Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Seorang Adik di Klaten Tega Habisi Nyawa Kakaknya Sendiri

 

Evakuasi pembunuhan seorang kakak oleh adik kandungnya
Evakuasi pembunuhan seorang kakak oleh adik kandungnya
( Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - SP nama samaran Pran (51) dari Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Klaten, telah membunuh kakak kandungnya, SAP nama samaran Totok (58), di depan rumah tempat mereka tinggal bersama ibu mereka, SW (80). 

Ada kisah menarik tentang keluarga mereka menurut tetangga mereka. Kakak yang disebut SAP diketahui menderita gangguan kejiwaan. 

Menurut Bambang, Pran selama ini membeli segala macam kebutuhan untuk merawat kakak dan ibunya. 

BACA JUGA: Remaja Tewas Usai dibawa Ngamar Pria Tak Dikenal

"Tiap hari bertiga di rumah bersama ibunya, tapi ibunya tidak bisa apa-apa karena sudah tua. Yang merawat (kakak dan ibunya) ya adiknya itu," ungkap Ketua RT 1 RW 9 Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Bambang (48) saat ditemui detikJateng di lokasi, Kamis (25/4/2024).

Dia menambahkan, kakak Pran selama ini tidak pernah keluar rumah. Di dalam rumah dia sering berteriak-teriak.

"Yang masak, sembarang, termasuk beli rokok (buat kakaknya). Pagi Pran beli sarapan, lalu menyuapi ibunya, dulu seingat saya pernah juga gangguan jiwa tapi sudah sembuh," jelas Bambang.

 Tetangga lain, Sriyono (53) mengungkapkan bahwa Pran dulunya bekerja di konstruksi bangunan. 

BACA JUGA: Polisi Berhasil Amankan Pelaku Begal yang Bacok Bocah SMP

"Saudara mereka di Jakarta semua ada enam orang. Kalau Pran itu dulu di bangunan, tapi karena ibunya semakin tua yang merawat ya Pran. Itu didukung saudaranya yang di Jakarta," kata Sriyono dilansir dari detikJateng.

Setelah ibunya lanjut usia, Pran tidak bekerja dan merawat ibunya di rumah. Menurut Sriyono, keluarga itu dulunya cukup terhormat. 

Ayah mereka, yang sudah meninggal, dulu bekerja di PJK.

"Dulu ayahnya kerja di PJKA. Kalau Pran itu biasa, ya keluar bergaul, belanja kebutuhan, dan lainnya," imbuh Sriyono.

Sebelumnya, pada Rabu (24/4) sekitar pukul 21.00 WIB, Pran membunuh kakaknya, namun motifnya masih belum terungkap oleh penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Klaten

Setelah menerima laporan kejadian tersebut, tim Satuan Reserse Kriminal Polres Klaten segera menuju lokasi, memeriksa saksi-saksi, mengamankan barang bukti, dan menangkap pelaku. 

"Untuk motifnya kita masih kesulitan. Dalam pemeriksaan tadi malam sudah memeriksa dengan berbagai cara tapi pelaku masih belum bisa menjawab dalam keadaan normal," jelas Kasat Reskrim Polres Klaten, AKP Y Dica Ariseno Adi kepada wartawan di Mapolres, Kamis (25/4) siang.

Dica Ariseno menjelaskan bahwa dari keterangan beberapa saksi, terduga pelaku telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Klaten. 

Oleh karena itu, Polres Klaten akan melakukan observasi terhadap kesehatan jiwa dari terduga pelaku.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter