Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pulau Kelor Labuan Bajo, Berburu Sunset dan Menikmati Surga Keindahan Alam Bawah Laut

Labuan Bajo
Pulau Kelor - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Labuan Bajo merupakan destinasi wisata di bagian timur Indonesia yang sangat memukau dengan keindahan alamnya yang masih alami, termasuk Pulau Kelor-nya.

Pulau Kelor menjadi permata tersembunyi yang memancarkan segala keindahannya termasuk panorama alamnya yang benar-benar tidak ada lawan.

Pulau Kelor adalah perpaduan yang eksotik antara hijauannya pohon-pohon dan rerimbunan tanaman dengan birunya air laut yang berkilauan ditimpa sinar matahari, juga hamparan putih pasir pantainya.

Hal ini tentunya membuat Pulau Kelor sebagai surga tersendiri di antara ketengan pantainya yang sangat istimewa.

Secara letak geografis, Pulau Kelor hampir berada di area tersembunyi di kawasan Pulau Flores yang merupakan area populer para pecinta alam yang haus akan petualangan.

Lokasinya sendiri mampu memberikan ketenangan bagi siapa pun yang berniat menepi sejenak dari hiruk-pikuk serta kebisingan area perkotaan yang sering membuat stress.

Untuk ukuran pulaunya sendiri tidak terlalu luas, hanya pula kecil saja, tetapi daya tariknya sungguh luar biasa besarnya hingga para pengunjung lokal sampai ke mancanegara banyak yang tertarik untuk datang dan singgah di lokasi ini.

Pulau Kelor adalah surga yang tenang dan damai yang dikelilingi oleh lautan biru serta hamparan pasir pantainya yang putih lembut, kombinasi yang luar biasa memanjakan penglihatan.

Pulau Kelor menjadi destinasi para pengunjung yang menginginkan tempat yang sunyi terapi damai dan tenang, untuk sekadar merilekkan pikiran yang kerap penat memikirkan banyak hal serta rutinitas keseharian yang menumpuk.

Pulau Kelor adalah alternatif yang bisa dikunjungi untuk membebaskan pikiran dari penat kuga kecemasan yang susah sembuh.

BACA JUGA15 Pantai di Banten Paling Diminati, Jangan Sampai Diabaikan, Guys!

Mengenal Lebih Dekat Pulau Kelor, Labuan Bajo


Labuan Bajo
Pulau Kelor - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada banyak hal perlu diketahui oleh para pengunjung sebelum memutuskan untuk menjejakkan di pulau tidak berpenghuni tersebut.

Yang tentunya bisa membantu panduan ketika Anda memutuskan untuk berpetualang di area Pulau Kelor, Labuan Bajo.

Ada beberapa harus diketahui, yang tentunya menjadi satu panduan berharga selama mengunjungi Pulau Kelor tersebut.

1. Rute yang Bisa Diambil untuk Sampai di Pulai Kelor


Pulau Kelor adalah punlau terpencil yang ukurannya tidak telalu luas yang berada di tengah-tengah lautan.

Karena hal inilah untuk sampai di Pulau Kelor ada dua rute jalur yang bisa diambil yang tentunya juga butuh keberanian karena untuk sampai ke tengah pulau harus menggunakan alat transportasi tambahan yakni antara Speedboat maupun kapal perahu.

Sebelum bisa tiba di Pulau Kelor, para pengunjung harus tiba dulu di Labuan Bajo sebagai titik keberangkatan menuju ke pula di tengah laut tersebut.

Labuan Baju bisa dikatakan sebagai pintu gerbang utama di Nusa Tenggara Timur untuk sampai ke Pulau Kelor.

Dari Labuan Bajo dua alternatif angkutan yang bisa dipilih adalah menggunakan speedboat yang memiliki kecepatan untuk sampai lebih cepat, atau menggunakan kapal tradisional warga setempat yang butuh setengah atau satu jam untuk sampai di titik tujuan.

Setelah menaiki speedboat atau kapal tradisional yang menantang, para pengunjung baru akan bisa menikmati keindahan panorama alam Pulau Kelor yang sangat luar biasa ini.

Setibanya di Pulau Kelor, para pengunjung langsung disambut oleh hamparan pasir putihnya yang menakjubkan plus ombak dan laut birunya yang menantang.

BACA JUGA15 Pantai di Lombok yang Terkenal Karena Keeksotisannya

2. Biaya yang Harus Dipersiapkan


Labuan Bajo
Pulau Kelor - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Berkunjung ke Pulau Kelor melalui Labuan Bajo tentunya bukanlah perjalanan wisata yang murah, karena untuk biaya penyewaan speedboat atau kapal tradisionalnya saja sudah harus merogoh kocek lebih dalam.

Sebagai gambaran umum, untuk berangkat menuju Pulau Kelor dengan menggunakan speedboat atau kapal tradisional, wisatawan minimal harus sudah mengeluarkan uang sebanyak Rp. 500 ribu rupiah hingga Rp. 1 juta rupiah, ini bergantung jenis transportasi yang dipakai baik kapal maupun speedboat.

Tapi tenang, biasanya harga seperti di atas tersebut sudah termasuk bisa masuk ke beberapa destinasi wisata lainnya, semisal Pulau Rinca, Pink Beach, Pulau Padar, hingga ke area Pulau Komodo.

Untuk memastikan bahwa destinasi-destinasi wisata tersebut sudah termasuk ke dalam biaya yang dikeluarkan pada saat menyewa perahu bisa ditanyakan terlebih dahulu pada saat hendak berangkat agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Takutnya biaya yang dibayar pas sewa perahu, tidak termasuk tiket masuk destinasi wisata lainnya. Ini harus diperhatikan.

3. Daya Pikat Pulau Kelor


Labuan Bajo
Pulau Kelor - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Kalau sudah tiba di Pulau Kelor, pastinya para pengunjung akan bisa menyaksikan keindahannya untuk dinikmati sekaligus dikagumi, karena destinasi pulau ini memang menyajikan bentang alam yang sangat luar biasa.

Ada beberapa daya pikat yang bisa dinikmati oleh para pengunjung pada saat berada di Pulau Kelor, yakni:

- Pemandangan Alamnya yang Luar Biasa Cantik

Pulau Kelor menyajikan surga keindahan tidak terbatas, seperti keindahan di negeri-negeri dongeng yang penuh fantasi.

Dengan laut birunya yang luas dan tak berbatas, keindahan tersebut berpadu indah dengan hamparan pasir pantainya yang putih besar dan dipadu dengan ombak yang menyisir pantai.

Keindahan ini tentunya tak bisa begitu saja diabaikan atau disia-siakan, pastinya akan dinikmati dengan sepenuh hati.

BACA JUGA10 Pantai Yogyakarta yang Cantik dan Eksotik

- Menyelam dan Snorkeling

Pulau Kelor menyajikan keindahan bawah laut yang sangat luar biasa. Karena hal itulah aktivitas snorkeling atau menyelam menjadi hal paling menyenangkan bila berkunjung ke lokasi ini.

Di bawah laut Pulau Kelor, keindahan hamparam terumbu karang yang luar biasa cantik yang ditingkapi dengan lalu lalang ikan kecil dan besar yang beraneka warna semakin menambah kecantikan taman bawah laut ini.

Bagi yang ingin menyelam atau snorkeling tetapi tidak membawa peralatannya dari rumah, tidak perlu khawatir karena di lokasi ini ada tempat penyewaan yang tentunya membutuhkan anggaran yang relatif tidak murah.

Tetapi meskipun tidak murah, akan terbayar dengan keindahan yang akan kita temui di bawah laut tersebut.

- Mendaki Gunung untuk Mencari Spot Keindahan

Bukan hanya menikmati keindahan bawah airnya saja, di Pulau Kelor para pengunjung juga bisa menanfaatkan keberadaan bukit-bukit yang ada di lokasi.

Para pengunjung bisa melakukan aktivitas pendakian bukit untuk bisa mencapai puncak untuk kemudian bisa menikmati keindahan alam sekitar dari atas ketinggian.

Hal ini tentunya bisa jadi alternatif lain dalam menikmati sekaligus berpetualang untuk menyaksikan pemandangan laut dan alam sekitarnya dari atas bukit.

Dari atas bukit para pengunjung bisa menyaksikan pulau-pulau lain yang ada di sekitar pulau yang mampu menciptakan sensasi tersendiri dalam menikmati keindahan alam ciptaan Allah.

- Suasana Tenang dan Damai

Pulau Kelor adalah pulau terpencil tanpa penghuni, hal ini tentunya menjadikan pulau ini begitu tenang dan damai tanpa hiruk pikuk dan kebisingan dari orang-orang seperti di perkotaan atau destinasi publik lainnya.

- Keindahan Panorama Saat Sunset Maupun Sunrise

Yang tidak kalah menariknya dari Pulau Kelor adalah perburuan momen matahari tenggelam ataupun terbit.

BACA JUGA10 Pantai Banten Paling Eksotik! Cocok untuk Libur Lebaran

Karena pada momen inilah keindahan alam tak terperi menjadi hal yang luar biasa. Dengan warna orangenya yang menakjubkan, membuat para pengunjung akan terpana dan merasakan sensasi yang tidak mudah untuk dilupakan.


Mengunjungi Pulau Kelor di Labuan Bajo tentunya akan menjadi pengalaman luar biasa yang akan diingat sepanjang hayat, meskipun biaya yang harus dikeluarkan tidak murah.***




Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.