Jika Abstrak Di Atas Akan Ditambahi Sebuah Simpulan, Bagaimana Simpulan Yang Tepat?

- Redaksi

Saturday, 23 November 2024 - 10:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Membandingkan 4 Aplikasi Cek Plagiasi: Turnitin, Plagiarism Checker, Unicheck, dan Plagramme

Membandingkan 4 Aplikasi Cek Plagiasi: Turnitin, Plagiarism Checker, Unicheck, dan Plagramme

SwaraWarta.co.id – Kecerdasan verbal-linguistik merupakan salah satu dari delapan kecerdasan majemuk yang dikenalkan oleh Howard Gardner dalam teori Multiple Intelligences. Kecerdasan ini mencakup kemampuan seseorang untuk memahami dan menggunakan bahasa secara efektif, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dalam konteks pendidikan, memahami kecerdasan ini menjadi penting untuk membantu guru memberikan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuh indikator kecerdasan verbal-linguistik siswa pada mata pelajaran membaca. Artikel ini juga menambahkan simpulan berdasarkan hasil penelitian dan teori pendukung untuk memberikan gambaran lebih komprehensif.

Pertanyaan:

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

“This study aimed to describe seven indicators of students’ verbal linguistic intelligence in reading subject. It used a qualitative research method. The subjects of this study were 30 students consisted of 9 male and 21 female students. They took the reading subject in the second semester of the first year. They were given a test of verbal-linguistic intelligence. Seven students were selected to be interviewed because they have verbal-linguistic intelligence and good communication. To find out the validity of the data, the researchers used triangulation of the test results and the results of interviews and triangulation of the second researcher and research assistants. Furthermore, the data were analyzed using the content analysis method which consisted of three steps, they were data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification. The results of the study show that there were seven indicators of verbal-linguistic intelligence of students in reading subject, first, having excellent initial knowledge in mentioning words, second, enjoying wordplay with Scrabble, third, entertaining themselves and other students by playing tongue twisters, fourth, explaining the meaning of the words written and discussed, fifth, having difficulties in mathematics lesson, sixth, their conversation refers to something they have read and heard, and the last, having the ability to write poetry based on personal experience. Keywords: Indicator, verbal-linguistic intelligence, reading subject, transition period.”

Baca Juga :  PT XL Axiata dan PT Smartfren Telecom Umumkan Merger Strategis Senilai Rp 104 Triliun, Membentuk PT XLSmart Telecom Sejahtera

Jika abstrak di atas akan ditambahi sebuah simpulan, bagaimana simpulan yang tepat? berikan teori pendukung dari buku atau hasil penelitian.

Jawaban:

Hasil Penelitian: Indikator Kecerdasan Verbal-Linguistik

Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, melibatkan 30 siswa (9 laki-laki dan 21 perempuan) di semester kedua tahun pertama mereka. Data diperoleh melalui tes kecerdasan verbal-linguistik dan wawancara mendalam terhadap tujuh siswa dengan kemampuan verbal-linguistik tinggi. Berikut adalah tujuh indikator yang ditemukan:

  1. Kemampuan awal yang sangat baik dalam menyebutkan kata-kata:
    Siswa mampu menyebutkan kata-kata dengan cepat dan tepat, menunjukkan penguasaan kosakata yang tinggi.
  2. Menyukai permainan kata seperti Scrabble:
    Kegiatan ini melatih kreativitas dan pemahaman siswa terhadap bahasa.
  3. Menghibur diri sendiri dan teman-teman dengan permainan lidah (tongue twisters):
    Aktivitas ini menunjukkan ketangkasan siswa dalam berbicara dan bermain dengan bunyi bahasa.
  4. Kemampuan menjelaskan arti kata yang tertulis dan didiskusikan:
    Hal ini menunjukkan pemahaman yang baik terhadap konteks penggunaan kata.
  5. Kesulitan dalam pelajaran matematika:
    Siswa dengan kecerdasan verbal-linguistik tinggi cenderung kurang terampil dalam matematika, sesuai dengan kecenderungan kecerdasan yang dominan.
  6. Percakapan sering merujuk pada hal yang telah dibaca atau didengar:
    Siswa menunjukkan kemampuan menyerap informasi dan mengaplikasikannya dalam komunikasi sehari-hari.
  7. Kemampuan menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi:
    Kreativitas dalam mengungkapkan perasaan melalui bahasa tertulis merupakan ciri khas kecerdasan ini.
Baca Juga :  DUA Sahabat, Andi Dan Budi, Mengajukan Asuransi Kesehatan Di Perusahaan Yang Sama, Namun, Mereka Mendapatkan Tarif Premi Yang Berbeda

Simpulan

Berdasarkan temuan penelitian, kecerdasan verbal-linguistik siswa ditunjukkan melalui kemampuan memahami, menggunakan, dan bermain dengan bahasa. Siswa dengan kecerdasan ini memiliki kekuatan dalam aspek-aspek seperti kosakata, kreativitas bahasa, dan kemampuan menulis. Sebaliknya, mereka mungkin menunjukkan kelemahan dalam bidang non-verbal seperti matematika.

Penelitian ini mendukung teori Howard Gardner (1993) tentang Multiple Intelligences, yang menyatakan bahwa kecerdasan verbal-linguistik adalah salah satu bentuk kecerdasan manusia yang sangat berpengaruh dalam komunikasi dan pembelajaran. Temuan ini juga selaras dengan penelitian lain, seperti Armstrong (2009), yang menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan kecerdasan majemuk siswa.

Dengan memahami karakteristik siswa yang memiliki kecerdasan verbal-linguistik tinggi, pendidik dapat merancang strategi pembelajaran yang memaksimalkan potensi mereka, seperti menggunakan permainan kata, diskusi kreatif, atau tugas menulis.

Baca Juga :  Halte Petukangan DMASIV, Persembahan Spesial di Ulang Tahun ke-22

Penambahan Simpulan

Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswa dengan kecerdasan verbal-linguistik menunjukkan keunggulan dalam kemampuan berbahasa namun membutuhkan dukungan khusus pada area lain seperti matematika. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran yang integratif dan berbasis kecerdasan majemuk sangat disarankan untuk mendukung perkembangan siswa secara holistik.

Berita Terkait

Mengungkap Fakta Dibalik Pertanyaan, Apakah Presiden Bisa Bubarkan DPR?
Aplikasi Nonton Film IndoXXI, Populer tapi Penuh Kontroversi
Cara Main Roblox di Laptop: Panduan Lengkap untuk Pemula hingga Mahir Bermain Game Online Favorit
Apakah Taman Margasatwa Ragunan Buka pada 17 Agustus? Ini Penjelasannya
OMNILUXE Jakarta: Koleksi Eksklusif Jam Tangan Patek Phillipe Asli di Mall Artha Gading
Dunia Hiburan Berduka, Mpok Alpa Meninggal Dunia!
Harga Bitcoin Capai Rekor Tertinggi Didukung Ekspektasi Pelonggaran Moneter dan Reformasi Keuangan AS
Cara Mendapatkan Diskon 50% Tambah Daya Listrik PLN di Momen HUT RI
Tag :

Berita Terkait

Saturday, 23 August 2025 - 10:35 WIB

Mengungkap Fakta Dibalik Pertanyaan, Apakah Presiden Bisa Bubarkan DPR?

Monday, 18 August 2025 - 16:02 WIB

Aplikasi Nonton Film IndoXXI, Populer tapi Penuh Kontroversi

Sunday, 17 August 2025 - 17:06 WIB

Cara Main Roblox di Laptop: Panduan Lengkap untuk Pemula hingga Mahir Bermain Game Online Favorit

Sunday, 17 August 2025 - 14:15 WIB

Apakah Taman Margasatwa Ragunan Buka pada 17 Agustus? Ini Penjelasannya

Friday, 15 August 2025 - 18:31 WIB

OMNILUXE Jakarta: Koleksi Eksklusif Jam Tangan Patek Phillipe Asli di Mall Artha Gading

Berita Terbaru

Cara Mengamalkan Al Samad

Pendidikan

Bagaimana Cara Mengamalkan Al Samad dalam Kehidupan Sehari-hari?

Wednesday, 27 Aug 2025 - 16:30 WIB