Pendidikan

Apa yang Dilakukan dan Dipelajari oleh Calon Guru Penggerak pada Kegiatan Pendampingan Individu?

SwaraWarta.co.id – Disimak dengan baik, apa yang dilakukan dan dipelajari oleh calon guru penggerak pada kegiatan pendampingan individu?

Pendampingan individu merupakan salah satu rangkaian kegiatan penting dalam program Guru Penggerak.

Kegiatan ini dirancang khusus untuk memberikan dukungan dan bimbingan secara personal kepada setiap calon guru penggerak (CGP) dalam mengembangkan kompetensi dan praktik terbaiknya.

ADVERTISEMENT

.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tujuan Pendampingan Individu

Tujuan utama pendampingan individu adalah untuk:

  • Memperdalam pemahaman CGP terhadap konsep-konsep kunci dalam pendidikan, seperti pembelajaran berbasis proyek, asesmen autentik, dan kepemimpinan pedagogis.
  • Membantu CGP mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu dikembangkan dalam praktik pembelajarannya.
  • Memberikan umpan balik yang konstruktif dan spesifik terkait dengan implementasi proyek-proyek aksi nyata yang dilakukan oleh CGP.
  • Memfasilitasi kolaborasi antara CGP dengan pengajar praktik dan sesama rekan sejawat.
  • Meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri CGP dalam menjalankan peran sebagai agen perubahan di sekolah.

Apa yang Dilakukan dalam Pendampingan Individu?

Selama pendampingan individu, CGP biasanya akan:

  • Berdiskusi dengan pengajar praktik mengenai tantangan dan kendala yang dihadapi dalam implementasi proyek aksi nyata.
  • Menerima umpan balik yang konstruktif dan spesifik terkait dengan praktik pembelajarannya.
  • Membuat refleksi terhadap pengalaman belajarnya dan menyusun rencana pengembangan diri.
  • Mempelajari berbagai strategi pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan konteks sekolah.
  • Berkolaborasi dengan sesama CGP untuk berbagi ide dan pengalaman.

Apa yang Dipelajari?

Dalam pendampingan individu, CGP akan mempelajari berbagai hal, antara lain:

  • Kepemimpinan pedagogis: Bagaimana menjadi pemimpin pembelajaran yang efektif dan inspiratif.
  • Pembelajaran aktif: Bagaimana merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa dan melibatkan berbagai aktivitas yang menarik.
  • Asesmen autentik: Bagaimana menilai pencapaian siswa secara holistik dan bermakna.
  • Kolaborasi: Bagaimana bekerja sama dengan rekan sejawat untuk mencapai tujuan bersama.
  • Inovasi: Bagaimana menciptakan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Manfaat Pendampingan Individu

Pendampingan individu memberikan banyak manfaat bagi CGP, di antaranya:

  • Peningkatan kompetensi: CGP menjadi lebih kompeten dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif.
  • Perkembangan profesional: CGP terus berkembang sebagai seorang profesional yang reflektif dan inovatif.
  • Dukungan sosial: CGP merasa didukung dan termotivasi untuk terus belajar dan berkembang.
  • Peningkatan kualitas pembelajaran: Implementasi pembelajaran yang inovatif di kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Pendampingan individu merupakan salah satu komponen penting dalam program Guru Penggerak. Melalui kegiatan ini, CGP dapat mengembangkan kompetensi, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menjadi agen perubahan di sekolah.

 

Mulyadi

"Seorang penulis profesional yang melintang hampir 3 tahun lebih di berbagai macam media ternama di Indonesia seperti, Promedia, IDN Times, Pikiran Rakyat, Duniamasa.com, Suara Kreatif, dan SwaraWarta."

Recent Posts

Jaminan Sosial: Pilar Perlindungan Ekonomi-Sosial, Wajib Negara

Jaminan sosial merupakan pilar penting dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Negara bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan…

1 hour ago

MANAKAH Pernyataan Yang Paling Tepat Mengenai Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Tahapan Dalam Model Kolb?

Gaya belajar merupakan pendekatan individu dalam menerima, memproses, dan mengingat informasi. Pemahaman tentang gaya belajar…

1 hour ago

BAGAIMANA Anda Selama Ini Menjadi Guru? Apakah Anda Sudah Memahami Experiential Learning Dan Menerapkannya?

Bagaimana Anda selama ini menjadi guru? Apakah Anda sudah memahami Experiential Learning dan menerapkannya? Pertanyaan…

1 hour ago

WACANA Dikutip Sebagian Dari https://lsfdiscourse.org/rekayasa-sosial-dan-pandemi/ Berdasarkan Wacana Di Atas a. Kemukakan Pendapat Anda Tentang

Pandemi Covid-19 telah memaksa perubahan besar dalam kehidupan manusia di seluruh dunia. Respons pemerintah dan…

2 hours ago

KUNCI Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 PPG 2025: Bagaimana Anda Selama Ini Menjadi Guru? Apakah Anda Sudah Memahami Experiential Learning

Artikel ini membahas kunci jawaban cerita reflektif Modul 2 PPG 2025 tentang pengalaman mengajar dan…

2 hours ago

KEMUKAKAN Pendapat Anda Tentang Keterkaitan Perubahan Direncanakan Dengan Rekayasa Sosial, Analisislah Bentuk Rekayasa Sosial Yang Terjadi

Pandemi Covid-19 telah memaksa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat global. Perubahan ini, sebagian besar direncanakan,…

2 hours ago