit atau urusan yang rumit, Allah akan memudahkan jalannya.

Penjelasan akan keterangan ini diperkuat oleh tafsir Ibnu Katsir yang menyatakan bahwa setiap kali menghadapi kesulitan atau musibah, membacakan Surat Yasin akan menyebabkan Allah mempermudah penyelesaian masalah tersebut dengan segera.

Hal ini menunjukkan bahwa Surat Yasin tidak sekadar menjadi sumber keberkahan dan pahala, tetapi juga sebagai sarana untuk memohon bantuan meminta upaya pertolongan hanya kepada Allah dalam menghadapi semua tantangan hidup.

BACA JUGA: Apa yang Dimaksud dengan Fawatihus Suwar?

Dengan membaca Surat Yasin, umat Islam akan dipenuhi dengan keyakinan bahwa Allah adalah Sang Maha Pengatur yang mampu mengatasi segala kesulitan dan memberikan solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

Oleh karena itu, keberadaan Surat Yasin dalam kehidupan sehari-hari umat Islam menjadi sangat berarti, karena selain memberikan ketenangan secara spiritual, tetapi juga, surat tersebut menjadi sarana untuk memohon pertolongan dan bimbingan Allah dalam menghadapi segala rintangan dan cobaan hidup.

Keutamaan Surat Yasin tidak terbatas dari lima hal di atas saja, tetapi ada keutamaan-keutamaan lainnya dari pembacaan Surat Yasin.***



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.