Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Salah Satu Hikmah Ibadah Haji adalah Membangun Persaudaraan Islamiyah Dunia Jelaskan Maksudnya

Salah Satu Hikmah Ibadah Haji adalah Membangun Persaudaraan Islamiyah Dunia Jelaskan Maksudnya

Salah Satu Hikmah Ibadah Haji adalah Membangun Persaudaraan Islamiyah



SwaraWarta.co.id - Ibadah haji, sebagai rukun Islam kelima, tak hanya bermakna perjalanan spiritual menuju tempat suci di Makkah.

Ibadah ini juga memiliki hikmah sosial yang agung, yakni membangun persaudaraan Islamiyah di dunia.

Persaudaraan yang dimaksudkan melampaui batas geografis, etnis, dan status sosial, melainkan berlandaskan keimanan yang sama kepada Allah SWT.

Bagaimana ibadah haji mampu menumbuhkan persaudaraan tersebut? Mari kita simak penjelasannya.

Menyamakan Busana dan Tinggalkan Hierarki Duniawi

Salah satu keunikan ibadah haji adalah diwajibkannya mengenakan ihram. Pakaian seragam ini menghilangkan segala perbedaan status sosial di antara para jamaah.

Raja, pejabat, pengusaha, dan rakyat biasa semuanya mengenakan ihram yang sama, menandakan kesetaraan di hadapan Allah SWT.

Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya semua manusia itu berasal dari Adam, dan Adam diciptakan dari tanah. Tidak ada kelebihan bagi orang Arab atas orang Ajam (non-Arab) kecuali dengan takwanya (kepada Allah)." (HR. Ahmad)

Baca juga: Jelaskan Sejarah Awal Mula Masuknya Islam di Nusantara

Bersatu dalam Amal Ibadah

Ibadah haji mempertemukan para jamaah dari seluruh penjuru dunia dalam melaksanakan rangkaian amal ibadah yang sama.

Mereka bertawaf mengelilingi Kabah, berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah (sa'i), bermalam di Muzdalifah, berwukuf di Arafah, dan melempar jumrah. Keseragaman ini menumbuhkan rasa persatuan dan persaudaraan dalam menjalankan syariat Islam.

Saling Tolong Menolong dan Berbagi Pengalaman

Ibadah haji terkadang menuntut fisik yang prima. Jamaah yang sudah lanjut usia atau memiliki keterbatasan fisik bisa dibantu oleh jamaah lain yang lebih muda dan kuat.

Saling tolong menolong ini menjadi bukti nyata ukhuwah Islamiyah.

Selain itu, para jamaah haji yang berasal dari berbagai negara bisa saling bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang Islam. Hal ini memperkaya khazanah keislaman dan mempererat hubungan antar umat Muslim.

Membangun Jaringan Silaturahmi Global

Melalui ibadah haji, terjalinlah jaringan silaturahmi yang luas. Jamaah bisa bertemu dan berinteraksi dengan saudara seiman dari berbagai negara. 

Jaringan ini bisa dimanfaatkan untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah pasca ibadah haji, misalnya dengan menjalin kerja sama dalam bidang dakwah, sosial, dan pendidikan.

Baca juga: 8 Hikmah Menghadap Kiblat saat Melaksanakan Shalat

Menumbuhkan Rasa Empati dan Kepedulian

Ibadah haji juga menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama Muslim. Melihat saudara seiman dari berbagai penjuru dunia, dengan beragam latar belakang, bisa memunculkan kesadaran bahwa umat Islam adalah satu kesatuan. 

Ini akan mendorong munculnya gerakan-gerakan solidaritas dan bantuan kemanusiaan untuk sesama Muslim yang membutuhkan.

Dengan demikian, ibadah haji tak hanya bermakna perjalanan spiritual, melainkan juga perjalanan untuk membangun persaudaraan Islamiyah yang kokoh. 

Semoga hikmah haji ini dapat terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga terwujud persatuan dan ukhuwah yang membawa kemajuan bagi umat Islam di seluruh dunia.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter