Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mengenal Mengerti dan Memahami Isi Ad dan Art Gerakan Pramuka

 

Mengenal Mengerti dan Memahami Isi Ad dan Art Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka (Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - Gerakan Pramuka adalah sebuah organisasi kepanduan yang didirikan dengan tujuan untuk membentuk kader-kader bangsa yang berkualitas dengan memiliki kepribadian yang mulia. 

Gerakan Pramuka hadir untuk membantu mencetak generasi muda Indonesia yang beriman dan bertaqwa serta memiliki sikap yang positif, keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk menjadi bagian dari pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara. 

Dalam Gerakan Pramuka, ada AD/ART atau aturan dasar dan operasional organisasi yang sangat penting untuk dipahami oleh seluruh anggota Pramuka.

AD/ART Gerakan Pramuka merupakan satu kesatuan yang berkaitan erat karena AD (Anggaran Dasar) menjadi dasar hukum dan ART (Anggaran Rumah Tangga) menjadi panduan pelaksanaan. 

Sebagai dasar hukum, AD mencantumkan tujuan Pramuka dalam mencetak kader-kader bangsa yang berkualitas. 

Baca Juga:

Pramuka Dihapus dari Ekstrakulikuler Wajib, Begini Faktanya!

Sedangkan sebagai panduan pelaksanaan, ART memberikan gambaran tentang organisasi Pramuka secara detail, termasuk pengertian tentang anggota, jenjang organisasi, kepengurusan, serta tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh setiap anggota.

AD/ART Gerakan Pramuka memiliki fungsi yang penting dalam memperkuat persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka.

Selain itu gerakan Pramuka memberikan landasan gerakan, dan sebagai pengikat organisasi Gerakan Pramuka dalam hal prinsip, idealisme, tindak laku serta organisatoris, sosial, maupun budaya. 

Selain itu, AD/ART juga berfungsi sebagai landasan manajemen dan pemberdayaan sumber daya Gerakan Pramuka.

Dalam AD/ART Gerakan Pramuka terdapat beberapa pokok penting yang harus diperhatikan oleh setiap anggota Pramuka, seperti eksistensi, asas, tujuan, tugas pokok dan fungsi, sistem, organisasi, musyawarah dan referendum, serta atribut Pramuka.

Selain itu, AD/ART Gerakan Pramuka juga mengatur mengenai panduan penyempurnaan, sejarah singkat Gerakan Pramuka, penggolongan usia peserta didik.

Bahkan AD/ ART mengatur praktik otonomi daerah, pembinaan Gudep Berpangkalan di Sekolah/Kampus dan gudep wilayah serta tersedianya pembina yang berkualitas.

Tidak hanya itu saja, Gerakan Pramuka juga memiliki lima unsur terpadu dalam kepramukaan yaitu prinsip dasar, metode kepramukaan, kode kehormatan, motto, dan kiasan dasar. 

Kelima unsur tersebut sangat penting sebagai pedoman dan arah pembinaan kaum muda di Gerakan Pramuka.

Prinsip dasar kepramukaan memuat norma hidup bagi setiap anggota Pramuka, sedangkan metode kepramukaan terdiri dari cara belajar interaktif dan progresif melalui pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.

Selain itu prinsip pramuka memuat prinsip belajar sambil melakukan, sistem berkelompok, kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rokhani dan jasmani peserta didik.

Kegiatan di alam terbuka, sistem Tanda Kecakapan, sistem satuan terpisah untuk Putera dan Puteri, dan kiasan dasar.

Motto Gerakan Pramuka

Mengenal Mengerti dan Memahami Isi Ad dan Art Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka (Dok. Ist)

Motto Gerakan Pramuka "SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KUBAKTIKAN" merupakan bagian terpadu proses pendidikan yang berfungsi sebagai pengingat setiap anggota Pramuka untuk selalu mengamalkan Kode Kehormatan Pramuka.

Demikianlah penjelasan mengenai AD/ART dan fungsi Gerakan Pramuka serta lima unsur terpadu dalam kepramukaan. 

Penting bagi seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk memahami hal-hal tersebut agar dapat menjalankan tugas dan fungsi Gerakan Pramuka dengan baik.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter