Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

7 Cara agar Rambut Tidak Mengembang, Cek Ini Biar Penampilan Kece

 

Toning rambut
Rambut bagus
( Dok. Ist)

swarawarta.co.id - Cara agar rambut tidak mengembang dapat ditempuh dengan sejumlah alternatif

Alternatif mengatasi rambut mengembang dapat dilakukan di rumah atau memanfaatkan keberadaan salon kecantikan.  

Ragam Cara agar Rambut Tidak Mengembang

Berikut ini cara agar rambut tidak mengembang:

1. Menjaga Kelembapan Rambut

Rambut yang cenderung mengembang seringkali disebabkan oleh kekeringannya. Untuk itu, diperlukan perawatan yang baik dengan memastikan menggunakan kondisioner setelah keramas. 

Baca Juga: Potongan untuk Rambut Mengembang, Terapkan Ini Biar Menawan

Jika rambut memerlukan kelembapan ekstra, gunakanlah masker rambut dan pertimbangkan untuk mengganti sampo biasa dengan keramas menggunakan kondisioner.

2. Menggunakan Kondisioner

Penggunaan kondisioner sangat penting untuk mengatasi rambut yang mengembang. Dengan kondisioner, rambut akan menahan kelembapannya dan memberikan perlindungan alami. Pilih kondisioner yang kaya akan gliserin yang bermanfaat untuk mengatasi rambut yang kusut dan menghidrasinya dari dalam ke luar.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Tentang Wanita Dayak yang Bukit Terkejut, Apa Saja Ya

Gliserin adalah humektan yang dapat menyerap kelembapan ekstra di udara dan menciptakan lapisan pelindung di sekitar batang luar rambut untuk mengunci kelembapan.

3. Mengurangi Gesekan pada Rambut

Menggosokkan handuk dengan kasar dan agresif ke rambut bisa menjadi penyebab munculnya kutikula. 

Untuk mengurangi gesekan pada rambut, kamu dapat mengganti sarung bantal katun dengan sarung bantal sutra. Bahan sutra yang licin akan mencegah kutikula rambut tersangkut pada bantal.

4. Membilas Rambut dengan Air Dingin

Banyak orang yang merasa rambutnya rentan kusut jika tidak dibersihkan dengan air dingin setelah keramas. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Wajah Belang, Perempuan Wajib Paham

Meskipun air hangat mungkin akan membuat tubuh dan kepala merasa lebih santai, namun sebenarnya membilas rambut dengan air hangat justru akan membuka kutikula dan menghilangkan kelembapan rambut. 

5. Memilih Sampo yang Tepat

Banyak sampo yang mengandung bahan yang mengeringkan rambut. Maka dari itu, pastikan kamu memilih sampo yang mengandung bahan yang menghidrasi, seperti gliserin, shea butter, minyak argan, atau bahan pelembap lainnya yang dapat menutrisi rambut. 

Bahan-bahan tersebut juga akan mengatasi rambut yang mengembang dan kusut menjadi lembut kembali. Hindari produk yang membuat rambut bervolume.

6. Hindari Keramas Setiap Hari

Banyak orang berpikir bahwa keramas setiap hari akan membuat rambut tidak mengembang. Padahal, penggunaan sampo yang terus menerus atau bahkan sampo antikusut sekalipun bisa menghilangkan minyak alami rambut. Daripada keramas setiap hari, cukup bilas rambut saat mandi dan keramas sekitar 3-5 hari sekali.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah secara Alami

Sebagai gantinya, gunakan sampo dan kondisioner secara bergantian untuk menutrisi rambut. Namun, pastikan hanya menggunakan kondisioner pada helai rambut saja agar kulit kepala tidak terlalu berminyak.

7. Gunakan Masker Rambut

Kasus rambut mengembang yang serius tentu membutuhkan solusi yang lebih kuat. 

Selain kondisioner, cobalah menggunakan masker rambut sekali seminggu menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, minyak argan, dan minyak lainnya.

Nah itulah cara agar rambut tidak mengembang yang bisa Kamu coba.

Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.