Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

8 Amalan Sebelum Tidur yang Disarankan untuk Dilakukan Karena Memiliki Banyak Keutamaan

Sebelum Tidur
Amalan Sebelum Tidur - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam menganjurkan umat Islam untuk melaksanakan sejumlah amal perbuatan sunah yang membawa berkah dan ketenteraman hati, termasuk Amalan Sebelum Tidur.

Amalan Sebelum Tidur yang sifatnya sunah tersebut tidak hanya menjaga kebersihan fisik, tetapi juga menyucikan jiwa dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

Salah satu sunnah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, yakni Amalan Sebelum tidur adalah dengan membersihkan gigi dengan menggunakan siwak atau sikat gigi.

Tindakan ini tidak hanya menjaga kebersihan mulut, tetapi juga merupakan tanda perhatian terhadap kebersihan fisik yang dianjurkan dalam agama Islam.

Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan untuk membaca doa sebelum tidur.

Doa ini merupakan ungkapan ketundukan dan ketergantungan kepada Allah SWT sebelum memasuki tidur, serta menjadi doa perlindungan dari gangguan jahat selama tidur.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam juga mengajarkan untuk tidur dengan posisi yang baik dan memulai tidur dari sisi kanan dengan menghadap kiblat.

Hal ini tentunya tidak hanya membawa kenyamanan fisik saat tidur, tetapi juga mencerminkan penghormatan terhadap arah kiblat yang merupakan kiblat umat Islam dalam beribadah.

Selain itu, Rasulullah juga menyarankan untuk memeriksa dan membersihkan tempat tidur dari debu atau kotoran sebelum tidur.

Tindakan ini menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan tidur yang bersih dan nyaman untuk istirahat.

BACA JUGA: Memiliki Banyak Keutamaan, Ini Dia Amalan Nifsu Syaban yang Bisa Diterapkan


Dengan melaksanakan sunnah-sunnah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sebelum tidur, umat Islam dapat memperoleh keberkahan dan ketenteraman hati dalam menjalani tidur.

Meskipun sunnah-sunnah ini tidak wajib untuk dilaksanakan, akan tetapi pahala dan keberkahan yang terkandung di dalamnya membuatnya menjadi praktik yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Amalan Sebelum Tidur yang Disarankan


Sebelum Tidur
Amalan Sebelum Tidur - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Secara lebih jelas, berikut Amalan Sebelum Tidur yang disarankan untuk dilakukan karena memiliki banyak keutamaan.


1. Berwudhu Terlebih Dahulu


Amalan Sebelum Tidur yang pertama adalah berwudhu. Umat Islam disunahkan untuk bersuci dengan melakukan wudhu.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam menganjurkan wudhu sebelum tidur berdasarkan beberapa riwayat hadis.

Melaksanakan wudhu sebelum tidur tidak hanya membersihkan tubuh dari kotoran fisik, tetapi juga menyucikan jiwa dan mempersiapkan diri untuk bertemu dengan Allah SWT dalam keadaan suci.

Praktik ini menunjukkan penghargaan terhadap ibadah tidur dan meningkatkan kualitas ibadah serta hubungan spiritual dengan Allah SWT.

Dengan melaksanakan wudhu sebelum tidur, umat Islam dapat meraih keberkahan dan ketenteraman hati dalam tidur mereka.

Meskipun tidak diwajibkan, melaksanakan sunnah ini membawa manfaat besar bagi kehidupan spiritual umat Islam.

BACA JUGA: 3 Amalan Malam Nuzulul Qur'an yang Dianjurkan, Apa Saja?


2. Membersihkan Dahulu Tempat Tidur Sebelum Dipakai


Amalan Sebelum Tidur yanh kedua adalah membersihkan tempat tidur, yang merupakan amalan sunah yang dianjurkan dalam Islam.

Ini dilakukan minimal dengan mengibasnya menggunakan sarung atau kain sebanyak tiga kali sambil membaca doa.

Praktik ini disarankan karena kita tidak mengetahui apa yang terjadi di tempat tidur selama kita meninggalkannya.

Oleh karena itu, membersihkan tempat tidur adalah langkah yang bijaksana sebelum tidur.

Panduan ini didasarkan pada hadis dalam Shahih Bukhari (6320) dan Muslim (2714) dari Abu Hurairah.

Dengan melakukan amalan ini, kita bisa menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat tidur serta memperoleh keberkahan dalam tidur kita.

3. Berbaring ke Arah Sebelah Kanan


Sebelum Tidur
Amalan Sebelum Tidur - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Amalan Sebelum Tidur berikutnya, disarankan untuk berbaring dengan posisi tubuh menghadap ke kanan.

Hal ini disebutkan dalam hadis dari Al-Barra bin Azib, di mana Rasulullah bersabda, "Apabila kamu hendak tidur, berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk salat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan."

Dengan mengikuti anjuran ini, umat Islam tidak hanya menjaga kebersihan tubuh dengan berwudhu, tetapi juga mengambil posisi tidur yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Ini menunjukkan pentingnya mengikuti tuntunan Rasulullah dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam hal tidur, sehingga kita dapat mendapatkan berkah dan ketenteraman dalam istirahat kita.

BACA JUGA: Ya Allah Kenapa Aku Selalu Memikirkan Dia? Apa Ini Wajar?


4. Membaca surat Al-Muawwidzat


Yaitu surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, kemudian meniupkannya ke telapak tangan lalu mengusapkannya ke kepala, wajah, dan badan, dilakukan sebanyak tiga kali.

Praktik ini merupakan zikir yang dianjurkan dalam Islam sebagai cara untuk mendapatkan perlindungan dari gangguan dan bahaya.

Dengan membaca dan mengamalkan surat-surat tersebut, umat Islam menguatkan iman dan memperoleh keberkahan serta perlindungan dari Allah SWT.

Menyelipkan amalan ini sebelum tidur merupakan salah satu cara untuk menyucikan diri sebelum beristirahat, sehingga tidur menjadi lebih tenang dan diliputi oleh rahmat Allah.

5. Membaca Bagian dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah


Merupakan anjuran yang berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Mas'ud Al-Ansari dalam Bukhari dan Muslim.

Praktik ini dianjurkan dalam Islam sebagai cara untuk mendapatkan berkah dan perlindungan dari Allah SWT.

Dengan membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah sebelum tidur, umat Islam memperkuat ikatan spiritual dengan Allah dan memohon perlindungan-Nya dari berbagai gangguan dan bencana.

Amalan ini merupakan bagian dari sunnah Rasulullah yang diajarkan kepada umat Islam untuk menguatkan iman dan meningkatkan ketakwaan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Membaca Ayat Kursi


Membaca Ayat Kursi sebelum tidur merupakan praktik yang dianjurkan dalam Islam.

Hal ini didasarkan pada hadis riwayat Bukhari Nomor 2.311, di mana Abu Hurairah menceritakan bahwa seseorang mengajarkan keutamaan membaca Ayat Kursi kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Dengan membaca Ayat Kursi sebelum tidur, umat Islam berharap mendapatkan berkah, perlindungan, dan keamanan dari Allah SWT.

BACA JUGA: Keajaiban dan Khasiat Walau Anna Quranan Suyyirat Bihil Jibalu : Makna Mendalam Al-Quran


7. Membaca Surat Al Kafirun


Membaca surat Al-Kafirun sebelum tidur adalah praktik yang dianjurkan dalam Islam.

Anjuran ini didasarkan pada hadis yang disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Azkar, dari Naufal Al-Asyja'i.

Dengan membaca surat Al-Kafirun sebelum tidur, umat Islam bertujuan untuk menyucikan hati dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Surat ini mengandung pengajaran tentang keyakinan tegas dalam keimanan kepada Allah dan penolakan terhadap kesyirikan.


8. Membaca Doa


Membaca doa sebelum tidur adalah praktik yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Dalam hadis yang disepakati kesahihannya oleh para ulama, beliau mengajarkan doa saat hendak tidur kepada umatnya.

Dengan merenungkan doa ini sebelum tidur, umat Islam memohon perlindungan, rahmat, dan keberkahan dari Allah SWT selama masa istirahat.

Praktik ini memperkuat ikatan spiritual dengan Sang Pencipta dan membawa ketenangan serta kedamaian dalam tidur.

Dengan mengingat Allah sebelum tidur, umat Islam mengarahkan hati dan pikiran mereka kepada-Nya, sehingga tidur mereka menjadi lebih bermakna dan terjaga dari gangguan jahat.


Amalan Sebelum tidur di atas tentunya memiliki keberkahan tersendiri, termasuk di antaranya menjaga kita dari marabahya baik secara fisik maupun tak kasat mata.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.